Ingin Kuliah di Luar Negeri? Persiapkan Hal Ini Sebelum Berangkat

Oleh Fitriana Monica Sari pada 19 Jul 2019, 08:30 WIB
Kuliah di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakartan - Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar kata ‘luar negeri’? Liburan? Mungkin bagi sebagian orang, ya. Namun, sebagian lagi berpikir tentang kuliah.

Ada banyak di antara kamu yang tertarik untuk kuliah di luar negeri. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapat dengan kuliah di luar negeri seperti wawasan yang lebih baik.

Sebelum itu, ini dia beberapa hal yang harus kamu siapkan menurut Swara Tunaiku.

1. Negara Tujuan, Jurusan, dan Universitas yang Diinginkan

Hal pertama yang harus kamu siapkan ketika mau kuliah di luar negeri adalah menentukan negara tujuan mana yang akan kamu datangi. Jika sudah tahu, perbanyaklah info mengenai negara tersebut semisal biaya hidup, adat dan kebudayaan, hingga tempat penting dan makanan yang ada di sana dari sumber yang bisa dipercaya.

Kamu bisa mencarinya via internet atau bertanya pada senior atau bahkan bisa langsung ke kedutaan negara tersebut. Kalau kamu kuliah di luar negeri karena mempertimbangkan fasilitas yang dimiliki, juga boleh. Kamu bisa memilih negara yang mendukung studi kamu. Tentu saja, jangan lupa menentukan jurusan dan universitas yang diinginkan.

Jangan sampai lupa karena kamu sendiri yang akan susah nanti. Pastikan universitas dan jurusan yang kamu pilih memiliki sarana dan prasarana maksimal untuk menunjang pendidikan kamu. Jika sama saja dengan yang ada di dalam negeri, untuk apa kamu repot-repot kuliah jauh sampai ke sana, kan?

2 of 3

2. Nilai Tes Kemampuan Bahasa Inggris

teman kuliah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ke mana pun kamu akan kuliah, pastinya kamu harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang universal dan mumpuni, ya! Kalau tidak, nanti kamu mau mengobrol menggunakan bahasa apa di sana? Kemampuan berbahasa Inggris ini adalah kemampuan paling dasar yang harus kamu miliki bila mau kuliah di luar negeri.

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, kamu bisa berkomunikasi langsung dengan orang-orang di sekitar. Untuk itu, cobalah biasakan diri kamu untuk menggunakan bahasa Inggris sejak dini sehingga kamu terbiasa dan tak canggung serta gelagapan ketika harus berbahasa Inggris di luar nanti.

Selain itu, ukurlah kemampuan bahasa Inggris kamu sebagai syarat pendaftaran kuliah di luar negeri. Ikuti tes TOEFL atau IELTS sesuai dengan universitas dan negara yang mempersyaratkannya. Kalau mau lebih baik, kamu bisa mempersiapkan tes dan belajar secara otodidak menggunakan contoh soal yang bisa kamu dapat dari beberapa tempat.

3. Dokumen Perjalanan

Oleh karena kamu menempuh pendidikan bukan di Indonesia, kamu harus menyiapkan dokumen perjalanan juga. Dokumen ini adalah syarat wajib yang dibutuhkan bila mau ke luar negeri. Dokumen yang dimaksud adalah paspor dan visa pelajar. Kamu bisa mengurus dokumen perjalanan ini jauh hari sebelum berangkat kuliah ke luar negeri.

3 of 3

4. Carilah Beasiswa

Ilustrasi wisuda
Abadikan foto wisuda Anda bersama teman-teman (foto: shutterstock)

Ada baiknya, carilah beasiswa untuk meringankan beban kamu ketika kuliah di luar negeri. Kalau menggunakan biaya pribadi sendiri, jelas akan sangat berat karena rata-rata biaya hidup di sana lebih tinggi. Namun tenang saja, ada banyak beasiswa kuliah ke luar negeri yang bisa kamu ambil untuk meringankan biaya kuliah dan biaya hidup kamu di luar sana.

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum berangkat ke luar negeri. Selain beberapa hal tersebut, ada baiknya kamu juga mempersiapkan asuransi selama kamu berada di sana. Jadi, bila kamu ada apa-apa, bisa di-cover oleh asuransi. Jangan lupa juga siapkan kesehatan kamu baik itu kesehatan fisik dan kesehatan mental semaksimal mungkin.

Lanjutkan Membaca ↓