Sukses

4 Langkah Bikin Rencana Pemasaran yang Efektif

Berikut langkah untuk membuat rencana pemasaran yang berhasil

Liputan6.com, Jakarta - Tidak seperti rencana bisnis, rencana pemasaran berfokus pada memenangkan dan mempertahankan pelanggan. Ini strategis dan mencakup angka, fakta, dan tujuan.

Rencana pemasaran yang baik menjelaskan semua alat dan taktik yang akan Anda gunakan untuk mencapai sasaran penjualan Anda.

Ini adalah rencana tindakan Anda, apa yang akan Anda jual, siapa yang ingin membelinya, dan taktik yang akan Anda gunakan untuk menghasilkan prospek yang menghasilkan penjualan.

Dikutip dari Laruno.id, berikut langkah untuk membuat rencana pemasaran yang berhasil:

1. Mulailah analisis situasi perusahaan

Bagian pertama ini mendefinisikan perusahaan Anda dan produk atau layanannya, lalu menunjukkan bagaimana manfaat yang Anda berikan untuk pelanggan dan apa membedakan Anda dari pesaing.

Target audiens menjadi sangat penting, tidak peduli industri Anda, memposisikan produk atau layanan Anda secara kompetitif membutuhkan pemahaman tentang pasar.

Anda tidak hanya harus dapat menggambarkan apa yang Anda pasarkan, tetapi Anda juga harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ditawarkan pesaing Anda dan dapat menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda memberikan nilai yang lebih baik.

Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan membantu Anda memutuskan apa yang akan ditawarkan, dan itu membawa Anda ke bagian selanjutnya dari rencana Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengetahui siapa audiens Anda

Mengembangkan profil sederhana dari calon pelanggan Anda adalah langkah berikutnya. Anda dapat menggambarkan prospek dalam hal demografi usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi geografis, serta gaya hidup.

Tanyakan pada diri Anda hal-hal berikut, apakah pelanggan saya konservatif atau inovatif? Pemimpin atau pengikut? Penakut atau agresif? Tradisional atau modern? Introvert atau ekstrovert? Seberapa sering mereka membeli apa yang saya tawarkan? Berapa kuantitasnya?

3. Buat daftar sasaran pemasaran Anda

Apa yang ingin Anda capai dari pemasaran? Misalnya, Anda mengharapkan peningkatan 20 persen dari penjualan produk Anda per tahun. Tulis daftar sasaran Anda dan buat sasaran itu terukur sehingga Anda akan tahu kapan Anda mencapainya.

3 dari 3 halaman

4. Kembangkan strategi dan taktik komunikasi pemasaran yang akan Anda gunakan

Bagian ini adalah jantung dan jiwa dari rencana pemasaran Anda. Di bagian sebelumnya, Anda menguraikan apa yang harus diselesaikan oleh pemasaran Anda dan mengidentifikasi prospek terbaik Anda, sekarang saatnya merincikan taktik yang akan Anda gunakan untuk menjangkau prospek ini dan mencapai sasaran Anda.

Program pemasaran yang baik menargetkan prospek di semua tahap siklus penjualan Anda. Beberapa taktik pemasaran, seperti bentuk periklanan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung, sangat bagus untuk mencapai prospek.

Untuk menyelesaikan bagian taktik Anda, buat garis besar strategi pemasaran utama Anda, kemudian sertakan berbagai taktik yang akan Anda gunakan untuk menjangkau calon pelanggan Anda. Taktik pemasaran yang Anda pilih harus mencapai prospek Anda saat mereka akan menerima pesan Anda.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.