Sukses

Tiket Maskapai LCC Turun pada Selasa, Kamis dan Sabtu

Pemerintah Jokowi-JK kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait tingginya harga tiket pesawat dengan sejumlah pemangku kepentingan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi-JK kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait tingginya harga tiket pesawat dengan sejumlah pemangku kepentingan pada Senin (1/7/2019).

Dari hasil rapat, pemerintah memutuskan untuk menyediakan penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carierr (LCC) seperti Lion Air dan Citilink pada tiga hari tertentu.

Sekretaris Menteri Bidang Koordinator Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, dalam rakor ini secara bersama-sama pihak maskapai LCC sepakat untuk menjual tiket penerbangan murah pada Selasa, Kamis, dan Sabtu pada jam-jam berikut yakni mulai pukul 10.00 WIB - 14.00 WIB.

"Yang pertama adalah untuk LCC domestik pada setiap hari Selasa Kamis dan Sabtu pada jam keberangkatan antara pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB waktu lokal di masing-masing bandara yang ada di sana," kata dia saat konferensi pers di Kantornya Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.

Adapun penurunan harga tiket pesawat yang telah ditetapkan tersebut akan diberikan diskon hingga 50 persen dari tarif batas atas (TBA) yang diatur oleh pemerintah.

"Intinya adalah pemerintah beserta seluruh stakeholder terkait tetap berkomitmen ingin menyediakan penerbangan murah bagi masyarakat yaitu untuk LCC domestik dari hari Selasa Kamis Sabtu," ujar dia.

Kendati begitu, pihaknya mengaku masih belum bisa memberikan jadwal atau rute-rute penerbangan yang akan diberikan diskon tarif tersebut. Sebab, masing-masing maskapai masih akan mengkaji dan menghitung terkait dengan penurunan ini.

"Akan kami umumkan kepada teman-teman semuanya Insya Allah hari Kamis. Flight-nya mana saja rute mana saja turunnya berapa persen itu akan kami umumkan di hari Kamis nanti," kata dia.

"Di tengah kondisi tidak mudah bagi maskapai, Pertamina dan pemerintah kita tetep komitmen turunkan itu hitung-hitungannya sudah kita sepakati," tandas dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Lambat 1 Juli

Pemerintah Jokowi-JK sebelumnya memberi batas akhir laporan bagi maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carierr (LCC) seperti Lion Air dan Citilink pada hari ini. Penurunan harga tiket tersebut berlaku untuk jadwal penerbangan tertentu.

Pantauan merdeka.com terhadap berbagai online travel agent (OTA) seperti Traveloka belum ada penurunan harga untuk sejumlah rute. Harga hari ini masih sama seperti harga yang berlaku pada beberapa hari sebelumnya.

Untuk Lion Air penerbangan domestik untuk rute Bandara Soekarno-Hatta menuju Kualanamu hari ini sebesar Rp4.365.600 penerbangan tanpa transit pada pukul 20.20 Wib. Sementara penerbangan paling murah yaitu Sriwijaya dengan harga Rp2.403.700 pada pukul 20.10 Wib.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.