3 Cara Terbaik Gambarkan Diri Anda saat Wawancara Kerja

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 04 Jul 2019, 06:00 WIB
Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja tentunya menjadi tahapan yang paling menegangkan saat mencari kerja. Pasalnya pada saat itu, akan ada serangan pertanyaan bertubi-tubi yang akan ditanyakan oleh para penanya. Meskipun pertanyaan-pertanyaan tersebut terdengar mudah untuk dijawab, namun terkadang gugup dan grogi membuatnya menjadi sulit untuk dijawab.

Kerap kali di setiap wawancara kerja, penanya meminta untuk calon pekerja untuk menjelaskan dirinya dalam tiga kata. Apakah Anda salah satu yang pernah mengalami ini? Jika iya, maka berhati-hatilah karena jika salah sedikit maka peluang Anda untuk dapat diterimapun akan terancam.

Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa tips untuk menjawab pertanyaan ini. Penasaran? Mau tahu?

Dilansir dari laman CNBC, berikut tiga tips untuk menjawab pertanyaan tersebut saat wawancara:

1. Gambarkan Bagaimana Cara Anda Berpikir

Ingat, gunakan satu kata yang ada untuk menggambarkan bagaimana cara Anda berpikir. Terdapat banyak kata yang dapat dipakai, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan kata-kata seperti Konseptual, Kreatif, Analitis, Sistematis dan kata-kata lain yang menggambarkan proses dari cara berpikir Anda. Kerap kali, para kandidat cenderung menggunakan kata-kata yang menggambarkan hasil bukannya proses.

 

2 of 2

2. Menggambarkan Karakter

5 Tips Ampuh Mendapatkan Tawaran Gaji Tinggi Saat Wawancara Kerja
Begini caranya mendapatkan tawaran gaji tinggi saat wawancara kerja.

Kata kedua sebaiknya Anda gunakan untuk menggambarkan bagaimana karakter yang dimiliki. Seperti Jujur, Baik, Ulet, Disiplin dan masih banyak kata-kata positif lainnya yang dapat Anda gunakan.

3. Sesuatu yang Menarik dari Diri Anda

Terakhir, carilah kata yang menggambarkan sesuatu yang menarik dari diri Anda. Kata ini lah yang nantinya akan menekankan nilai positif kepada para penanya. Anda dapat menggunakan kata Optimistis, Bertanggung Jawab dan Tenang, bahkan kata lainnya yang menggambarkan sesuatu yang menarik dan berbeda dari diri Anda terhadap orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by