Ingin Bisnis Sukses? Coba Susun 5 Rencana Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 27 Jun 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Setiap bisnis harus memiliki rencana bisnis tertulis. Baik itu untuk memberikan arahan atau menarik investor, rencana bisnis sangat penting untuk kesuksesan organisasi Anda.

Akan tetapi, bagaimana Anda menulis rencana bisnis? Dikutip dari Laruno.id, berikut lima langkah rencana bisnis untuk ditulis dengan sempurna:

1. Penelitian

Lakukan riset dan analisis produk, pasar, dan keahlian obyektif Anda. Pertimbangkan untuk menghabiskan dua kali lebih banyak waktu untuk meneliti, mengevaluasi, dan berpikir saat Anda benar-benar menulis rencana bisnis.

Untuk menulis rencana yang sempurna, Anda harus tahu perusahaan, produk, pesaing, dan pasar dengan erat.

Dengan kata lain, Anda bertanggung jawab untuk mengetahui semua yang dapat Anda lakukan tentang bisnis. Baca semua yang Anda bisa tentang industri dan berbicaralah dengan audiens Anda.

2. Tentukan tujuan dari rencana Anda

Rencana bisnis, sebagaimana didefinisikan oleh Pengusaha adalah dokumen tertulis yang menjelaskan sifat bisnis, strategi penjualan dan pemasaran, latar belakang keuangan dan berisi proyeksi untung dan rugi yang diproyeksikan. Namun, rencana bisnis Anda dapat melayani beberapa tujuan berbeda.

2 dari 4 halaman

3. Buat profil perusahaan

Ilustrasi Situs Web, Internet, Website. Kredit: FirmBee via Pixabay
Ilustrasi Situs Web, Internet, Website. Kredit: FirmBee via Pixabay

Profil perusahaan Anda mencakup sejarah organisasi Anda, produk, atau layanan apa yang Anda tawarkan, target pasar dan audiens Anda, sumber daya Anda, bagaimana Anda akan memecahkan masalah, dan apa yang membuat bisnis Anda unik.

Profil perusahaan sering ditemukan di situs web resmi perusahaan dan digunakan untuk menarik pelanggan. Selain itu, profil Anda dapat digunakan untuk menggambarkan perusahaan dalam rencana bisnis Anda.

4. Dokumentasikan semua aspek bisnis Anda

Investor ingin memastikan bahwa bisnis Anda akan menghasilkan uang bagi mereka. Karena harapan ini, investor ingin tahu segalanya tentang bisnis Anda.

Untuk membantu proses ini, dokumentasikan semuanya mulai dari pengeluaran Anda, arus kas, dan proyeksi industri. Jangan lupa juga detail kecil seperti strategi lokasi dan perjanjian lisensi Anda.

3 dari 4 halaman

5. Miliki rencana pemasaran strategis

Ilustrasi Digital Marketing, Pemasaran Digital, Google Analytic
Ilustrasi Digital Marketing, Pemasaran Digital, Google Analytic

Rencana bisnis yang hebat akan selalu menyertakan rencana pemasaran yang strategis dan agresif. Ini biasanya termasuk mencapai tujuan pemasaran, seperti perkenalkan produk baru, perluas pasar, wilayah baru, meningkatkan penjualan, memiliki strategi pemasaran konten, dan sebagainya.

Tentu saja, mencapai tujuan pemasaran akan memiliki biaya. Rencana pemasaran Anda harus memiliki bagian di mana Anda mengalokasikan anggaran untuk setiap kegiatan yang direncanakan.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketingsales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓