Ini Rute Penerbangan Codeshare Garuda Indonesia dengan Maskapai Asing

Oleh Pramita Tristiawati pada 19 Jun 2019, 11:41 WIB
Diperbarui 19 Jun 2019, 11:41 WIB
Garuda Indonesia resmi mengoperasikan penerbangan langsung Denpasar- Mumbai PP.
Perbesar
Garuda Indonesia resmi mengoperasikan penerbangan langsung Denpasar- Mumbai PP.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 14 maskapai yang bekerjasama 'codeshare' dengan Garuda Indonesia, siap menjelajah 20 rute dalam negeri.

Bukan hanya China Airlines, Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Tbk, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, ada 14 maskapai global yang bekerjasama codeshare dengan Garuda Indonesia tersebut. 

Di antaranya adalah All Nippon Airways, Japan Airlines, Etihad Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Vietnam Airlines, Saudi Arabian Airlines, Malaysia Airlines, Bangkok Airways, Turkish Airlines, Oman Air, Air Europa Lineas Aereas, serta Aeromexico. 

"Dengan pilihan rute penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia, antara lain,  Jakarta – Lampung pp, codeshare dengan Malaysia Airlines & China Airlines," tutur  Pikri Ilham Kurniansyah, seperti ditulis Rabu (19/6/2019). 

Kemudian, Jakarta – Palembang pp, codeshare dengan Malaysia Airlines dan All Nippon Airways. Jakarta – Padang pp codeshare dengan Etihad Airways, Jakarta – Pekanbaru pp, codeshare dengan China Airlines & Etihad Airways. 

Jakarta – Medan pp codeshare dengan Saudia Airlines, China Airlines, All Nippon Airways, Etihad Airways. Jakarta – Yogyakarta pp codeshare dengan Bangkok Airways, China Airlines, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, KLM, Japan Airlines. 

"Jakarta – Solo pp  codeshare dengan Etihad Airways & Malaysia Airlines. Jakarta – Semarang pp  codeshare dengan Bangkok Airwayss, Saudia Airlines, China Airlines, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, KLM," tutur Pikri. 

Jakarta – Surabaya pp codeshare dengan Bangkok Airways, Etihad Airways, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, China Airlines, Vietnam Airlines, KLM, Japan Airlines, Saudia Airlines. Jakarta – Denpasar pp codeshare dengan Etihad Airways, Turkish Airlines, Bangkok Airways, Oman Air, Saudia Airlines, Vietnam Airlines, Air Europa, All Nippon Airways, KLM, Aeromexico. 

Jakarta – Lombok pp codeshare dengan All Nippon Airways. Surabaya – Kupang pp codeshare dengan Malaysia Airlines. Jakarta – Pontianak pp codeshare dengan China Airlines

Kemudian untuk Jakarta – Banjarmasin pp  codeshare dengan banyak maskapai asing. Antara lain Malaysia Airlines, Etihad Airways, KLM, China Airlines, All Nippon Airways. 

Jakarta – Manado pp codeshare dengan All Nippon Airways, & Etihad Airways. Jakarta – Makassar pp codeshare dengan Malaysia Airlines, Saudia Airlines, Bangkok Airways, China Airlines, All Nippon Airways, KLM, Saudia Airlines, Etihad Airways.

"Jakarta – Ambon pp codeshare dengan KLM. Surabaya – Lombok pp codeshare dengan Malaysia Airlines. Terakhir, Surabaya – Makassar pp codeshare dengan Malaysia Airlines," ungkap Pikri. 

2 dari 4 halaman

Perkuat Jaringan Rute

Pesawat Garuda Indonesia
Perbesar
(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Pikri optimistis, melalui kerja sama codeshare ini Garuda Indonesia dapat semakin memperkuat jaringan rute penerbangan Garuda Indonesia, di rute penerbangan domestik dan internasional.

Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendukung peningkatan kunjungan penumpang internasional ke Indonesia untuk mendukung potensi pariwisata nasional. 

Selain memperkuat kerja sama dengan 14 maskapai global tersebut, sebagai anggota aliansi maskapai SkyTeam tentunya Garuda Indonesia juga terjalin dalam kerjasama codeshare aliansi Skyteam. 

"SkyTeam merupakan sebuah aliansi maskapai global yang beranggotakan 19 maskapai global dengan menawarkan 1.150 destinasi di lebih dari 175 negara di seluruh dunia, dan dengan penerbangan setiap harinya lebih dari 14.500 penerbangan," ujar dia. (Pramita Tristiawati) 

 

3 dari 4 halaman

Penerbangan Codeshare Tingkatkan Layanan Garuda Indonesia

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
Perbesar
Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, maskapai pelat merah Garuda Indonesia menyatakan akan terus meningkatkan kerja sama "codeshare" dengan maskapai global yang menjadi mitranya. Khususnya untuk penerbangan di domestik yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia. 

Dalam hal ini, maskapai mitra bertindak sebagai marketing carrier atau maskapai yang memasarkan dan Garuda Indonesia bertindak sebagai maskapai yang mengoperasikan penerbangan atau operating carrier. 

Kerja sama codeshare dengan maskapai asing tersebut dilaksanakan pada rute-rute dari ibu kota negara atau kota-kota utama, masing-masing ke Jakarta dengan penerbangan mereka.

Serta dari Jakarta ke wilayah domestik lainnya dimana Garuda Indonesia sebagai operating carrier atau maskapai yang mengoperasikan penerbangan di Indonesia.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, pelaksanaan codeshare dengan maskapai global merupakan strategi Garuda Indonesia untuk meningkatkan jumlah penumpangnya.

"Serta bagian dari peningkatan layanan dengan memberikan semakin banyak pilihan destinasi bagi penumpang," ujar dia, Selasa, 18 Juni 2019.

Kerja sama codeshare di domestik tersebut juga bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk memperkuat posisi Jakarta, Surabaya, dan Medan sebagai hub penerbangan di domestik, selain Bali dan Makassar.

Semua penerbangan di domestik yang menjadi bagian dari kerja sama codeshare dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Adapun Kementerian Perhubungan telah memberikan izin perpanjangan bagi rute domestik Garuda Indonesia untuk menjadi bagian dari code share hingga periode musim panas atau summer season mendatang atau Oktober 2019.

"Melalui kerja sama codeshare ini, Garuda Indonesia sebagai operating carrier akan menerbangkan penumpang internasional dari maskapai penerbangan global tersebut pada rute rute domestik yang dilayani Garuda Indonesia," tutur Pikri. 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓