Sukses

Wujudkan Resolusi 2019 dengan 7 Cara Ini!

Agar resolusi Anda tidak hanya menjadi wacana saja, berikut ulasan mengenai cara-cara mewujudkan resolusi di tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Membuat resolusi merupakan suatu hal yang sering dilakukan banyak orang untuk menyambut tahun baru. Dengan tujuan dapat memotivasi diri untuk membuat perubahan yang lebih baik.

Tentunya dengan bergantinya tahun, Anda juga ingin berubah menjadi pribadi baru yang lebih baik lagi, bukan? Dan setiap orang mempunyai target resolusi yang ingin dicapai berbeda-beda. 

Namun sayangnya banyak orang yang membuat resolusi tahun baru gagal untuk meraihnya, dengan beragam alasan. Mulai dari malas hingga tidak punya waktu untuk melakukannya.

Nah, agar resolusi Anda tidak hanya menjadi wacana saja, berikut ulasan mengenai cara-cara mewujudkan resolusi di tahun 2019. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya, seperti dikutip dari TunaiKita.

7 Cara Realisasikan Resolusi di Tahun 2019

1. Fokus

Membayangkan banyak hal untuk diperbaiki memang baik, namun tidak jarang orang menjadi kewalahan dan di tengah jalan merasa tidak sanggup lagi mengejar resolusi 2019 yang telah dibuat. Jika Anda pernah merasakan hal ini, cobalah bagi fokus pada satu hal di suatu waktu.

Misalnya Anda ingin mencoba fokus menurunkan berat badan dan juga mendapatkan kenaikan jenjang karier. Pilih salah satu yang akan lebih difokuskan porsinya, kemudian lakukan semua hal yang dapat membantumu meraih resolusi tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa membagi satu tahun menjadi beberapa bagian bulan untuk fokus ke suatu hal.

Seperti yang sudah dicontohkan di atas, cobalah menurunkan berat badan di 6 bulan pertama, kemudian setelah Anda merasa lebih sehat dan bugar, Anda bisa lebih fokus mengejar resolusi kedua, yaitu mendapatkan kenaikan jenjang karier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rencanakan Cara Meraihnya

Anda mempunyai banyak keinginan seperti menikah, membeli rumah, ingin lebih sukses, dan sebagainya? Semua itu hanya akan sebatas keinginan saja jika Anda tidak merencanakan cara meraihnya. Ingat ya, gagal merencanakan berarti Anda sudah merencanakan untuk gagal. 

Setelah memikirkan mengenai apa saja yang ingin dicapai tahun ini, cobalah untuk berpikir lebih jauh bagaimana cara mencapai semua keinginan tersebut.

Anda bisa menuliskan dan menempelnya di meja kerja tentang resolusi tahun baru yang ingin dicapai. Dengan menempelnya di meja kerja, tentunya Anda akan selalu ingat dengan resolusi di tahun 2019, sehingga Anda termotivasi untuk mewujudkannya. 

3. Jangan Terlalu Banyak Resolusi

Pernah terpikirkan mengapa resolusi Anda di tahun-tahun sebelumnya belum banyak yang tercapai? Bisa jadi karena terlalu banyak resolusi yang dibuat.

Nah, buatlah resolusi 2019 yang realistis dan tidak memberatkan Anda untuk mewujudkannya. Mulailah dari hal-hal kecil terlebih dahulu dan jangan terlalu banyak resolusi yang dibuat, jika resolusi ingin cepat tercapai.

Jika hal-hal kecil sudah tercapai, Anda bisa memulainya dengan resolusi lain yang mungkin lebih berat. 

3 dari 4 halaman

4. Jangan Berhenti

Setelah mempersiapkan berbagai keinginan, rencana, antisipasi, kini saatnya menjalankan resolusi untuk satu tahun ke depan. Berikan 100 persen energi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Anda bisa juga berkomitmen dengan membuat kartu-kartu berisikan kartu-kartu motivasi yang akan disimpan di tempat yang sering dilihat. Kartu ini berisikan janji pada diri sendiri, seperti ‘Saya akan lebih menghargai hidup tanpa asap rokok’ atau ‘Saya akan lebih tenang menghadapi tekanan pekerjaan’ dan lain sebagainya.

Simpan kartu ini di ruang tidur, cermin kamar mandi, dan tempat lainnya yang pasti Anda lihat setiap hari. Lama-kelamaan kata-kata ini akan tertanam dalam diri dan membantu Anda lebih bersemangat lagi mewujudkan resolusi 2019.

5. Ceritakan pada Teman atau Keluarga

Salah satu kunci keberhasilan resolusi adalah dengan membaginya bersama dengan orang-orang terdekat, seperti teman kerja dan keluarga. Ceritakan dan berbagilah mengenai resolusi yang Anda buat di tahun ini.

Dengan begitu, Anda akan selalu memiliki orang-orang yang terus mengingatkan resolusi yang belum tercapai. Anda juga pastinya akan mendapatkan dukungan mereka atau dapat saling mendukung jika membuat sebuah resolusi yang sama.

Menceritakan resolusi mungkin membutuhkan keberanian lebih, namun hasilnya dukungan yang Anda terima pun akan lebih terasa. Anda pun akan lebih bersemangat untuk mencapai resolusi 2019.

4 dari 4 halaman

6. Kegagalan sebagai Proses Pembelajaran

Pada suatu titik, walaupun sudah melakukan semua hal agar resolusi 2019 yang Anda buat dapat terwujud, tetap saja ada satu dan lain hal yang menghambat Anda di tengah jalan. Namun jangan membenci diri sendiri, ya.

Saat Anda tiba-tiba mulai kembali merokok atau berhenti berolahraga. Terimalah sebagai bagian dari proses pembelajaran dan Anda bisa evaluasi diri, seberapa bertahan Anda berhenti merokok atau seberapa sering melakukan olahraga. 

Kemudian Anda bisa memulai niatkan diri dan lakukan upaya lebih dari sebelumnya. Ingat ya, manusia yang terus berusahalah yang lebih mulia hidupnya.

Coba lagi dan lagi, hingga suatu saat Anda akan tersenyum bangga melihat resolusi tahun baru tercapai. Jangan patah semangat dan teruslah berusaha!

7. Beri Reward pada Diri Sendiri

Jika Anda telah berhasil mencapai salah satu resolusi yang dibuat, jangan lupa membahagiakan diri sendiri dengan menentukan hadiah atas keberhasilan yang sudah Anda capai.

Hadiah merupakan salah satu cara untuk menjaga Anda tetap berusaha memperjuangkan resolusi di hari-hari sulit. Tidak ada salahnya memberikan reward untuk diri sendiri agar Anda lebih bersemangat mencapai resolusi.

Hadiah dapat berbentuk apa saja, seperti misalnya mentraktir diri sendiri dengan makanan kesukaan, merawat tubuh di salon favorit, atau berjalan-jalan ke tempat yang disukai.

Ingat ya, bahwa Anda berhak untuk itu karena telah bersusah payah mendisiplinkan diri untuk mencapai resolusi.

Jalani dengan Tekun dan Semangat!

Resolusi adalah sesuatu hal yang bagus untuk memperbaiki diri menjadi yang lebih baik lagi. Namun, untuk meraih resolusi tersebut memang tidak mudah. Anda pasti akan menemukan halangan dan rintangan untuk mewujudkannya.

Untuk itu, fokus dan tetap semangat untuk meraih resolusi 2019. Buang jauh-jauh rasa malas yang ada di diri Anda. Semangat untuk mewujudkan resolusi agar semua tercapai, sebelum 2019 berakhir!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini