Sukses

Harga Daging Ayam di Pasar Tradisional Rp 35 Ribu per Kg

Harga daging ayam di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, terpantau naik.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging ayam di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, terpantau naik. Tetapi harganya masih terjangkau, yakni Rp 35 ribu per kilogram (kg).

Di awal pekan ini, harga ayam mengalami Kenaikkan di kisaran Rp 5.000 per kg. Angka ini terhitung tajam mengingat pertengahan Juni lalu harga daging ayam sempat turun karena efek oversupply.

"Itu (daging ayam) sekilo Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilo," ujar Hardy kepada Liputan6.com, Senin (8/7/2019) di Pasar Tomang Barat.

Untuk bagian fillet naik Rp 3 ribu menjadi Rp 50 ribu per kg. Harga daging paha pun naik menjadi Rp 43 ribu per kg.

"Kita ngambil dari peternakan. Itu peternaknya yang ngasih harga. Sebelum tanggal 25 Juni turun, dari tanggal 25 Juni naik semua dari pakannnya," jelas Hardy. Pedagang lain, Aji (40), menyebut harga ayam memang sedang naik. Naik-turunnya pun sulit diprediksi.

Di tempatnya ia juga menjual daging ayam seharga Rp 35 ribu per kg. Untuk bagian lain ia juga jual seperti kulit seharga Rp 20 ribu per kg, kepala Rp 20 ribu per kg, ati ampela seharga Rp 3.000, dan daging paha seharga Rp 40 ribu per kg.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Daging Sapi Masih Normal

Beralih ke daging sapi, penjual menyebut harganya stabil di Rp 120 ribu per kg.

"Sekarang sudah ada penurunan dari harga lebaran, balik lagi ke normal (Rp 120 ribu per kg)," jelas Ari (25) kepada Liputan6.com.

Ia menjual daging paha seharga Rp 120 ribu per kg dan bagian iga Rp 90 ribu per kg dan untuk sop juga seharga Rp 90 ribu.

Ikhsan (35) menjual daging sapi dengan harga yang sama. Ia juga menjual bagian-bagian seperti babat (Rp 40 ribu), otak (Rp 30 ribu), kepala (Rp 70 ribu), dan ati (Rp 70 ribu).

 

3 dari 3 halaman

Penjualan Daging Babi

Sementara Eddi (45) menyebut harga daging babi masih stabil. Penjualan juga masih kuat karena ada pembeli dari imigran asal Asia Timur yang menetap di daerah Jakarta Barat.

"Paha kita jual Rp 90 ribu per kg. Itu tulang kaldu Rp 15 ribu. Samchan (pork belly) dan karbonat RP 100 ribu per kg," jelasnya kepada Liputan6.com.

Untuk bagian seperti kaki ia jual Rp 70 ribu sekilo, lemak babi seharga Rp 70 ribu, dan bagian iga seharga Rp 90 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.