Tips Tetap Bahagia saat Terjun di Dunia Kerja

Oleh Fitriana Monica Sari pada 18 Jun 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Jun 2019, 22:13 WIB
Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Liputan6.com, Jakarta Punya pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan keinginan tentu jadi impian banyak orang. Itulah mengapa sebaiknya cari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki. Ini akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan semua tanggungjawab.

Tak jarang orang yang mendapatkan pekerjaan tidak sesuai dengan keahlian justru akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas dan juga membuat Anda merasa tidak nyaman serta tidak bersemangat.

Anda akan merasa semakin tertekan saat memikirkan harus berangkat ke kantor, memikirkan semua tugas yang sulit dikerjakan. Tanpa disadari Anda sudah masuk dalam zona yang bahaya, yakni kemungkinan Anda bisa mengalami depresi berat karena beban kerja.

Oleh sebab itu, penting sekali agar Anda bisa merasa bahagia saat bekerja. Ini tentu saja meningkatkan kinerja Anda dalam bekerja serta membuat Anda terhindar dari rasa tertekan.

Jika Anda merasa bahagia dengan pekerjaan sekarang, tentu Anda akan lebih nyaman dan tidak pernah memikirkan rencana untuk mencari pekerjaan lainnya. Berikut tips tetap bisa bersemangat dan bahagia saat terjun di dunia kerja, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Percayalah, Semua Orang Pernah Mengalami Kegagalan

Anda tentu tahu kalau roda kehidupan pasti selalu berputar, bukan? Ada saat di mana Anda merasa sedang berada di bawah atau sebaliknya.

Nah, semua orang pasti pernah mengalaminya. Tak terkecuali orang-orang sukses di luar sana, mereka juga pasti pernah menghadapi masa-masa sulit dan mereka berhasil melewatinya, hingga membawa mereka ke tangga kesuksesan.

Namun, orang-orang yang tidak berhasil melewati masa-masa sulit kegagalan tentu akan semakin terpuruk dan mencari jalan lain untuk bisa meraih kesuksesan. Jadi, sekarang Anda tinggal menentukan pilihan Anda.

Apakah Anda ingin menjadi orang yang bangkit dari kegagalan? Atau menjadi orang yang terus terpuruk tanpa berusaha bangkit?

2 of 3

2. Kenali Kemampuan Pada Diri Anda

Jahit Menjahit
Ilustrasi Foto Menjahit (iStockphoto)

Jangan karena mengikuti tren semata, Anda mengorbankan diri Anda. Contohnya, jika saat ini banyak orang sedang viral karena bekerja sebagai pekerja kantoran, Anda yang memiliki keahlian di bidang menjahit justru mengabaikan keahlian Anda.

Ini akan menyulitkan Anda sendiri. Jadi, sebelum melamar pekerjaan sebaiknya kenali terlebih dahulu kemampuan yang ada pada diri Anda.

Tentu saja ini akan mempengaruhi perubahan emosional Anda. Jika bekerja ditempat yang disenangi, tentu Anda akan merasa lebih bahagia saat bekerja.

3. Selalu Bersyukur dengan Segala Keadaan

Sebenarnya ada tips yang sangat mudah untuk selalu bahagia. Anda hanya perlu bersyukur di semua keadaan.

Jika merasa jenuh, Anda harus berpikir lebih jauh seperti berpikir seandainya berada di pihak orang lain di luar sana yang sangat menginginkan posisi atau pekerjaan yang Anda miliki saat ini.

Orang yang saat ini sedang berjalan ke sana ke mari membawa surat lamaran kerja berharap mendapat pekerjaan. Sedangkan Anda, saat ini sudah mendapat pekerjaan dan duduk di balik meja tanpa merasa kepanasan maupun kehujanan.

Oleh karena itu, Anda harus berhenti mengeluh dan mulailah mengucap syukur agar bisa merasa bahagia saat bekerja.

3 of 3

4. Jangan Bersikap Bersaing secara Berlebihan

Kerja Lembur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Dalam bekerja, Anda dituntut untuk memberikan pencapaian yang membanggakan. Memberikan kontribusi dalam kemajuan perusahaan. Namun, ini tidak bermaksud Anda harus bersikap kompetitif secara berlebihan.

Memang sudah sewajarnya manusia menyukai kompetisi, tapi Anda tidak harus mengkompetisikan semua hal saat di kantor. Justru ini akan membuat Anda tertekan karena Anda memaksakan diri agar bisa selalu unggul dalam setiap hal. Biarkan saja semua berjalan apa adanya.

Anda cukup mengerjakan semua semampu Anda dengan sebaik mungkin. Santai, karena semua orang tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang berbeda.

Selain membuat Anda tertekan, kemungkinan besar karyawan yang lain tentu mulai tidak meyukai sikap Anda ini. Mereka akan beranggapan Anda terlalu egois karena ingin menang sendiri.

5. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Jika memang Anda kurang bahagia dengan suasana kantor, setidaknya ciptakan suasana yang menyenangkan saat pulang dari kantor. Buatlah sederet aktivitas yang mampu menghilangkan rasa jenuh dan tertekan Anda saat di kantor tadi.

Ini akan sedikit menenangkan pikiran Anda. Mungkin Anda bisa mencoba membangkitkan suasana gembira dengan memutar lagu kesukaan, menonton film komedi agar membuat Anda tertawa maupun lakukan relaksasi ringan bersama teman.

Atau bisa juga dengan istirahat yang cukup, membeli makanan kesukaan Anda, jalan-jalan di taman atau tempat sejuk lainnya, dan banyak lagi. Anda bisa lakukan itu semua agar pikiran lebih segar dan membuat Anda tetap gembira.

Kebahagiaan Muncul dari dalam Diri Sendiri

Sekeras apapun Anda mencoba tips di atas, jika Anda tidak memiliki keinginan untuk bahagia, tentu Anda akan tetap merasa tidak bahagia. Jadi, kebahagiaan yang muncul juga disebabkan adanya keinginan dari dalam hati setiap orang. Lalu, sudahkah Anda merasa bahagia saat bekerja?

 

Lanjutkan Membaca ↓