7 Tips Ini Bisa Kembalikan Semangat Setelah Libur Panjang

Oleh Fitriana Monica Sari pada 17 Jun 2019, 08:40 WIB
Diperbarui 19 Jun 2019, 03:13 WIB
Wanita Karir

Liputan6.com, Jakarta - Liburan sudah usai! Kini saatnya kembali bekerja dan melakukan rutinitas seperti biasa. Tapi kok rasanya malas ya untuk memulainya kembali?

Bisa jadi Anda terserang post holiday syndrome yang menyebabkan kurang fokus untuk kembali bekerja? Lalu, adakah cara untuk mengembalikan produktivitas setelah libur panjang?

Kembali ngantor bisa jadi ‘drama’ bagi sebagian orang. Mereka masih terbawa aroma liburan dan suasana kampung halaman.

Jadi, bagaimana caranya agar Anda bisa langsung fokus kerja di hari pertama kembali ngantor? Berikut beberapa tips untuk mengembalikan semangat bekerja setelah libur panjang, seperti dikutip dari TunaiKita.

Tips Kembalikan Semangat Setelah Liburan

1. Berpakaian Nyaman

Tahukah Anda bahwa memakai pakaian sesuai modis ke kantor dapat mempengaruhi mood, kepribadian, serta emosi?

Ya, memakai pakaian modis sesuai keinginan dapat membangun semangat dan produktivitas kerja Anda dengan memakai pakaian yang nyaman ke kantor.

Hal yang penting untuk dilakukan yaitu pilihlah gaya pakaian yang sesuai dengan kepribadian Anda. Misalnya Anda bisa memakai t-shirt, jeans, dan long outer untuk pergi ke kantor dengan tampilan casual.

Nah, untuk Anda yang ingin tampilan girly, bisa memakai rok atau dress untuk mendukung tampilan girly. Atau, Anda bisa memakai blazer dan celana panjang untuk tampilan formal.

2. Buat Jadwal Kerja Hari Pertama

Tips kedua yang bisa dilakukan agar lebih semangat bekerja yaitu buatlah jadwal kerja di hari pertama. Bayangkan, jika Anda memiliki kegiatan yang sudah tertata rapi tentu akan membuat Anda lebih bersemangat dalam bekerja.

Buatlah jadwal pekerjaan yang akan diselesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan.

Dengan begitu, secara tidak langsung Anda mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan begitu semangat kerja bisa kembali meningkat. Untuk itu, sangat penting membuat jadwal kerja yang jelas.

Selain lebih bisa memacu Anda untuk lebih bersemangat, ini juga bisa membantu pekerjaan jadi lebih tersusun rapi dan dapat selesai tepat waktu.

2 dari 4 halaman

3. Jangan Lupa Sarapan dan Datang Lebih Awal

[Bintang] Ilustrasi Makanan
Yuk, contek menu sarapan sehat supaya tetap bertenaga saat olahraga pagi. (Sumber Foto: stlawu.edu)

Agar Anda bisa kembali ke kantor dengan suasana hati gembira dan pikiran yang fresh, ada baiknya Anda bangun lebih pagi agar bisa sampai kantor lebih awal.

Selain udara pagi sangat baik untuk tubuh, datang lebih awal tentu akan memudahkan Anda untuk lebih siap bekerja dan mengembalikan konsentrasi. Namun, jika terlambat ke kantor, Anda justru bisa keburu malas bekerja dan tidak produktif.

Meski datang lebih pagi ke kantor, pastikan untuk tidak melupakan sarapan pagi, ya! Selain bisa mengenyangkan perut, sarapan pagi dapat memberikan energi sepanjang pagi selama bekerja.

Jadi, Anda tidak akan terganggu dengan perut keroncongan menunggu makan siang. Imbangi juga dengan mengonsumsi multivitamin, ya.

4. Pikirkan Hal yang Menyenangkan di Tempat Kerja

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan agar kembali semangat bekerja setelah libur panjang, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan selama di tempat kerja.

Bekerja memang bukanlah hal yang menyenangkan layaknya liburan. Namun, jika Anda menyukai pekerjaan itu tentu bukan hal yang sulit untuk kembali bekerja.

Untuk itu, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan agar mengembalikan semangat bekerja setelah libur panjang. Misalnya memikirkan tentang teman-teman kerja yang lucu dan seru.

3 dari 4 halaman

5. Catat Hal-Hal yang Dapat Memotivasi

Ilustrasi mencatat
Catat pengeluaran Anda sehari-hari untuk mendapatkan 5 manfaat ini.

Tips lain untuk mengembalikan produktivitas kerja yaitu catatlah hal-hal apa saja yang sekiranya dapat memotivasi semangat kerja Anda kembali. Misalnya, Anda bisa merencanakan liburan selanjutnya atau berbagai list barang yang ingin dimiliki dalam waktu dekat.

Kalau sudah dicatat, Anda bisa menempelnya di meja kerja atau sisi laptop kerja. Dengan begitu, setiap kali melihatnya, Anda akan merasa terdorong untuk kembali semangat bekerja dengan sendirinya.

6. Jangan Paksa Otak Anda untuk Bekerja

Pada saat hari pertama kembali bekerja pastinya akan sangat banyak e-mail yang masuk, entah itu dari klien, undangan meeting, dan yang lainnya. Itu artinya banyak tugas yang harus dikerjakan.

Ada baiknya Anda jangan langsung membuka semua e-mail yang masuk, bukalah satu atau dua e-mail saja dan jangan paksakan diri untuk bekerja, Anda bisa sesekali beristirahat. Misalnya, dengan membeli kopi atau hanya sekadar cuci muka.

4 dari 4 halaman

7. Olahraga dan Istirahat yang Cukup Sebelum Kembali Bekerja

Tidur Nyenyak Tidur Pulas
Ilustrasi Foto Tidur (iStockphoto)

Tips terakhir yang bisa dilakukan yaitu cobalah mengalihkannya dengan berolahraga ringan sebelum kembali melakukan aktivitas bekerja. Anda bisa jogging di pagi hari atau melakukan workout setelah bekerja.

Ingat ya, bahwa tubuh yang bugar akan dengan mudah mengembalikan produktivitas kerja Anda.

Selain melakukan olahraga ringan, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, ya! Badan yang lelah serta rasa kantuk di pagi hari akibat begadang hanya akan membuat Anda jadi tidak produktif.

Move on dan Kembali Semangat Bekerja

Nah, ayo move on dari liburan panjangan. Siapkan diri Anda untuk semangat dan lebih produktif lagi dalam bekerja. Agar bisa termotivasi untuk liburan berikutnya. Semangat kembali bekerja, ya!

Lanjutkan Membaca ↓