Sukses

Miliarder Rusia Pamer Kapal Raksasa Setinggi 99,9 Meter, Berapa Harganya?

Miliarder batu bara asal Rusia memamerkan kapal mewahnya.

Liputan6.com, Monaco - Kompetisi kapal pesiar atau yacht di Monaco kedatangan sebuah tamu raksasa, yakni kapal setinggi 99,9 meter milik miliarder batu bara asal Rusia, Andrey Melnichenko (47). Kapal ini diyakini sebagai salah satu yacht terbesar di dunia.

Dilaporkan Daily Mail, kapal pesiar ini memiliki nama Sailing Yacht A dan berhasil mengerdilkan yacht lain yang ikut kompetisi. Kapal ini memiliki luas 468 kaki (142 meter) dan tiga tiang setinggi 328 kaki (99,9 meter).

Kapal milik sang miliarder juga lebih tinggi ketimbang menara jam Big Ben di London setinggi 96 meter. Harga kapal pesiar itu mencapai 360 juta pound sterling atau Rp 6,4 triliun ( 1 pound sterling = Rp 17.980).

Desainer kapal ini adalah Philippe Starck asal Prancis. Sailing Yacht A memiliki delapan lantai, landasan helikopter, kolam renang, dan para penumpan juga dapat menikmati ruang obvervasi dalam laut yang tersedia.

Kapal ini bisa mengakomodasi 20 tamu dan kru sebanyak 54 orang. Meski memiliki tiga tiang seperti kapal tradisional, tetapi yacht ini memiliki baling-baling jenis controllable pitch propeller.

Kapal mewah ini milik miliarder Andrey Melnichenko. Dok: Daily Mail

Andrey Melnichenko adalah miliarder kelahiran Belarusia dan diketahui hidup dengan glamor bersama istrinya, Aleksandra yang merupakan mantan model dan bintang pop Serbia.

Dalam daftar orang terkaya Forbes 2019, Melnichenko adalah orang terkaya nomor 8 di Rusia dengan harta sebesar USD 13,8 miliar atau Rp 194 triliun. Hartanya berasal dari sektor batu bara dan pupuk.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapal Mewah Miliarder Senilai Rp 542 Miliar Hilang di Lautan, Kok Bisa?

Kapal mewah superyacht milik miliarder Italia hilang di lautan saat dalam perjalanan dari Karibia ke Ibizia. Kapal tersebut hilang di lautan Mediterania.

Dikutip Fox News, Jumat, 7 Juni 2019, yacht sepanjang 39,6 meter itu hilang di lautan karena kru tidak memberi pengamanan dengan benar. Sang pemilik, miliarder Pier Luigi Loro Piana (67) mengaku amat sedih akibat insiden ini.

"Bagi siapapun yang mencintai laut, kapalnya adalah bagai rumah kedua, dan ini seakan rumah saya telah terbakar," ujar sang miliarder ke media Italia La Repubblica.

Kapal bernama MY Song itu dibangun pada tahun 2016 dan sedang dalam perjalanan ke kompetisi kapal mewah, yakni Logo Piana Superyacht Regatta yang berlangsung di Porto Cervo, Italia, pada 3 sampai 6 Juni mendatang. MY Song berhasil menang tahun lalu.

Pier Luigi Loro Piana adalah penerus perusahaan baju Loro Piano yang didirikan sang kakek pada tahun 1924. Forbes mencatat sang miliarder mencapai USD 1,6 miliar (Rp 22,8 triliun).

Pihak perusahaan kargo Peters & May menyebut cradle kapal tersebut rusak ketika dalam perjalanan dari Palma ke Genoa. CEO perusahaan pun memberi pernyataan agar misinformasi tidak menyebar.

"Saya akan menambahkan ini adalah asesmen awal dan masih butuh konfirmasi dalam berjalannya kasus," ujar CEO Peters & May David Holley. Upaya penyelamatan kapal milik miliarder itu pun masih berlanjut.

Sementara, Superyacht Times melaporkan bahwa kapal tersebut sudah berhasil ditemukan di lepas pantai Menorka. Pihak kargo pun menarik kapal itu menuju Maroko.

3 dari 3 halaman

Kekayaan 98 Miliarder Ini Kalahkan Tabungan Satu Negara

 Kekayaan 98 orang di Rusia tercatat melewati tabungan seluruh warga negara Rusia. Temuan ini terkuak ketika membandingkan kekayaan orang terkaya Rusia versi Forbes dan tabungan nasional negara.

Dilaporkan The Moscow Times, harta 98 orang Rusia yang masuk daftar Forbes tahun ini mencapai USD 421 miliar. Total seluruh warga Rusia saat ini adalah sekitar 144,5 juta orang.

Angka itu melewati total kekayaan seluruh warga Rusia yang disimpan bank, yaitu 27,7 triliun ruble atau sekitar USD 420,7 miliar.

Itu pun menegaskan penilaian lembaga internasional yang menyorot parahya ketimpangan ekonomi di Rusia. Tahun lalu, Credit Suisse juga pernah mengestimasi bahwa 89 persen kekayaan Rusia dimiliki 10 persen orang terkaya di sana.

Berbeda dari Amerika Serikat (AS) atau China yang mulai memiliki banyak miliarder dari sektor teknologi, para orang terkaya Rusia kebanyakan mengandalkan sumber daya alam seperti gas, minyak, dan batu bara. Orang terkaya di Rusia juga berasal dari industri gas.

Pria itu adalah Leonid Mikhelson yang juga orang terkaya nomor 32 di dunia versi Forbes. Ia adalah chairman perusahaan gas Novatek.

Kekayaan Mikhelson mencapai USD 24 miliar Forbes juga mencatat bahwa mitra Mikshelson mempunyai kedekatan dengan Vladimir Putin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.