Tips Cerdas agar Gaji Tak Cepat Habis

Oleh Fitriana Monica Sari pada 10 Jul 2019, 08:30 WIB

Diperbarui 11 Jul 2019, 09:14 WIB

banner infografis gaji pns dki

Liputan6.com, Jakarta - Di awal bulan, seharusnya kamu memiliki uang berlebih yang bisa digunakan untuk menunjang kehidupan hingga akhir bulan nanti.

Hanya saja, berbagai hal yang jadi tanggung jawabmu harus dilunasi dan ini bisa membuat kamu bokek meski masih awal bulan.

Kalau hal ini terjadi padamu, kamu bisa menerapkan beberapa tips dari Swara Tunaiku berikut.

1. Kurangi Nongkrong

Salah satu yang bisa kamu lakukan ketika sudah diterpa bokek di awal bulan adalah mengurangi nongkrong. Dalam sekali nongkrong, setidaknya kamu bisa menghabiskan uang Rp50 ribu. Kalau itu kamu lakukan setiap minggu, paling tidak kamu harus mengeluarkan Rp400 ribu untuk nongkrong saja.

Daripada digunakan untuk nongkrong, lebih baik uangnya kamu gunakan untuk menopang hidup sampai akhir bulan. Tak ada salahnya sih, masih nongkrong meski keuangan kamu memprihatinkan. Namun, ada baiknya kurangi. Bila biasanya dalam satu bulan kamu nongkrong sebanyak 8 kali, 3 kali saja sudah cukup, kok!

2 of 3

2. Mulai Memasak

Memasak di Dapur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa bertahan hidup hingga akhir bulan setelah di awal bulan bokek adalah mulai memasak. Selain itu melakukan penghematan, memasak ini juga bisa membantu kamu menghilangkan kejenuhan akibat aktivitas sehari-hari, lo! Bukan hanya bisa menghemat makanan di rumah, kamu juga bisa membawanya ke kantor.

Membawa makanan atau minuman sendiri ini bisa membuat kamu melakukan penghematan besar. Tak hanya ke kantor, tak ada salahnya kamu membawa makanan yang kamu masak ke tempat nongkrong, kok! Namun, wajib pakai tempat sendiri, ya! Apalagi, dengan memasak sebenarnya kamu bisa lebih sehat.

Pasalnya, makanan yang dimasak sendiri lebih terjamin baik dari rasa ataupun dari segi kebersihan. Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapat dari memasak sendiri ini adalah pengeluaran kamu bisa lebih hemat.

3. Isi Waktu Kosong dengan Hal Produktif

Apa yang terjadi bila waktu kosong hanya kamu habiskan tanpa melakukan apa pun? Lapar? Jelas saja. Bahkan, rasa lapar itu sering kali diikuti dengan hal lainnya. Nah, daripada kamu menghabiskan waktu kosong untuk hal seperti itu, lebih baik kamu mengikuti kegiatan yang produktif saja. Misalnya ikut organisasi sosial atau komunitas untuk menambah wawasan.

3 of 3

4. Buka Bisnis Kecil-kecilan

Ilustrasi Bisnis Online
Ilustrasi bisnis online (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Siapa bilang peluang bisnis ada hanya untuk pengusaha atau orang yang beruang saja. Justru, orang kantoran juga memiliki peluang untuk berbisnis meski dalam skala kecil. Kamu bisa membuka bisnis toko pakaian, usaha katering bila suka memasak, atau jual pakaian secara daring.

Cara ini bisa membantu kamu mengisi kembali dompet yang sempat bokek di awal bulan karena harus membayar tagihan yang jumlahnya lumayan. Namun, pastikan kalau kamu bisa melakukan bisnis ini, ya! Awalnya mungkin sulit, namun kalau ditekuni bisa lumayan hasilnya, lo!

5. Hitung Sisa Uang Kamu dan Atur Supaya Cukup Hingga Akhir Bulan

Sedangkan bila kamu tak bisa melakukan hal lain untuk menambah isi dompetmu, setidaknya cobalah hitung sisa uang yang dimiliki dan atur supaya cukup untuk akhir bulan. Turunkan sedikit ego kamu untuk menunjang hidup sampai akhir bulan. Misalnya, bila biasa kamu makan di restoran, cobalah masak sendiri saja.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika bokek sudah tiba di awal bulan. Selain melakukan hal tersebut, kalau kamu perlu belanja, sebisa mungkin manfaatkanlah diskon atau promo yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan. Ini juga sangat membantu untuk keuangan kamu sampai akhir bulan ke depan.

Lanjutkan Membaca ↓