Sukses

Sudah Bisa Lunasi Utang? Jangan Lupa Lakukan 4 Hal ini

Lakukan hal berikut ini pasca Anda terbebas dari jeratan utang agar kondisi finansial kian positif

Liputan6.com, Jakarta - Terlilit utang menjadi salah satu masalah serius yang dapat mengganggu kondisi finansial seseorang. Utang seringkali menjadi penghambat untuk dapat mengembangkan kondisi keuangan menuju arah yang lebih baik.

Tentu semua orang yang sedang terjerat utang ingin untuk segera melunasinya dan bisa menggunakan penghasilan mereka sesuai dengan keinginan. Bagi Anda yang baru saja terbebas dari jeratan utang, Anda perlu memikirkan langkah lebih lanjut guna meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan.

Dengan langkah-langkah ini, harapannya bisa Anda lakukan untuk mencapai kondisi keuangan yang tidak bisa dipenuhi saat sedang berutang. Jadi, lakukan hal berikut ini pasca Anda terbebas dari jeratan utang agar kondisi finansial kian positif, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Biasakan Berhemat

Setelah berhasil melunasi utang dengan tuntas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanamkan pikiran agar jangan sampai terjerat utang lagi. Salah satu cara untuk bisa terhindar dari utang adalah dengan membiasakan hidup hemat.

Semua orang yang telah terbebas dari utang akan merasakan kelegaan yang mungkin tidak bisa dirasakan saat masih terbebani dengan beratnya pinjaman tersebut. Namun, uang yang semula harus disisihkan untuk membayar tagihan utang bukan berarti dapat digunakan dengan sesuka hati.

Untuk itu, alangkah baiknya jika dana yang awalnya Anda sisihkan untuk membayar tagihan bisa Anda gunakan untuk ke hal yang lebih positif. Jangan sampai ditengah kegembiraan hidup bebas dari utang, pengeluaran Anda menjadi tidak terkontrol.

Atur anggaran yang tersedia dengan baik dan prioritaskan pengeluaran Anda hanya pada kebutuhan yang diperlukan saja. Jangan sampai pengelolaan keuangan yang buruk membuat Anda kembali terjerat utang.

Oleh karena itu, pasca terbebas dari utang, hendaknya Anda bisa membiasakan hidup hemat dan mengontrol anggaran dengan bijak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mulailah Menabung

Saat masih terlilit utang, seringkali Anda tidak dapat menyisihkan uang untuk ditabung. Padahal, dengan menabung Anda akan memiliki simpanan dana yang bisa digunakan ketika kebutuhan yang sifatnya darurat muncul secara mendadak.

Membiasakan diri untuk menabung pasca terbebas dari utang merupakan langkah yang sangat bijak untuk dilakukan. Selain memberikan kemampuan untuk menopang kondisi keuangan saat hal tidak diinginkan terjadi, memiliki tabungan juga akan memperkecil kemungkinan bagi Anda untuk meminjam uang dan kembali terlilit utang.

Pendapatan yang berhasil Anda tabung bisa menjadi dana darurat dan menjadi penyelamat keuangan Anda di masa depan. Oleh karena itu, mulailah untuk menabung agar Anda memiliki simpanan dana yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak di masa mendatang.

3. Melakukan Investasi

Selain menabung, Anda juga dapat mempergunakan anggaran yang dimiliki untuk berinvestasi. Berinvestasi memiliki fungsi yang mirip dengan menabung, yaitu untuk mempersiapkan kondisi keuangan Anda dimasa depan selayaknya menabung.

Jika dengan menabung Anda bertujuan untuk menggunakan dana yang disimpan ketika keadaan darurat muncul, investasi memberi keuntungan yang lebih terasa dan dapat dinikmati. Dengan berinvestasi, di masa depan Anda akan dapat menerima pendapatan tambahan yang sifatnya pasif.

Yang dimaksud dengan pendapatan pasif adalah pendapatan yang dihasilkan tanpa harus menjalankan bisnis seperti pada umumnya. Intinya, Anda akan memperoleh pendapatan tambahan diluar gaji pokok Anda dengan melakukan investasi.

Hal ini tentu sangat baik untuk dilakukan guna memperkuat kondisi keuangan, karena bisa memberikan Anda sumber pendapatan tambahan. Investasi juga dapat meningkatkan aset serta nilai kekayaan yang Anda miliki.

Namun, perlu diingat juga bahwa investasi bisa saja gagal sehingga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pastikan dulu tempat Anda akan berinvestasi adalah pihak yang telah terverifikasi dan memiliki risiko kegagalan yang kecil.

Jika investasi yang dilakukan berjalan dengan baik, penghasilan yang Anda dapatkan tentu menjadi bertambah dan kemungkinan untuk kembali terlilit utang semakin mengecil.

3 dari 3 halaman

4. Jadikan Investasi Sebagai Prioritas

Berinvestasi adalah cara yang praktis untuk bisa memiliki kondisi keuangan yang stabil. Meskipun dampak positif saat berinvestasi tidak dapat dirasakan secara instan, Anda tidak perlu khawatir dengan kurangnya pendapatan di masa depan.

Kekayaan yang Anda miliki kemungkinan besar akan berkembang jika digunakan untuk berinvestasi. Ditambah lagi potensi untuk memiliki penghasilan pasif yang fluktuatif kearah yang positif.

Keuntungan-keuntungan dari berinvestasi tersebut tentu bisa menjadi pendorong bagi Anda untuk dapat memprioritaskan penggunaan dana yang dimiliki pada kegiatan investasi. Oleh karena itu, prioritaskan sisa dana pasca utang terlunasi untuk melakukan kegiatan menabung dan berinvestasi agar kehidupan masa depan Anda bisa terjamin.

Lakukan Langkah Preventif dari Jeratan Utang

Terbebas dari jeratan utang tentu menjadi perasaan yang sangat melegakan bagi sebagian besar orang. Lakukan hal-hal yang bisa mengamankan keuangan Anda setelah terbebas dari beban utang dengan menganggarkan dana untuk di tabung dan dana darurat. Berinvestasi juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan di masa depan dan memperkuat kondisi finansial Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini