Garuda Berangkatkan 5 Embarkasi Jemaah Haji Hari Ini

Oleh Pramita Tristiawati pada 07 Jul 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 07 Jul 2019, 13:00 WIB
Ratusan Jemaah haji asal Indonesia tengah mengantri sesaat sebelum naik pesawat. Garuda Indonesia mengaku, sudah menyelesaikan penerbangan haji dengan jumlah jamaah 107.959 orang.
Perbesar
Maskapai plat merah Garuda Indonesia, mengaku telah menyelesaikan fase keberangkatan penerbangan haji dengan menerbangkan sebanyak 107.959 jemaah calon haji.

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia memulai pelaksanaan penerbangan musim Haji 2019/1440H pada hari ini. Untuk kloter pertama dilaksanakan secara serentak di 5 embarkasi dari total 9 embarkasi yang dilayani. 

"Kelima embarkasi tersebut yaitu Jakarta, Solo, Padang, Makassar dan Lombok," tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara .  

Adapun jadwal keberangkatan calon jemaah Haji pada kloter pertama hari ini adalah dari Solo sebanyak 4 kloter, Jakarta 1 kloter, Makasar 1 kloter, Padang 1 Kloter dan Lombok 2 kloter.

 

Ari yang melepas keberangkatan kloter pertama calon jemaah Haji di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, mengatakan Garuda Indonesia Group telah melakukan berbagai persiapan untuk kelancaran penerbangan haji tahun ini. 

“Garuda Indonesia Group  juga secara intensif berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan kebandarudaraan untuk bersama-sama  memastikan kelancaran operasional haji, dan tentunya kami juga berupaya untuk memberikan layanan transportasi udara terbaik bagi seluruh Jemaah haji Indonesia”, tambah Ari.

Pada musim Haji 2019/1440H, total jemaah haji Indonesia tahun 2019 yang akan diberangkatkan mencapai 111.071 jamaah. Untuk mendukung operasional haji tahun ini Garuda Indonesia mengoperasikan 14 pesawat diantaranya adalah pesawat jenis Boeing 777 (kapasitas 393 seat), Airbus 330 (kapasitas 360 seat) dan Boeing 744 (kapasitas 455 seat).

2 dari 4 halaman

Bandara Soetta Siap Layani Calon Jemaah Haji dari 4 Embarkasi

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta Kota Tangerang, memprediksi hari ini memasuki puncak arus mudik Lebaran 2019. Kenaikan penumpang pun diprediksi naik 3 sampai 5 persen untuk hari ini saja.
Perbesar
Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta Kota Tangerang, memprediksi hari ini memasuki puncak arus mudik Lebaran 2019. Kenaikan penumpang pun diprediksi naik 3 sampai 5 persen untuk hari ini saja. (Liputan6/Pramita)

PT Angkasa Pura II menyiapkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melayani transportasi udara penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2019. Bandara Soetta pun siap melayani penerbangan calon jemaah haji dari empat embarkasi, yakni Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Lampung.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan petugas khusus yang akan melayani penerbangan calon jemaah haji dari empat embarkasi tersebut.

“Seperti tahun sebelumnya, pencapaian kinerja kami setiap tahun selalu meningkat. Tahun ini kami rencananya akan melayani 631 kloter. Kami optimis tahun ini ada peningkatan pelayanan terhadap jemaah haji ketika berada di bandara,” kata Febri, Sabtu (6/7/2019).

Dilansir Antara, PT Angkasa Pura II sebagai pengelola telah bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait untuk meningkatkan pelayanan musim haji 2019.

“Tentu ini menjadi sangat penting buat kami untuk melayani jemaah haji yang akan beribadah, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik pada tahun ini,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Disambut Dubes RI, Kloter Pertama Jemaah Haji Tiba di Madinah

Sebanyak 449 jemaah haji Indonesia yang berasal dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur tiba di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz pada Sabtu (6/7/2019), Darmawan/MCH
Perbesar
Sebanyak 449 jemaah haji Indonesia yang berasal dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur tiba di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz pada Sabtu (6/7/2019), Darmawan/MCH

Sebanyak 449 jemaah haji Indonesia yang berasal dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur tiba di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz pada Sabtu (6/7/2019), sekira pukul 09.00 waktu setempat. Kedatangan jemaah haji Surabaya mengawali perjalanan jemaah haji Indonesia 2019 menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Total jumlah jemaah haji yang tiba pada hari ini mencapai 1.800 orang, tersebar dalam 4 kloter. Dengan rincian, 2 dari Surabaya dan 2 dari Batam.

Kedatangan para jemaah disambut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh, beserta jajarannya melalui acara seremonial di depan bandara. Di mana sebagai bentuk simbolis penyambutan, diserahkan bendera merah putih dari kepala rombongan atau kloter kepada Ketua PPIH.

"Selamat datang di Madinah, sebagai pelayan panjenengan para peziarah di kota Nabi, mari kita perbanyak salawat kepada kanjeng Nabi Muhammad," ujar Dubes saat memberikan sambutan di Madinah.

Dia pun meminta para jemaah tak sungkan meminta bantuan kepada petugas karena keberadaan petugas memang untuk melayani jemaah haji.

"Jangan sungkan jika butuh bantuan, sapa kami karena kami sudah mewakafkan diri untuk melayani panjenengan semua. Ini adalah sebuah kehormatan melayani. Selamat datang di Madinah," dia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓