Pinjam Uang Online, Apa Kelebihannya?

Oleh Fitriana Monica Sari pada 05 Jul 2019, 09:32 WIB
Diperbarui 05 Jul 2019, 09:32 WIB
Fintech
Perbesar
Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu pernah merasakan membutuhkan dana mendesak dalam waktu cepat. Nah, dengan adanya penyedia layanan online atau fintech semakin memudahkan Anda ketika membutuhkan dana darurat. Lalu, apa yang membuat mengajukan pinjaman uang online cepat sangat mudah untuk didapatkan?

Nah, biasanya besaran bunga sudah diinformasikan di awal sebelum peminjam menyetujui pengajuan pinjamannya. Mengingat saat ini layanan pinjaman uang online semakin menjamur, maka tugas calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman yaitu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan setelah pinjaman cair nantinya.

Pinjaman Uang Online Cepat, Keunggulan yang Perlu Anda Ketahui

Nah, sebelum mengajukan pinjaman uang online cepat, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online. Ini bisa menjadi bahan perbandingan untuk Anda agar tidak terjebak dari pinjaman online ilegal.

Dikutip dari TunaiKita, berikut keunggulan jika mengajukan pinjaman online, diantaranya:

1. Proses Mudah

Keuntungan yang akan Anda rasakan jika mengajukan pinjaman uang online cepat yang pertama adalah prosesnya yang mudah. Dibandingkan dengan mengajukan pinjaman secara offline atau melalui bank konvensional, cara online ini dinilai paling mudah.

Untuk mengajukan pinjaman tentunya Anda tidak perlu bertatap muka atau datang langsung ke kantor pinjaman online tersebut, cukup dengan mengakses situs yang memberikan atau mengunduh aplikasi pinjaman dana yang dipilih.

Setelah itu, Anda bisa daftarkan diri untuk pengajuan pinjaman, kemudian mengirimkan dokumen persyaratan yang sudah yang sudah disiapkan. Dalam beberapa menit saja Anda akan sudah bisa mengajukan pinjaman dana melalui online.

 

2 dari 4 halaman

2. Lebih Praktis

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Jika Anda mengajukan pinjaman secara offline atau melalui bank konvensional belum tentu dalam satu kali waktu proses dari pinjaman tersebut bisa berhasil.

Salah satu hal yang membuat pinjaman tersebut tidak bisa diterima dalam adalah kurangnya persyaratan yang dilampirkan sehingga membuat pengajuan pinjaman menjadi lama, yang ada hanya membuang waktu dan tenaga saja.

Dengan mengajukan pinjaman secara online, Anda juga tidak perlu berkutat dengan setumpuk dokumen tebal yang harus dikumpulkan di tempat peminjaman uang tersebut. 

Bahkan, untuk Anda yang mempunyai kesibukan padat, Anda tidak akan terganggu dengan proses peminjaman secara online. Anda bisa mengajukan pinjaman dimana dan kapan saja secara online. Sangat mudah dan praktis, bukan?

3. Lebih Cepat

Pinjaman uang online cepat ini bisa menjadi solusi paling tepat dan sangat mudah untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah keuangan, khususnya kalau membutuhkan dana darurat. 

Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari pinjaman ke tetangga, saudara, maupun ke bank yang memberlakukan bunga sangat tinggi dan mencekik. Anda juga tidak perlu antre untuk mengajukan pinjaman.

Tidak hanya itu, yang membedakan pinjaman uang online dengan pinjaman di bank yaitu waktu pencairan, dimana pinjaman uang online pencairannya lebih cepat. Sehingga ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan dana darurat. 

3 dari 4 halaman

4. Hemat Biaya

banner infografis gaji pns dki
Perbesar
Ilustrasi Gaji

Kelebihan pinjaman uang online cepat yang selanjutnya yaitu Anda bisa lebih menghemat biaya. Bayangkan jika harus mengajukan pinjaman secara offline di bank, berapa banyak biaya transportasi yang harus dikeluarkan?

Belum lagi jika harus harus bolak balik mengurus persyaratan peminjaman tersebut tentunya biaya transport yang harus Anda keluarkan akan semakin besar.

Nah, dengan mengajukan pinjaman secara online Anda hanya tinggal duduk manis dengan smartphone dan mengurus persyaratannya sehingga lebih cepat dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin mengajukan pinjaman. 

5. Suku Bunga Rendah

Tahukah Anda? Kalau mengajukan pinjaman uang online suku bunga yang ditawarkan rendah, lo! Ada beberapa yang mengatakan bahwa suku bunga pinjaman online yang ditawarkan biasanya cukup tinggi. Padahal nyatanya tidak semua anggapan tersebut benar.

Jika Anda pandai memilih penyedia layanan pinjaman online yang kredibel, Anda tentu akan menemukan beberapa penyedia layanan pinjaman online yang mematok dengan suku bunga yang rendah. Dengan suku bunga rendah, maka cicilan yang harus dikeluarkan pun juga semakin kecil.

Ada juga beberapa website peminjaman yang bisa dilakukan negosiasi berupa perpanjangan pembayaran terutama jika Anda tidak memungkinkan untuk membayar tepat waktu. Sangat menguntungkan, bukan?

4 dari 4 halaman

6. Fasilitas yang Lengkap

Ilustrasi Fintech
Perbesar
Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com

Beberapa website atau aplikasi penyedia layanan pinjaman dana tunai yang kredibel memiliki fasilitas yang lengkap bahkan seperti transaksi di bank maupun perusahaan keuangan pada umumnya.

Fasilitas yang diberikan tersebut seperti asuransi, deposito, kredit kendaraan bermotor, investasi reksadana, dan juga kredit lainnya.

Oleh sebab itu, Anda tidak akan disediakan dengan satu produk saja namun disediakan berbagai macam produk yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Promo

Selain beberapa keuntungan di atas, salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan yaitu Anda bisa mendapatkan penawaran menarik berupa promo dari situs atau aplikasi yang tersedia di penyedia layanan pinjaman online. Promo yang sering diberikan bonus bunga, kode voucher, dan lain sebagainya. Anda akan langsung ditawari secara otomatis tanpa harus menjelajahi satu per satu untuk mencarinya.

Pilih dengan Bijak dan Cermat

Nah, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda yang sedang ingin mencari pinjaman uang secara online. Bijak dan cermatlah dalam memilih pinjaman online jangan sampai terkecoh dengan pinjaman online ilegal yang sudah mulai banyak menyebar.

 

Lanjutkan Membaca ↓