Sukses

Berkat Bisnis Obat, Mantan Guru Kimia Jadi Wanita Terkaya di China

Mantan guru kimia ini banting setir ke dunia bisnis dan menjadi wanita terkaya di China.

Liputan6.com, Lianyungang - Mantan guru kimia asal China, Zhong Huijian (58), kini menjadi salah satu wanita terkaya di negaranya. Tak hanya itu, predikat kekayaannya juga self-made alias hasil sendiri.

Dilaporkan South China Morning Post, Zhong mendulang kekayaan berkat perusahaan Hansoh Pharmaceutical. Perusahaan itu ia bangun pada tahun 1995 dan ia menjabat sebagai Chairman. Sebelumnya, ia pernah mengajar sebagai guru kimia.

Zhong lulus dari Jiangsu Normal University pada tahun 1982. Ia kemudian mengajar kimia SMP di kota Lianyungang, provinsi Jiangsu. Di kota itu pula ia mendirikan perusahaannya.

Ia menjadi wanita terkaya ketiga di China usai saham Hansoh dilepas ke publik di Bursa Efek Hong Kong pada Jumat lalu. Kekayaan Zhong pun bertambah hingga USD 7,9 miliar atau Rp 113 triliun (USD 1 = Rp 14.345).

Secara pribadi, Zhong memegang 68 persen saham di perusahaan. Sementara, suaminya Sun Piaoyang (60) juga bekerja di sektor farmasi dan CEO di Jiangsu Hengrui Medicine.

Analis menyebut sinergi antara Hengrui dan Hansoh memberikan mereka keuntungan di industri, terutama dalam hal R&D dan distribusi. Kedua perusahaan juga berada di kota yang sama.

Selain menjadi wanita terkaya, kekayaan Zhong dan suami mengantar mereka ke daftar para pasangan terkaya di China. Gabungan harta keduanya mencapai sekitar USD 19 miliar (Rp 272,5 triliun).

Financial Times menyebut pada penutupan bursa Jumat lalu, Hansoh berhasil naik 22 persen. Nilai saham Zhang pun melonjak jadi USD 9,7 miliar (Rp 139 triliun).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jago Bisnis, 4 Selebritas Ini Sabet Gelar Orang Terkaya

Beberapa waktu terakhir, muncul nama-nama selebritas terkaya yang cukup mengejutkan. Banyak selebritas juga berbakat seperti mereka, tetapi mendadak mereka justru menjadi terkaya.

Ternyata, rahasia mereka adalah bisnis. Di luar industri hiburan yang mereka geluti, para selebritas itu menginvestasikan duit mereka ke bermacam sektor bisnis. 

Bisnis kosmetik, misalnya, menjadi pilihan Kylie Jenner. Berkat kosmetik, model dan aktris TV itu pun berhasil menjadi milenial terkaya versi Forbes tahun ini.

Ada pula Robyn Fenty alias Rihanna yang baru dinobatkan sebagai musisi wanita terkaya. Terkuak kemudian bahwa mayoritas penghasilannya berasal dari luar industri musik.

Siapa lagi selebritas yang mendapat status terkaya berkat membuka bisnis? Berikut daftarnya:

3 dari 6 halaman

1. Rihanna

Sebelumnya dikabarkan, Rihanna baru-baru ini mengejutkan dunia hiburan karena menjadi musisi wanita terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai USD 600 juta atau Rp 8,5 triliun (asumsi kurs USD 1 = Rp 14.239).

Business Insider mencatat mayoritas kekayaan Rihanna berhasal dari bisnis yang ia geluti. Rihanna bekerja sama dengan LVMH untuk memasarkan produk kosmetik Fenty Beauty dan produk fashion yang juga bernama Fenty.

4 dari 6 halaman

2. Kylie Jenner

Kylie Jenner merupakan miliarder termuda di dunia versi Forbes. Kekayannya tepat mencapai USD 1 miliar (Rp 14,2 triliun). Wanita 21 tahun itu juga dinilai sebagai miliarder self-made (hasil usaha sendiri) termuda di dunia.

Layaknya bisnis milenial masa kini, Kylie Cosmetics juga awalnya dipasarkan via Instagram. Andalan Kylie Jenner adalah produk bibir seperti Lip Kits.

Kylie merupakan aktris TV dan berasal dari keluarga selebritas Kardashian-Jenner. Rencananya, ia ingin mewarisi bisnis kosmetiknya ke putrinya, Stormi Jenner.

5 dari 6 halaman

3. Jay-Z

Forbes juga baru menamakan Jay-Z sebagai rapper terkaya di dunia dengan kekayaan USD 1 miliar. Kekayaannya berasal dari lini bisnis dan investasi.

Penyanyi bernama asli Shawn Carter ini pernah memiliki brand baju Rocawear yang ia jual ke Iconix. Ia juga salah satu pemilik brand cognac D'Ussé, serta pemilik dari layanan streaming musik Tidal.

Ia pun punya saham di Uber sebesar USD 70 juta (Rp 996,7 miliar), lalu menanam USD 50 juta (Rp 711,9 miliar) di sektor real estate. Suami Beyonce ini juga kolektor seni yang totalnya senilai USD 70 juta (Rp 996,7 miliar).

6 dari 6 halaman

4. Oprah Winfrey

Nama Oprah, selain terkenal akan pribadinya yang bijaksana, akrab muncul di daftar selebritas terkaya di dunia. Business Insider mencatat kekayaan Oprah kini mencapai USD 2,6 miliar (Rp 37 triliun).

Jika dulu ia bekerja untuk media, sekarang ia justru membangun jaringan media yaitu OWN (Oprah Winfrey Network). Ia juga punya 8 persen saham di WW International, sebuah perusahaan hidup sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.