Sukses

Hidup Sederhana, Miliarder India Tak Memiliki Pengawal

Mantan orang terkaya ini enggan dikuasai oleh kekayaannya.

Liputan6.com, New Delhi - Pada daftar orang terkaya di India, nama konglomerat Mukesh Ambani sedang berjaya di nomor wahid, bahkan ia juga menggeser nama Jack Ma sebagai miliarder terkaya di Asia. Posisi Ambani sangat awet di daftar itu, namun ternyata namanya sempat digeser seseorang.

Sosok itu adalah Dilip Shanghvi yang sempat menjadi orang terkaya nomor dua di India pada daftar Forbes 2016 lalu. Kekayaannya kala itu USD 16,9 miliar atau kini setara Rp 254 triliun jika disesuaikan inflasi.

The Telegraph India menyebut Shanghvi juga sempat menggeser posisi Ambani sebagian orang terkaya, meski hanya selama beberapa bulan. Berbeda dengan miliarder lain yang kehidupannya megah, Shanghvi ternyata amat sederhana.

"Tidak ada bintang di pestanya, tidak ada penjaga di sisinya, tidak ada gedung berlantai 27 lantai yang ia miliki di pusat Mumbai, tidak ada jet pribadi di atapnya, gaya hidupnya amat sederhana sehingga bisa membuat malu orang yang kekayaannya hanya satu per seratus dari kekayaannya," ujar keluarga dari sahabat Shangvhi.

Kisah kesederhanaan sang orang terkaya itu tertuang dalam buku The Reluctant Billionaire. Buku itu mengisahkan usaha Shanghvi menjadi miliarder self-made (usaha sendiri) terkaya di India, serta menggambarkan sikapnya yang enggan disilaukan kekayaan.

Sekadar informasi, gaya hidup Shanghvi amat kontras dengan kemewahan hidup Mukesh Ambani. Ketika pernikahan putrinya saja, Ambani mengundang berbagai CEO dan politisi dunia, bahkan Beyonce juga dihadirkan pada pesta yang berlangsung berhari-hari itu.

Shanghvi mengaku tidak suka dengan segala perhatian yang ia dapatkan karena status miliarder.

"Saya tidak nyaman dengan label 'orang India terkaya' dan segala macam perhatian yang timbul karena hal tersebut," ujar Shanghvi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliarder Farmasi

Pada daftar Forbes terkaya tahun ini, nama Shanghvi berada di posisi 10. Kekayaannya ditaksir sebesar USD 7,6 miliar atau Rp 107,6 triliun (USD 1 = Rp 14.166).

Ia adalah pendiri dari Sun Pharma yang merupakan perusahaan farmasi top di India dan dunia. Perusahaan itu ia bangun pada tahun 1983 dengan uang pinjaman dari bapaknya sebesar USD 200.

Forbes menyebut hartanya menurun setengah dari tahun 2016 karena Federal Drug Administration (FDA) dari Amerika Serikat menemukan bahwa ada prosedur yang tidak diikuti secara tertib di pabrik Sun Pharma yang berlokasi di Gujarat.

3 dari 3 halaman

Tim Cook: Jangan Kerja untuk Uang, Anda Tak Akan Bahagia

CEO Apple Tim Cook pernah memberikan beberapa saran bagi para anak muda agar tidak terobsesi hanya kepada uang saja.

"Saran saya kepada Anda semua, jangan bekerja demi uang karena ini akan membuat uang itu cepat habis hingga Anda tidak pernah merasa cukup dan tidak bahagia," ujarnya seperti dikutip dari laman CNBC.

Tim Cook berpendapat, seseorang harus bisa mencari sesuatu yang membuat mereka begitu bersemangat. Jika tidak berhasil menemukan hal itu, maka orang tersebut tidak dapat bahagia seumur hidupnya. 

Untuk itu, Cook menyarankan agar pemuda bisa mencari pekerjaan yang disukainya dibanding harus mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Karena dengan begitu mereka tidak akan berat menjalaninya meskipun tugas yang sedang ia kerjakan memang sungguh sulit.

Ternyata saran ini, sudah terlebih Cook terapkan dan hasilnya sungguh luar biasa. Ia mendapatkan gaji yang begitu baik dengan mengerjakan hal yang ia sukai.

Namun ternyata ada beberapa miliarder dunia yang menentang hal ini. Diantaranya, Warren Buffett dan Bill Gates. Mereka berdua berpendapat jika kesuksesan dapat diraih berkat tingkat penasarannya yang begitu tinggi dan hasrat ingin meraihnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya