Indra Karya Gaet BUMN India untuk Ekspansi Bisnis ke Asia dan Afrika

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 30 Jun 2019, 17:32 WIB
Indra Karya jalin hubungan bisnis dengan BUMN India. (Foto Humas Indah Karya)

Liputan6.com, Jakarta - PT Indra Karya (Persero) menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) India, yakni Water and Power Consultancy Services (Wapcos) Limited untuk memperluas bisnis di Asia-Afrika.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Milfan Rantawi menjelaskan, saat ini Indra Karya dan Wapcos turut memperkuat hubungan antara Indonesia-India dengan menjalin hubungan bisnis sebagai mitra strategis pada beberapa proyek Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA) di Indonesia.

Kerjasama ini ke depan juga membuka peluang bagi Indra Karya untuk melakukan perluasan pasar bersama Wapcos, dengan menggarap beberapa proyek di wilayah Asia-Afrika seperti Bangladesh, Ghana, Nepal, dan Papua Nugini.

"Kami hadir dalam rangka memenuhi undangan dari Wapcos limited sebagai delegasi dari Indonesia, kami sebagai BUMN bersinergi bersama menjalin kerjasama sebagai mitra strategis. Saat ini peluang pasar Asia-Afrika sangat terbuka lebar," tuturnya dal sebuah keterangan tertulis, Minggu (30/6/2019).

"Diharapkan hubungan bisnis BUMN antar negara di bidang pengembangan sumberdaya air dan infrastruktur ini dapat menghasilkan sinergi yang saling menguntungkan dan memperkuat hubungan bisnis antar negara, terutama Indonesia-India," dia menambahkan.

Saat ini, Indra Karya bekerjasama dengan Wapcos menggarap 3 proyek strategis nasional. Indra Karya berperan sebagai lead proyek, di mana total nilai proyek pekerjaan keseluruhan sebesar Rp 100 miliar, dengan komposisi presentase untuk Wapcos sekitar 15 persen.

Nantinya, Indra Karya dan Wapcos akan memulai inisiasi penetrasi pasar di Bangladesh, Ghana, dan Papua Nugini. Relasi kerjasama bisnis ini pun diharapkan dapat memperkuat hubungan antar negara melalui kerjasama positif strategis dengan berbagi pengetahuan, penguatan alih teknologi, dan pengembangan usaha jasa-jasanya.

Sementara Menteri Negara untuk Pertanian India Gajendra Singh Shekhawat mengatakan, Wapcos Limited sebagai BUMN India dapat menjalin dan memperkuat kerjasama bisnis antar BUMN lintas negara, termasuk Indonesia, melalui jasa bisnis di bidang water, power, dan infrastructure.

"Melalui Wapcos, India menjalin dan memperkuat kerjasama bisnis dengan negara-negara sahabat dengan melakukan peran dan manfaat strategis di beberapa sektor pada 47 Negara Asia-Afrika. Seperti Afghanistan, Indonesia, Bhutan, Ghana, Nigeria, Malaysia, Singapura, Bangladesh, dan lainnya, melalui jasa water, power, dan infrastructure. Ini merupakan langkah strategis dan sangat baik bagi hubungan antar negara," tuturnya.

Tag Terkait