Sukses

Beri Diskon Tiket Pesawat 50 Persen, Ini Kesiapan Maskapai

Angkasa Pura II telah memberikan insentif kebandaraan kepada maskapai sehingga bisa mewujudkan harga tiket pesawat murah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi-JK mulai memberlakukan diskon tarif tiket pesawat untuk maskapai berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) pada Kamis 11 Juli 2019. Adapun besaran diskon adalah sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) yang berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Lantas bagaimana kesiapan para maskapai?

Direktur Keuangan Citilink, Ester Siahaan, mengatakan bahwa Citilink siap memberikan diskon 50 persen sesuai dengan instruksi dari pemerintah pada hari kamis mendatang. Ini sebagai bentuk dukungan maskapai untuk menyediakan penerbangan murah kepada masyarakat.

Citilink sendiri akan menyediakan 62 penerbangan per hari setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dengan menyiapkan sebanyak 3.348 kursi.

"Kami sangat mendukung harga tiket pesawat murah yang mana akan diberikan rute Citilink 62 flight jam 10.00 WIB sampai 14.00 WIB. Tim kami sudah mulai menyesuaikan di dalam sistem. Akan dimulai 11 Juli 2019,” ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Senada dengan Citilink, CEO Lion Air, Rudi Lumingkewas, juga mengaku siap menjalankan intruksi dari pemerintah mengenai pemberian diskon 50 persen untuk 30 persen kursi yang disediakan. Pihaknya juga meminta bantuan agar seluuh stakeholders untuk mendukung pemberian tiket murah ini.

“Kami juga sangat mendukung 146 flight disedikan selasa kamis sabtu jam 10.00-14.00 WIB. Kami terimakasih kepada stakeholders yang lain agar terlaksana dan mulai berlaku sampai 11 Juli,” pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan, Lion Air Group sendiri akan menyediakan 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan sebanyak 8.278 kursi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operator Bandara

Di sisi lain, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan insentif kebandaraan kepada maskapai. Ada sekitar 16 bandara di bawah naungan AP II bakal turut mendukung pemerintah dalam penurunan harga tiket pesawat.

“Kami siap dengan 16 bandara. Ini bisa jadi triger kembali yang kami harapkan membaik,” ucapnya

Sedangkan Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menyebut entitasnya berkontribusi menyiapkan 14 bandara untuk mendukung insentif fiskal. “Kami kontribusi terhadap program yang dijelaskan,” kata Faik.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.