Sukses

Wapres JK Beri Penghargaan Pemda Yang Dukung Jaminan Sosial

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan Anurgrah Paritrana kepada pemerintah daerah dan perusahaan serta UKM di Istana Wakil Presiden

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyerahkan Anurgrah Paritrana kepada pemerintah daerah dan perusahaan serta UKM di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat.

Penghargan tersebut adalah bentuk apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan bersama Kemenko PMK, kepada para pemerintah daerah dan perusahaan sepanjang tahun 2018. Dan mendukung penuh implentasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah masing-masing.

"Saya ingin ucapkan selamat kepada penerima penghargaan kepada hari ini baik dari usaha kecil menengah dan perusahaan dan juga pemerintah daerah," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

JK menjelaskan penghargaan tersebut adalah bentuk dari BPJS Ketenangakerjaan dan pemerintah agar menghargai para perusahaan-perusahaan, Pemda untuk tetap mensejahterakan para pekerjaanya. Dengan cara mendisplinkan penyelesaian iuran dari BPJS Ketenagakerjaan untuk mendorong mensejahterakan para pekerja.

Dia menjelaskan suatu negara harus berusaha mensejahterakan rakyat secara adil. Salah satunya mendorong kesejahteraan para pekerjanya. Agar kata JK, meningkatkan perekonomian dengan baik.

"Salah satu bentuk itu adalah bagaimana mendorong kesejahteraan oara pekerja agar ekonomi kita bisa berjalan dengan baik. karena pada dasarnya pekerja ialah tulang punggung daripada ekonomi kita," lanjut JK.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Tanpa perusahaan yang displin dan produktif, kata JK, ekonomi tidak akan berjalan dengan baik. Apabila ekonomi tidak berjalan dengan baik, tentu kesejahteraan masyarakat tidak bisa berjalan.

"Karena itulah maka penghargaan kepada perusahaan, baik kecil, menengah dan besar tentu sangat penting untuk kita memberikan atensi dan juga penghargaan seperti yang saya katakan tadi. Kalo perusahaan kecil saja disiplin dan memberikan kesejahteraan kepada pekerja tentu apalagi perusahaan menangah," ungkap JK.

Dia yakin, jika perusahaan menengah bisa menjalankan, apalagi perusahaan besar akan teratur. Sebab menurut JK, upaya mensejahterakan pekerja tentu cara untuk cara mendekatkan produktifitas.

"Kalo para pekerja pemerintah melakukan berbagai cara untuk mensejahterahkan pekerja, sampai membuka lapangan kerja seluas-luasnya juga menetapkan upah minimum regional," ungkap JK.

Selain mendapat piala, pemenang di tiap kategori juga mendapat satu unit mobil. Tiap Pemerintah Provinsi mendapat mobil Toyota Kijang Innova, Pemkab/kota mendapat Toyota New Avanza.

Sementara tiap pemenang di kategori perusahaan besar mendapat Toyota Cayla, Perusahaan menengah mendapat Toyota Agya dan kategori UKM mendapat dana binaan sebesar Rp 30 juta.

 

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang

Berikut daftar beberapa pemenang anugerah Piala Paritrana:

Kategori Pemerintah Provinsi:

1. Provinsi Jawa Tengah

2. Provinsi Sumatera Selatan

3. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pemerintah Kabupaten Kota:

1. Kota Bitung

2. Kota Tanjung Pinang

3. Kota Makassar

Perusahaan Besar:

1. The Mulia's - Resort and Villa's Bali

2. PT Chevron Pasific Indonesia

3. PT Bengkulu Karya Guna

Perusahaan Menengah:

1. PT Pertama Precisoin Bintan

2. PT Graha Bernoza

3. PT Ewan Superwood

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.