Sukses

BUMN Harus Bisa Majukan Pariwisata Daerah

BUMN akan bersinergi dengan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur pendukung pariwisata seperti pembangunan homestay.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong BUMN untuk bersinergi memberikan dukungan bagi kemajuan pariwisata Kabupaten Kebumen. Hal ini diungkapkan Menteri Rini, saat mengunjungi objek-objek pariwisata daerah Kebumen pada Kamis (04/07/2019).

Lokasi wisata yang dikunjungi antara lain, wisata bahari seperti Pantai Menganti, Goa Dempok dan Jatijajar. Kedua objek wisata goa ini merupakan dua dari delapan destinasi wisata favorit di Kebumen yang dikenal dengan Geopark Karangsambung Karangbolong yang tersebar di desa-desa di Kebumen.

"Saya menyaksikan sendiri objek-objek wisata di sini dan sangat potensial untuk terus dikembangkan. Saya juga mendorong BUMN untuk mengambil peran bagi kemajuan pariwisata di sini melalui program-program pemberdayaan ekonomi," ungkap Menteri Rini dalam keterangan tertulis.

Dalam pemberdayaan ekonomi, Menteri Rini mendorong agar produk-produk unggulan masyarakat Kebumen nantinya bisa dijual di Rumah Kreatif BUMN (RKB). Selain itu BUMN juga akan beresinergi dengan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur pendukung pariwisata seperti pembangunan homestay.

Sampai saat ini, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam mendukung perekonomian masyakarakat Kebumen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didukung Bandara

Selain Pantai Menganti dan Goa Jatijajar, destinasi-destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi di Kebumen adalah Pantai Legending, Pantai Sawangan, Pantai Watu qq, Waduk Sempor, Banteng Van Der Wick dan Bukit Pentulu.

Menteri Rini juga menegaskan keberadaan objek-objek pariwisata ini pada akhirnya juga mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca-negara.

"Sekarang kita punya Bandara baru Kulon Progo. Keberadaan pariwisata di sini nantinya akan mendukung bandara baru tersebut. Dari Bandara Kulon Progo ke Kebumen bisa ditempuh 1-1,5 jam. Inilah yang kita harapkan, pengunjung sudah bisa ke Kebumen lewat Kulon Progo," tutur Rini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.