Sukses

Persiapkan Hari Tua Anda dengan Kelola Dana Pensiun Sejak Dini

Siapkanlah dana pensiun untuk mempermudah kamu di hari tua nanti. Ini dia cara mengelolanya.

Liputan6.com, Jakarta Namanya dana pensiun, tentunya kamu harus menyiapkannya sedari dini. Meski usia kamu masih jauh dari kata pensiun, tapi bukan berarti kamu bisa leha-leha dan menghabiskan semua uang yang kamu miliki. 

Siapkanlah dana pensiun untuk mempermudah kamu di hari tua nanti. Ini dia cara mengelolanya menurut Swara Tunaiku!

1. Awasi Pengeluaran

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dalam mengelola dana pensiun sejak dini adalah dengan mengawasi pengeluaran yang ada. Selain menabung, kamu juga harus mengawasi uang yang keluar dari rekening. Lihat untuk apa saja uang tersebut kamu habiskan. Mungkin saja tanpa sadar kamu menggunakan uang itu untuk hal yang tak perlu.

Kalau sudah begini, tentunya keinginan untuk menyiapkan dana pendidikan sejak awal bisa terhambat. Untuk membantu, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengawasi pendapatan dan pengeluaran kamu agar lebih mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buat Rencana Pensiun yang Spesifik

Hal lain yang bisa kamu lakukan dalam mengelola dana pensiun adalah dengan membuat rencana pensiun yang spesifik. Misalnya saja dengan menghitung berapa tahun lagi kamu akan pensiun dan berapa dana yang harus ada ketika kamu pensiun ini. kamu bisa menghitungnya dengan memperhatikan berapa pengeluaran yang dibutuhkan.

Tulis semua pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya dalam sebuah buku termasuk soal tagihan, belanja bulanan, dan lain sebagainya. Setelah itu, totalkan semuanya dan kamu akan mendapatkan angka tertentu. Nah, dari sinilah kamu bisa menyusun anggaran dana pensiun sejak dini yang nyaman.

3. Tabung Setengah Pendapatan

Agar impian memiliki dana pensiun yang cukup dapat terwujud, tak ada salahnya kamu menabung setengah dari pendapatan yang ada. Ini memang terdengar sulit. Namun, dengan menabung setengah dari pendapatan yang ada, kamu bisa memberi jalan cepat menuju pensiun dini. Oleh sebab itu, disiplinkanlah diri kamu meskipun hal itu sulit.

3 dari 3 halaman

4. Memaksimalkan Pendapatan

Kamu juga bisa coba memaksimalkan pendapatan dengan mencari kerja sampingan. Dengan begitu, kamu bisa menambah tabungan dana pensiun kamu lebih banyak. Ada banyak kerja sampingan yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja berjualan, penerjemah hingga penulis lepas.

5. Investasi

Hal utama yang harus kamu lakukan ketika menyiapkan dana pensiun sejak dini adalah investasi. Apa pun jenis investasi yang kamu pilih, pastikan kamu membayarnya tiap bulan dengan teratur. Jangan sampai telat bayar karena kamu sendiri yang akan susah nantinya. Sebab, bisa saja kamu kena denda nantinya karena telat bayar.

Untuk mempermudah investasi kamu, kamu bisa memasukkan dana pensiun ini dalam kategori kewajiban sehingga bila dana tersebut harus terpakai, kamu wajib menggantinya nanti. Kalau perlu, kamu bisa buat reminder atau ikut program auto debet yang ada di produk investasi dana pensiun perusahaan asuransi.

Kebijakan yang ada di dalam perusahaan tersebut sangat ketat dan mewajibkan kamu untuk membayar tiap bulannya. Hal ini tentunya akan sangat membantu mendisiplinkan kamu dalam menabung dana pensiun. Namun, pastikan kamu memilih jenis investasi pensiun yang sesuai dengan kemampuan bayar alias sesuai dengan pendapatan yang dimiliki agar tak sulit.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk bisa mengelola dana pensiun sejak dini. Tak terlalu susah asal kamu bisa disiplin dan tak suka hura-hura. Dengan adanya dana pensiun ini, di hari tua kamu tak akan kesulitan keuangan dan bergantung pada keluarga. Kamu bisa hidup mandiri meskipun tak ada sokongan dana dari luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini