Awas, 7 Hal Sepele ini Ternyata Bisa Bahayakan Posisi Anda di Kantor

Oleh Fitriana Monica Sari pada 17 Jun 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali hal-hal yang harus dihindari agar konsentrasi dan kinerja Anda terjaga saat bekerja di kantor. Mungkin Anda sudah tahu hal tersebut karena biasanya hal-hal yang harus dihindari sudah terpajang di aturan perusahaan.

Aturan yang paling umum adalah dilarang untuk menggosip, dan juga menghabiskan waktu bermain media sosial. Ini akan sangat membuang waktu Anda dengan percuma.

Meskipun kelihatannya itu adalah hal yang sederhana, tapi sebenarnya sangat mengganggu konsentrasi dan memperlambat kinerja Anda. Jadi hindari dua hal tersebut.

Tapi, ada beberapa hal sederhana lain yang sangat membahayakan posisi Anda di kantor. Perlu diperhatikan, hal sepele ini ternyata bisa membahayakan posisi Anda di kantor seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Memiliki Tingkat Kepercayaan Diri yang Berlebihan

Saat Anda memiliki kepercayaan diri untuk menyelesaikan tugas tentu sangat baik. Tapi, bagaimana jika Anda justru memiliki tingkat kepercayaan diri yang berlebihan?

Ini akan membuat Anda terlihat sombong dan tidak memperhitungkan sebab dan akibat dengan baik. Lebih amannya, sebaiknya Anda tetap rendah hati dalam menyelesaikan semua tugas.

Semua yang Anda lakukan mungkin harus dipikirkan lebih matang. Tidak terburu-buru apalagi dengan sifat optimis yang berlebih bisa membuat Anda depresi jika hasilnya tidak seperti yang Anda inginkan.

2 of 4

2. Tidak Menyukai Semua Bentuk Kritikan

kerja nggak bahagia
Ilustrasi kerja tapi nggak bahagia./Copyright shutterstock.com

Meskipun Anda tidak menyukai kritikan, sebaiknya Anda tetap mendengarkannya untuk menghormati Atasan atau teman Anda. Selain itu, kritikan juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan performa kerja Anda.

Jika Anda mendapat kritikan, itulah saat yang tepat untuk Anda bisa memperbaiki kualitas kerja Anda. Jadi jangan beranggapan dengan mendapat kritikan, orang tersebut tidak menyukai kerja Anda. Justru mereka ingin agar Anda bisa menjadi lebih baik lagi.

3. Terlalu Banyak Bicara yang Tidak Penting

Anda tentu sangat senang jika memiliki teman kerja yang mudah berkomunikasi dan sangat ramah. Ini akan membantu Anda menghilangkan rasa penat dan stres saat bekerja.

Namun, jika dalam hal ini Anda sendiri yang sangat mudah berkomunikasi kira-kira bagaimana pendapat teman Anda?

Jika Anda terlalu banyak bicara tentu membuat pekerjaan Anda banyak terbengkalai. Anda hanya membuang-buang waktu saja tanpa membawa manfaat untuk orang sekitar.

Disamping itu, teman-teman pasti akan menjauhi Anda karena mereka beranggapan Anda hanya bisa membuang waktu mereka dengan obrolan yang tidak penting. Selain itu, Anda juga tidak bisa mendengarkan cerita mereka dengan baik karena Anda hanya ingin mendominasi percakapan.

3 of 4

4. Mengesampingkan Panggilan di Telepon Anda

Ilustrasi Handphone
Ilustrasi handphone (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Ada beberapa panggilan telepon yang mungkin sangat mendesak dan membutuhkan Anda sesegera mungkin. Nah, jika Anda sering menyalakan mode silent di telepon genggam Anda bagaimana Anda bisa tahu saat Ada panggilan telepon?

Meskipun Anda sedang menghadiri rapat kantor, sebaiknya Anda tetap menggunakan getar agar panggilan penting tidak terlewat begitu saja.

Anda bisa membalasnya dengan chat jika memang tidak memungkinkan untuk mengangkat telepon. Beberapa hal ada yang perlu Anda sampaikan melalui verbal agar tidak terjadi salah paham.

5. Sulit untuk Fokus

Jika Anda adalah tipe orang yang sulit untuk fokus pada tujuan, mungkin ini akan menjadi hal yang sangat menantang. Di kantor Anda diharuskan untuk bisa menyelesaikan satu tugas dengan baik dan benar dengan waktu yang sudah ditentukan.

Oleh sebab  itu, Anda harus fokus agar bisa menyelesaikannya sesuai jadwal. Anda haus bisa mengesampingkan semua hal yang tidak penting dan di luar kepentingan kerja. Fokus pada tujuan adalah hal yang sangat di nilai oleh Atasan Anda.

Ini akan mencerminkan dedikasi dan keprofesionalan Anda dalam bekerja. Anda tentu ingin menjadi karyawan yang memiliki dedikasi tinggi dan memiliki posisi yang selalu aman di kantor Anda, bukan?

Jangan hiraukan ajakan teman Anda yang sedang tidak mengerjakan tugas. Mungkin mereka sudah menyelesaikannya jauh sebelum Anda.

4 of 4

6. Terlalu Banyak Main ‘Gadget’

[Bintang] Ilustrasi Main Handphone atau Smartphone
Simak 5 hal terbaik yang akan terjadi kalau kamu berhenti main media sosial. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Saat Anda berhadapan bersama atasan atau sedang menghadiri rapat kantor, usahakan agar Anda tetap fokus pada dua hal tersebut. Jangan pernah Anda terobsesi atau ketergantungan pada gadget.

Ini akan mengurangi tingkat keprofesionalan Anda dalam bekerja. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa Anda sangat kurang dalam hal menghormati orang lain.

7. Terlalu Memaksa Penampilan Diri

Saat Anda bekerja, secara tidak langsung Atasan tentu akan melihat Anda dari segi penampilan. Tentu yang dilihat pertama adalah kerapian, kebersihan, dan keserasian.

Jika Anda sudah mengutamakan tiga hal tersebut, Anda tidak perlu lagi memikirkan hal lainnya. Anda hanya perlu mempertahankan ciri khas Anda sendiri.

Tidak perlulah meniru gaya terbaru yang ada di televisi atau tren terbaru yang ada di berita. Ini hanya akan menghilangkan ciri khas Anda.

Jangan terlalu fokus untuk memikirkan penampilan, karena yang dicari saat Anda bekerja adalah kemampuan dan keahlian Anda. Jadi fokuskan saja pikiran Anda ke arah tersebut.

Mulai saat ini, jangan pernah menyepelekan hal-hal sederhana lagi seperti di atas. Sebab dari hal yang sepele ini bisa memengaruhi posisi bagus yang sudah Anda raih di kantor.

Usaha yang Anda lakukan bisa menjadi sisa-sia karena kesalahan kecil seperti di atas. Jadi, sebisa mungkin hal-hal yang terlihat biasa saja ini namun bisa berakibat fatal dalam karier Anda.

 

Lanjutkan Membaca ↓