Bukan Gaji Tinggi, Ini 5 Tanda Raih Pekerjaan Impian

Oleh Tommy Kurnia pada 27 Jun 2019, 07:20 WIB
Lowongan Pekerjaan

Liputan6.com, New York - City - Meraih pekerjaan yang sesuai impian maupun jalan hidup ternyata tidak melulu terkait gaji yang tinggi. Rahasianya justru terletak pada engagement positif dalam karier tersebut.

Menurut The Ladders, kondisi meraih pekerjaan impian agak serupa dengan bertemu jodoh impian. Ketika single, mungkin seseorang berpikir jodoh impian adalah yang punya banyak uang, tetapi kenyataannya yang membuat nyaman dengan pasangan belum tentu uang, melainkan perasaan  pasangan adalah sosok yang tepat.

Rasa "tepat" itu juga terjadi saat menemukan pekerjaan yang memang ditakdirkan untuk dirimu. Anda pun menikmati segala tanggung jawab, hasil, dan dampak yang kamu berikan kepada tim, klien, dan perusahaan.

Apa saja ciri-ciri pekerjaan tersebut? Berikut ulasannya berdasarkan laporan The Ladders.

2 of 7

1. Pekerjaan Sesuai dengan Kekuatanmu

Ilustrasi ruang kerja dengan brankas
Ilustrasi ruang kerja dengan brankas Photo by Vadim Sherbakov on Unsplash

Pada awal masuk dunia kerja, seseorang pasti masih menguji kekuatan mereka sendiri untuk mengetahui bidang mana yang sesuai atau tidak sesuai keterampilannya.

Butuh waktu dan pengalaman untuk meraih self-awareness (kesadaran diri) terkait kekuatan dan kelemahan. Begitu sudah mendapatkan hal itu, Anda pun bisa menyesuaikan pekerjaan yang diambil yang sesuai bakat alami dimiliki.

"Pekerjaan yang tepat harus dapat sesuai dengan kekuatanmu, sekaligus menyediakan ruang untuk berkembang. Jika kamu memiliki kemampuan-kemampuan tertentu yang kamu asah dengan keras dan kamu nikmati pemakaiannya, maka carilah peluang yang mengizinkanmu untuk mengoptimalkan kemampuan tersebut," ujar pakar karier TopResume, Amanda Augustine.

3 of 7

2. Muncul Sinergi Antara Kehidupan Profesional dan Personal

Kaum Laki-laki Masih Mendominasi Perusahaan Teknologi
Ilustrasi pekerja (ist.)

Pakar karier Joy Altimare berkata ketika seseorang hidup di jalan karier terbaik mereka, maka akan muncul energi harmonis yang menyambungkan segala usaha dan aktivitas menuju kesuksesan.

Mereka akan merasa mengerjakan hal yang sesuai kemampuan terbaik mereka, mereka merasa dihargai, dan apa yang mereka kerjakan juga memberi efek positif ke masyarakat luas. Pekerjaan pun tidak lagi menjadi beban.

"Ketika ini terjadi kamu akan merasa kamu memenuhi pangilan hidupnya, dan pekerjaan tidak lagi terasa seperti bekerja. Untuk benar-benar hidup seperti ini, kamu akan merasa selalu hadir, kritis, dan siaga agar hidup sesuai kebenaranmu (living your truth), baik itu di dalam maupun luar kantor," ucap Altimare.

4 of 7

3. Kamu Merasa Terus Belajar dan Berkembang

karier dan cinta
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/ander burdain

Memiliki pekerjaan dengan gaji yang baik dan jam fleksibel tentunya menarik, hanya saja jangan melupakan mencari peluang untuk terus berkembang. Pakar karier menyebut hal itu bisa membuat diri merasa bahagia.

Selain itu, merasa nyaman dalam bekerja tetapi tidak belajar justru bisa merugikan kehidupan profesional.

"Itu bisa membuatmu terus aktif dan bahagia dalam bekerja dan memastikan kamu tidak berpuas diri dalam kerja. Cara paling cepat untuk tidak relevan di dunia kerja adalah dengan berhenti belajar," ujar pakar karier Amanda Augustine.

5 of 7

4. Pekerjaanmu Berat, Tetapi Nikmat

Ruang kantor
Ilustrasi ruang kantor (Unsplash)

Dalam hal pekerjaan terbaik, faktor yang muncul tidak hanya kenyamanan, banyak pengalaman baru, dan mendapat kompensasi yang berharga. Lantaran, stres pasti akan selalu ada dalam setiap industri atau level kepemimpinan yang kamu pegang.

Pakar karier Amanda Augstuine berkata akan selalu ada kerja lembur, mengejar deadline, klien yang menyusahkan, dan negosiasi yang berat. Akan tetapi, jika Anda berada di pekerjaan impian, segal hal tersebut tak akan membuat patah semangat.

"Mereka tidak akan membutakanmu atau membuatmu bertanya mengapa kamu mengejar karier ini. Jika kamu masih bisa berpikiran jernih meski ada hal berat, maka artinya kamu berada di jalan karier yang tepat," ujarnya.

6 of 7

5. Kamu Jadi Senang Bekerja

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Brooke Cagle.

Hari Senin tidak akan lagi menakutkan bila Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai bagi hidupmu. Pakar karier Joy Altimare berkata, tanda kebahagiaan adalah ketika seseorang sangat bersemangat dengan pekerjaan mereka.

Itu terjadi karena pekerjaan itu memberikan inspirasi. Seseorang pun merasa mengabdi dan aktif mengenai apa yang mereka lakukan setiap harinya.

7 of 7

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by