Tak Harus Sekolah Tinggi, Anda Bisa Raih Pekerjaan Bergaji Fantastis Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 23 Jun 2019, 18:00 WIB
makanan

Liputan6.com, Jakarta Punya pekerjaan dengan gaji yang besar tentu menjadi impian semua orang. Namun, seringkali pekerjaan dengan gaji besar mengharuskan Anda memiliki jenjang pendidikan yang tinggi pula.

Ini menyurutkan semangat beberapa orang yang memiliki kemampuan tapi terbentur biaya untuk bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Alhasil, mereka hanya memiliki pendidikan yang seadanya.

Tapi, tahukan bahwa ternyata ada beberapa pekerjaan yang ternyata tak membutuhkan karyawan dengan pendidikan tinggi tapi tetap bisa mendapat gaji yang besar. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Profesi sebagai Food Stylist

Menjadi seorang food stylist membutuhkan keahlian dalam memfoto objek dengan bagus. Anda tidak perlu pendidikan tinggi untuk melamar pekerjaan ini.

Asal punya keahlian di bidang ini, pekerjaan yang menawarkan gaji besar ini pun bisa didapatkan. Tahukah bahwa gaji seorang food stylist bisa mencapai puluhan juta?

Namun, dengan syarat foto yang Anda hasilkan ini mampu membuat orang yang melihat merasa tertarik dan tergiur untuk menyantap makanan tersebut.

2. Pekerja Industri Fesyen

Bekerja di industri fesyen merupakan kebanggaan dan impian seorang desainer. Memang, awalnya gaji seorang industri fesyen tidaklah banyak.

Namun, seiring bertambahnya waktu dan menumpuknya pengalaman, Anda akan mendapat kenaikan gaji yang cukup fantastis.

2 of 4

3. Marketing

Ilustrasi
Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!

Marketing adalah ujung tombak pada sebuah perusahaan. Tim marketing inilah yang nantinya menjadi penentu ada atau tidaknya klien baru yang akan bekerjasama dengan perusahaan.

Oleh sebab itu, gajinya pun cukup lumayan sekitar Rp7 higga Rp12 juta untuk seorang pemula seperti yang dikutip pada kellyservices.co.id.

Selain itu, Anda hanya perlu memiliki keterampilan dan kefasihan dalam berkomunikasi agar tercipta suasana yang nyaman. Dengan kata lain, seorang marketing akan menggiring klien untuk menuju ke kesepakatan bersama.

4. Bekerja sebagai Cabin Crew

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari pekerjaan satu ini. Selain tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi, cukup memenuhi kualifikasi tinggi badan, kesehatan, dan sebagainya.

Selain itu Anda juga bisa menaiki pesawat terbang ke manapun tanpa dipungut biaya dan enaknya lagi Anda akan digaji hingga Rp15 juta setiap bulannya. Fantastis, bukan?

Tapi, ada standar utama yang harus Anda selesaikan sebelum menjadi cabin crew. Salah satunya adalah menyelesaikan pelatihan standar yang diberikan untuk maskapai penerbangan selama lebih kurang empat minggu.

Anda akan dibimbing dan dilatih saat berada di maskapai penerbangan selain teori, juga akan melakukan praktik secara langsung. 

3 of 4

5. Bekerja di Industri Digital

Ilustrasi IT
Ilustrasi pekerja sebagai ahli perangkat lunak

Apakah Anda mengerti istilah SEO, CRO, PPC, dan juga Adwords? Jika Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini mungkin Anda sudah memiliki kriteria menjadi seorang pekerja indutri digital.

Bekerja di industri digital menuntut Anda untuk selalu update terhadap perkembangan teknologi yang terjadi di dunia digital. Selain itu, industri digital memiliki banyak cabang pekerjaan.

Paling banyak digemari adalah penganalisis data. Data analyst pemula ini umumnya memilliki gaji antara Rp4 hingga Rp7 juta. Berbeda lagi untuk seorang programmer pemula yang bisa mencapai Rp5 hingga Rp10 juta.

Bagi programmer tingkat senior bisa tembus ke angka Rp20 juta. Untuk bisa mahir di bidang ini, sekarang sudah banyak lembaga kursus yang menyediakan pelatihan keterampilan di bidang tersebut.

6. Menjadi Seorang Personal Assistant

Pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Anda tidak perlu pusing memikirkan pendidikan tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berbekal kepercayaan diri, kelihaian dalam berbicara, cepat tanggap, dan sigap dalam segala hal sudah bisa melamar pekerjaan ini.

Selain itu, Anda harus selalu berpikiran positif, pintar mengatur jadwal, dan selalu tenang meski sedang berada di bawah tekanan. Inilah mengapa seorang asisten pribadi layak untuk mendapat gaji yang besar.

4 of 4

7. Menjadi Seorang Entrepreneur

Ilustrasi pengusaha muda (iStock)
Ilustrasi pengusaha muda (iStock)

Entrepreneur bisa diibaratkan pekerjaan yang  memiliki waktu paling fleksibel. Wiraswasta biasa didefinisikan sebagai bekerja sendiri atau menjalankan bisnis mandiri.

Ini akan menjadi satu-satunya peluang Anda untuk bisa mencetak uang penghasilan sendiri tanpa bantuan badan pemerintahan atau agensi dari luar. Anda bisa memilih jenis usaha apa yang ingin ditekuni.

Anda akan mendapatkan banyak penghasilan dari usaha wiraswasta ini. Selain itu, Anda akan memiliki omset sendiri tanpa harus membaginya dengan orang lain. Begitulah cara kerja wiraswasta.

Tak Semua Pekerjaan untuk Mereka Berpendidikan Tinggi Saja

Semua orang pasti memiliki rejekinya masing-masing. Begitu pula Anda yang tidak berkesempatan melanjutkan ke jenjang universitas. Masih ada cara untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus dan berkelas. Jangan lupa untuk terus berusaha ya, dan cobalah lamar beberapa pekerjaan di atas.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by