Sukses

Ini 13 Rute Penerbangan yang Pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati

PT Angkasa Pura (AP) II bersiap memindahkan penerbangan pesawat jet komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati.

Liputan6.com, Majalengka - PT Angkasa Pura (AP) II bersiap memindahkan penerbangan pesawat jet komersial dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Sesuai rencana, akan ada 13 rute penerbangan yang dipindahkan ke Bandara Kertajati. Adapun kebijakan ini mulai berlaku Sabtu, 15 Juni 2019.

VP Corporate Communications PT AP II (Persero) Yado Yarismano membenarkan, ada 13 rute penerbangan yang akan dipindahkan ke Bandara Kertajati tersebut.  Rute tersebut adalah Surabaya, Denpasar, Pekanbaru, Banjarmasin, Kuala Namu dan Ujung Pandang. 

"Kemudian rute kota Palembang, Padang, Balikpapan, Jogja, Lombok, Pontianak, hingga Batam," tutur dia di Majalengka, Jawa Barat, Selasa (18/6/2019).

Yado menegaskan, AP II siap membantu maskapai dalam proses pemindahan rute penerbangan ke Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. 

"Fasilitas yang terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan, baik itu di Husen Sastranegara dan Kertajati, sudah bisa terpenuhi. Kami siap menjalankan penataan penerbangan mulai 15 Juni 2019, dan ingin secepatnya merealisasikan perpindahan penerbangan itu," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bandara Husein Sastranegara Tetap Layani Penerbangan Internasional

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menegaskan, penerbangan internasional Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) tidak akan dipindahkan ke  Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB).

Ia menyampaikan, hal itu pada rapat koordinasi pagi ini terkait pemindahan penerbangan pesawat jet komersil dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Seperti diketahui, Pemerintah telah memutuskan memindahkan penerbangan luar Jawa dari BDO ke BJIB Kertajati mulai 15 Juni 2019.

"Bandung sudah menjadi destinasi wisata, kita tidak akan pindahkan penerbangan internasional di sana. Namun, dengan adanya Bandara Kertajati pergerakan internasional jadi lebih bagus," tutur dia di Majalengka, Jawa Barat, Selasa (18/6/2019).

Budi menjelaskan, dengan keberadaan BJIB Kertajati justru memperkuat konektivitas antara keduanya yakni Bandara Husein Sastranegara dengan Bandara Internasional Kertajati.

"Dengan adanya Kertajati, maka pergerakan internasional jadi lebih bagus. Kita akan bagi fungsi-fungsi Bandara Husein dan Kertajati kesepakatan beberapa pihak," ucapnya.

Adapun Budi menyebutkan, Bandara Husein Sastranegara, Bandung akan difokuskan melayani penerbangan angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri jenis propeller, seluruh angkutan udara niaga berjadwal luar negeri, angkutan udara niaga tidak berjadwal dalam dan luar negeri, angkutan udara bukan niaga dalam dan luar negeri. 

"Iya yang beroperasi (international) dan propeller domestik Jawa," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Ada Bus Damri Gratis

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) menginstruksikan agar rute-rute pesawat di Bandara Husein Sastranegara dipindahkan ke Bandara Kertajati di Majalengka. Berbagai benefit pun disiapkan di Bandara Kertajati.

Ketika berbincang dengan Liputan6.com pada Sabtu siang, 15 Juni 2019, pihak Bandara Kertajati mengatakan ada bantuan terkait transportasi ke kota Bandung. Salah satunya adalah bus Damri gratis.

"Kita sudah ada 12 operator multimoda yang akan menghubungkan antara Bandung dan Bandara Kertajati. Cuma Damri sendiri dari bandara itu menyiapkan lima bus free of charge," ungkap Direktur Operasi dan Pengembangan Strategi Bisnis Bandara Internasional Jawa Barat, Agus Sugeng Widodo.

Bus gratis itu berlaku untuk satu bulan, dalam sehari akan terdapat lima bus gratis yang bolak-balik antara Bandara Kertajati dan Bandung. Untuk jadwalnya akan disesuaikan oleh pihak bandara.

Tak hanya itu, Agus memastikan penyedia jasa transportasi multimoda lainnya akan memberikan bermacam diskon bagi penumpang bandara kebanggaan Jawa Barat tersebut. Dengan ini diharapkan masalah konektivitas ke bandara tidak lagi menjadi masalah.

Keuntungan lain dari Bandara Kertajati adalah fasilitas yang lebih luas dan modern bila dibandingkan dengan bandara di Bandung. Alhasil, penumpang pesawat bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan ekstra.

"Ruang tunggu kita cukup luas, terus kemudian fasilitas lain jauh memenuhi persyaratan. Dari safety kita juga lebih bagus, karena landasan kita lebih panjang, lebih lebar, dan seterusnya. Dan juga dari segi teknologi dan IT," ujar Agus.

Lebih lanjut, ia menyebut Bandara Kertajati sudah berbenah untuk perpindahan rute maskapai, kantor dan berbagai fasilitas pun sudah tersedia. Kini, pihak bandara tinggal menunggu dari pihak maskapai.

Pemerintah menyatakan, dengan keberadaan Bandara Kertajati akan memperkuat konektivitas dengan Bandara Husein Sastranegara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.