5 Hal yang Bisa Hapus Kebiasaan Nongkrong di Cafe, Tertarik?

Oleh Fitriana Monica Sari pada 25 Jul 2019, 09:30 WIB

Diperbarui 27 Jul 2019, 07:13 WIB

[Bintang] Bukan Sekadar Nongkrong, Ini 3 manfaat Buka Puasa Bareng Teman Lama

Liputan6.com, Jakarta - Suka jajan kopi alias nongkrong di kafe? Sebenarnya, tak ada yang salah dengan hal itu bila dilakukan sesekali. Masalahnya, kebanyakan milenial sekarang ini lebih banyak habiskan waktunya untuk nongkrong sambil ngopi. Kalaupun tidak, kopinya yang dipesan-antar.

Padahal, kalau kamu menguranginya, uang jajan kopi bisa jadi jaminan hari tua, lo! Menurut Swara Tunaiku, ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalau mau mengurangi jajan kopi.

1. Deposito

Salah satu jaminan hari tua yang bisa buat masa tua kamu nanti lebih tenang adalah deposito. Berapa uang yang kamu habiskan dalam sebulan untuk nongkrong sambil ngopi? Anggap saja Rp500 ribuan. Jika dikalikan satu tahun, lebih kurang Rp6 juta. Kalau uang Rp6 juta ini dimasukkan ke dalam deposito, ia akan berkembang. 

Kisaran bunga deposito adalah sekitar 7 persen per tahun. Dalam satu tahun, kamu bisa mendapatkan kenaikan hingga Rp350 ribu. Jika deposito ini kamu tambah Rp6 juta tiap tahun dari alokasi ngopi kamu, tentunya uang kamu bisa terus bertambah dan masa tua kamu bisa lebih bahagia dan terjamin.

2. Investasi Emas

Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan dana ngopi ke investasi emas. Meskipun uang Rp500 ribu tak bisa digunakan untuk membeli emas dalam bentuk yang besar, cobalah tabung dulu. Dalam setahun, Rp6 juta dari Rp500 ribu sebulan bisa kamu belikan emas yang lumayan. Belilah emas dalam hitungan gram atau bisa beli emas batangan yang bisa berikan keuntungan.

Yup! Kamu memang bisa mendapat keuntungan dari investasi emas ini. Pasalnya, harga emas terus naik tiap tahunnya. Pastilah keuntungan yang kamu dapat dari sini besar. Nantinya, di hari tua kamu bisa menjual emas tersebut untuk hidup.

2 of 3

3. Tambahan untuk Mencicil KPR

mencari bank kpr yang tepat
Ilustrasi

Kamu masih belum memiliki hunian tetap? Daripada uangnya kamu habiskan untuk nongkrong alias ngopi, lebih baik kamu gunakan untuk mencicil KPR saja. Dengan begitu, kamu bisa memiliki hunian tetap dan tak perlu lagi memikirkan biaya sewa hunian lagi di masa tua nanti.

4. Asuransi Jaminan Hari Tua

Tak ada salahnya kamu mengambil asuransi. Ada kok, asuransi untuk jaminan hari tua yang bisa kamu pilih. Banyak malah. Kamu bisa mengalokasikan dana ngopi kamu setiap bulan untuk membayar biaya asuransi tersebut. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan asuransi jaminan hari tua ini.

Salah satunya, kehidupan kamu bisa lebih nyaman dan aman ke depannya. Kamu bisa mendapat uang pertanggungan yang cukup besar dan klaimnya juga mudah. Bilapun nanti kamu tak bisa menikmatinya, paling tidak anak dan istri kamu bisa menggunakannya untuk menunjang kehidupan mereka bila kamu pergi lebih dulu.

3 of 3

5. Makan di Luar Bersama Keluarga

Ilustrasi makanan
ilustrasi makan (sumber: iStockphoto)

Daripada kamu menghabiskan uangmu untuk nongkrong atau ngopi sendiri, lebih baik kamu ajak keluarga dan makan bersama. Tak usah di restoran yang mahal, restoran seadanya pun tak masalah. Kamu bisa menghabiskan quality time bersama keluarga dan hal ini tentu bisa mengundang kebahagiaan untuk seluruh anggota keluarga kamu.

Bukan kebahagiaan yang besar memang, hanya kebahagiaan yang sederhana. Namun, setidaknya kamu bisa berbagi kebahagiaan itu dengan orang lain dan tak kamu nikmati sendiri.

Nah, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menghentikan kebiasaan ngopi atau nongkrong, kan? Daripada uangnya kamu habiskan untuk kebahagiaan sebentar, lebih baik ditabung untuk jaminan hari tua dan untuk membahagiakan anggota keluarga lainnya. Setidaknya, di masa tua nanti kamu bisa lebih nyaman dan aman dengan keuangan.

Lanjutkan Membaca ↓