Sukses

5 Keuntungan Kerja di Perusahaan Kecil, Minat?

Ini keuntungan kerja di perusahaan kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di perusahaan besar sering menjadi impian banyak orang. Perusahaan besar kerap identik dengan gaji tinggi dan juga sejumlah fasilitas tambahan yang menggoda.

Selain itu, bekerja di perusahaan besar dan ternama sering dianggap memiliki gengsi tersendiri. Sehingga kebanyakan orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi di sana.

Sejumlah keuntungan ini tentu menjadi pertimbangan banyak orang untuk selalu memburu perusahaan besar ketika melamar kerja. Namun di lain sisi, memilih untuk bekerja di perusahaan kecil juga cukup menguntungkan, apalagi jika perusahaan itu juga sedang berkembang.

Meski tidak dalam bentuk materi, perusahaan kecil juga bisa memberikan banyak keuntungan. Kesempatan untuk berkembang di perusahaan kecil justru terkadang lebih besar, jika dibandingkan dengan perusahaan besar lainnya yang pada umumnya dipenuhi oleh orang-orang dengan keahlian yang merata.

Untuk sebagian orang hal ini kerap menjadi lebih menguntungkan, terutama untuk mereka yang tidak ingin berada dalam lingkup perusahaan besar dengan sistem yang terbilang rumit.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan kecil, maka Anda patut menikmati hal tersebut dengan nyaman dan tetap menyenangkan. Ini keuntungan kerja di perusahaan kecil seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisa Belajar dan Mendapatkan Keahlian yang Lebih Banyak

Perusahaan kecil identik dengan karyawan yang sedikit, sehingga setiap orang dituntut untuk memiliki keahlian yang memadai. Bukan hanya dalam satu bidang saja, namun para karyawan biasanya akan mengerjakan beberapa hal yang berbeda, tergantung kondisi dan kebutuhan perusahaan.

Hal ini akan membuat Anda harus giat belajar dan memahami banyak hal terkait dengan pekerjaan-pekerjaan yang ditangani di perusahaan. Dengan kondisi ini, secara otomatis juga akan mendapatkan lebih banyak keahlian.

Sehingga kemampuan kerja Anda juga menjadi lebih baik seiring dengan berlalunya waktu. Hal seperti ini akan sangat jarang terjadi di sebuah perusahaan yang besar, sebab setiap pekerjaan sudah ditangani oleh ahlinya masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Birokrasi yang Lebih Mudah dan Simpel

Jumlah karyawan yang sedikit di perusahaan kecil biasanya akan membuat sistem organisasi begitu simpel. Hal ini berdampak pada sistem birokrasi di perusahaan tersebut, di mana segala sesuatunya bisa berjalan dengan mudah.

Berbagai urusan bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat, tanpa perlu melalui birokrasi yang rumit dan lambat. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan.

3. Jenjang Karier dan Promosi yang Cepat

Saat bekerja di dalam sebuah perusahaan, jenjang karier tentu menjadi salah satu poin penting yang dijadikan sebagai pertimbangan. Jika Anda bekerja di perusahaan kecil, hal ini tentu akan jauh lebih mudah.

Jumlah karyawan yang sedikit akan memungkinkan Anda mendapatkan promosi yang lebih cepat, jika dibandingkan dengan bekerja di perusahaan besar dengan karyawan yang banyak.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan karier yang lebih tinggi dalam waktu bersamaan, sebab di perusahaan kecil sistem organisasinya begitu simpel dan biasanya hanya terdapat beberapa posisi jabatan saja. Ketika ada promosi dari perusahaan, maka potensi Anda mendapatkan kenaikan posisi itu cukup besar.

3 dari 3 halaman

4. Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan kerja menjadi salah satu poin penting yang akan menentukan produktifitas seseorang. Ketika bekerja di lingkungan kerja yang nyaman, maka Anda bisa menikmati pekerjaan dengan lebih fokus dan menyelesaikan berbagai tugas dengan baik.

Lingkungan kerja yang seperti ini biasanya minim tekanan, sehingga Anda bisa terhindar dari stres. Semua ini biasanya bisa didapatkan di sebuah perusahaan kecil, di mana hanya terdapat sedikit saja karyawan yang bekerja.

Hal ini akan membuat rasa kekeluargaan menjadi lebih kental, sebab antara satu karyawan dengan yang lainnya bisa saling mengenal dengan baik. Lingkungan kerja yang nyaman dengan rekan kerja yang akrab seperti ini akan membuat produktivitas tetap terjaga dengan baik.

5. Hasil Kerja yang Terlihat dan Dihargai

Minimnya jumlah karyawan di perusahaan kecil akan memudahkan atasan untuk memantau pekerjaan anak buahnya. Anda akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan hasil kerjamu dengan lebih mudah, sehingga atasan bisa melihat langsung kualitas kerja yang Anda miliki.

Hal ini akan berdampak baik bagi perkembangan karier Anda, sebab perusahaan secara langsung sudah bisa menilai dan melihat kemampuan kerja terbaik Anda dan bisa menjadikannya sebagai pertimbangan.

Bekerjalah dengan Nyaman dan Meniti Karier Cemerlang

Bekerja di perusahaan kecil tidaklah selalu buruk, sebab Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan di sana. Tidak harus selalu dalam bentuk materi, di perusahaan kecil Anda bisa bekerja dengan nyaman dengan lingkungan kerja yang menyenangkan.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak ilmu serta kesempatan untuk berkembang, sehingga keahlian kerja yang Anda miliki bisa bertambah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.