Sukses

6 Miliarder Ini Ogah Mewariskan Hartanya, Siapa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak miliarder yang berpendapat jika uang dan kekayaan yang mereka dapatkan saat ini tidak seharusnya diwarisi kepada anak-anaknya kelak.

Salah satu contoh miliarder yang melakukan ini adalah Mark Zuckerberg dan Priscillan Chan. Mereka lebih memilih mengamalkan sebagian besar kekayaannya ke pundi amal Giving Pledge milik Bill & Melinda Gates.

Ternyata bukan miliarder ini saja, masih banyak miliarder dengan kekayaan fantastis lainnya yang turut melakukan hal yang sama. Mau tahu siapa saja mereka?

Dilansir dari laman Business Insider, berikut enam miliarder yang tidak mewarisi kekayaannya kepada anak-anaknya:

6. MacKenzie Bezos - USD 35,7 miliar atau Rp 505,5 triliun

Usai bercerai dengan Jeff Bezos, tentunya membuat MacKenzie menjadi seorang miliarder. Dengan kepemilikan sahamnya di Amazon yang bernilai USD 35,7 miliar atau Rp 505,5 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.160), lantas tidak membuatnya memanjakan anak-anaknya dengan mewarisi kekayaannya.

Sama dengan Mark Zuckerberg, ia memilih mengamalkan sebagian uangnya ke Giving Pledge. Kendati demikian, anak-anaknya tetap akan mendapatkan sedikit warisan dari sang ayah, Jeff Bezos.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Larry Page - USD 51 miliar atau Rp 722,16 triliun

Sama dengan MacKenzie dan beberapa miliarder dermawan lainnya, miliarder Google ini juga memilih untuk tidak mewarisi harta kekayaannya kepada anak-anaknya kelak. Bersama sang istri, ia berjanji akan mengamalkan sebagian besar hartanya melalui Giving Pledge.

4. Michael Bloomberg - USD 54 miliar atau Rp 764,6 triliun

Menjadi orang terkaya kesepuluh di dunia versi Forbes dengan kekayaan mencapai Rp 764,6 triliun, tidak membuat penemu dan CEO Bloomberg ini memanjakan dua putrinya dengan hartanya. Georgina dan Emma bahkan saat ini juga bekerja dibidang filantropi.

 

3 dari 4 halaman

3. Mark Zuckerberg - USD 69,7 miliar atau Rp 986,9 triliun

Menghasilkan lebih dari Rp 986,9 triliun, bos Facebook ini ternyata tidak sedikitpun akan mewarisi harta kekayaannya kepada anak-anaknya.

Hal ini ia ungkapkan bersama istri, Priscilla Chan tidak lama setelah anak perempuannya lahir pada 2015. Zuckerberg mengumumkan jika ia dan istri akan mengeluarkan 99 persen kekayaannya untuk beramal.

2. Warren Buffett - USD 85,5 miliar atau Rp 1.210 triliun

Menjadi salah satu orang terkaya di dunia, dan memiliki lusinan perusahaan tidak membuatnya memanjakan anak-anaknya hanya untuk bergantung pada hartanya.

Bahkan Buffett mengumumkan bahwa ia akan mengamalkan seluruh harta kekayannya dan tidak menyisakan sedikitpun bagi anak-anaknya kelak ketika ia sudah wafat.

 

4 dari 4 halaman

1. Bill Gates - USD 102,5 miliar atau Rp 1.451 triliun

Memiliki lembaga amal, The Bill & Melinda Gates Foundation, membuatnya akan mewariskan sebagian besar kekayaannya.

Kendati demikian, ternyata Bill akan tetap mewarisi kekayaannya kepada anak-anaknya namun hanya 1 persen atau sekitar USD 10 juta untuk tiap anaknya.  Bagi Gates, meninggalkan uang banyak kepada anak-anaknya tidak akan berguna bagi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder