Sukses

Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Cari Tahu Cara Dapatkan Beasiswa di Sini

Berikut beberapa tips agar Anda dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan jalur beasiswa.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, melanjutkan kuliah ke luar negeri adalah impian yang harus dicapai.

Tujuan mereka tidak hanya untuk mendapatkan ilmu dalam pendidikannya, tapi juga karena ingin mendapatkan pengalaman berbeda saat berada di negara orang.

Hal ini didorong dengan beberapa alasan positif, di antaranya memberi pengalaman hidup tersendiri dengan kesempatan mencoba ragam budaya baik dari negara tersebut maupun masyarakatnya.

Menjadi mahasiswa internasional juga membuat jaringan sosial seseorang lebih luas dengan menjalin pertemanan dengan orang dari berbagai negara.

Akan tetapi, berbicara mengenai kuliah ke luar negeri pastinya tidak semudah yang kita bayangkan bukan? Butuh proses dan usaha ekstra untuk bisa mendapatkan kesempatan itu.

Mungkin bagi mereka yang memiliki uang lebih, tak jadi masalah besar untuk bisa bolak-balik setiap hari ke luar negeri. Mereka juga tak kesulitan untuk mendapatkan universitas yang mereka inginkan di luar negeri.

Sebab selain harus memikirkan mengenai tes yang harus dilalui, namun biaya juga menjadi pertanyaan Anda bukan?

Hal ini tentu wajar, karena biaya menjadi salah satu faktor penting yang hampir jadi pertimbangan semua orang.

Namun, mengenai biaya bukan menjadi penghalang besar untuk Anda yang memiliki tekad kuat untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Pasalnya sejumlah institusi memiliki fasilitas beasiswa yang dapat dijadikan sebagai jalan untuk bisa kuliah ke luar negeri.

Nah, berikut beberapa tips agar Anda dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan jalur beasiswa, seperti dikutip dari TunaiKita. Simak tipsnya berikut ini ya!

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

1. Memiliki Keyakinan yang Kuat

Jika memang Anda sangat ingin untuk bisa kuliah di luar negeri, maka tanamkan pada diri  akan mendapatkan kesempatan itu.

Jangan pernah ragu walaupun hanya sedikit. Semua keinginan akan terwujud dengan dukungan motivasi yang tinggi.

Anda harus siap dengan semua yang diputuskan, jangan menyerah lakukan apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa meraih impian tersebut.

Jika Anda sudah menanamkan keyakinan yang kuat dalam diri, maka kemungkinan besar Anda akan melalui tes dengan nyaman dan lebih siap.

2. Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan modal besar saat Anda ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri karena rata-rata di beberapa negara pasti masyarakatnya juga menguasai bahasa tersebut.

Anda bisa memulainya dengan sering menghafal kosakata Bahasa Inggris dengan les dan mengikuti tes TOEFL.

Jangan malas untuk selalu mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Jika perlu, luangkan waktu untuk mengambil paket khusus belajar Bahasa Inggris, dengan begitu Anda akan cepat menguasainya.

3 dari 5 halaman

3. Pilih Negara yang Paling Sedikit Peminatnya

Cara yang satu ini cukup ampuh agar bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Jika Anda ingin sedikit berbeda dari orang-orang pada umumnya, maka kesempatan akan lebih besar untuk meraih beasiswa.

Pastikan Anda tidak hanya mengikuti tren, sehingga ramai-ramai memilih universitas atau negara yang banyak dipilih oleh orang. Sangat jelas Anda harus bersaing dengan ribuan orang dan kecil kemungkinan untuk bisa lolos.

Anda bisa cari tahu informasi di mana saja mengenai negara dengan minat beasiswa sedikit dan jangan lupa untuk mencari tahu mengenai beasiswa-beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut.

4. Buat Motivation Letter

Sudah tahu kan bahwa Motivation Letter merupakan salah satu poin penentu Anda akan diterima atau tidak?

Motivation Letter merupakan salah satu persyaratan yang selalu dibutuhkan dalam aplikasi beasiswa. Intinya Anda harus membuat essay yang menunjukkan bahwa Anda layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Kebiasaan orang membuat essay dengan menggunakan kata-kata seperti, "Saya sangat ingin mempelajari budaya di sana" atau, "Saya tertarik untuk mempelajari bahasanya" hal ini sangat biasa, dan tidak akan ada yang dianggap spesial dari essay yang Anda buat itu.

Cobalah untuk menuliskan beberapa hal menarik, seperti Anda sangat tertarik dengan negara tersebut karena sering menyaksikan beberapa filmnya, Anda memiliki teman yang tinggal di sana, atau pernah memiliki teman SMA yang pernah mengikuti pertukaran pelajar di negara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memang punya keinginan dan dasar yang kuat.

4 dari 5 halaman

5. Lengkapi Persyaratan

Jika sudah memahami aturan yang berlaku dan menentukan universitas mana yang akan dituju, maka selanjutnya Anda harus memenuhi semua persyaratan.

Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan dan siapkan selengkap-lengkapnya, seperti CV, surat referensi dan juga motivation letter adalah hal yang wajib untuk disertakan dalam lamaran ini. Jadi pastikan Anda sudah menyusunnya dengan baik ya.

6. Masukkan Lamaran Lebih Awal

Sebisa mungkin untuk tidak menunda-nunda segala sesuatu yang menjadi tujuan Anda. Sebab kebanyakan orang melamar di waktu-waktu terakhir. Jadi sebaiknya jangan mengikuti kebiasaan buruk ini.

Sebisa mungkin untuk memasukkan lamaran lebih awal. Mengapa hal ini harus dilakukan di awal? Karena setiap lamaran yang Anda masukkan akan diperiksa oleh orang yang diberikan tanggung jawab untuk melakukan itu.

Mayoritas, orang akan teliti memeriksa setiap lamaran yang masuk di awal saja. Namun ketika mendekati deadline, besar kemungkinan mereka tak seteliti di waktu awal. Sehingga beberapa poin plus Anda bisa saja luput dari penglihatan mereka.

Nah, jadi usahakan untuk sesegera mungkin mengirimkan lamaran ya! Jangan pernah menunda-nunda kesempatan besar ini.

5 dari 5 halaman

7. Pilih Universitas Tujuan

Anda harus tahu universitas mana yang akan dituju. Anda harus benar-benar menimbang pilihan itu dan jangan sampai Anda salah ambil jurusan, karena itu akan sia-sia dan membuang-buang waktu.

Jika Anda sudah menentukan universitas dan jurusan mana yang akan dipilih, maka Anda tinggal mencari tahu mengenai proses untuk mendapatkan beasiswa di universitas tersebut.

Anda juga bisa mencari tahu budaya negara yang akan dituju. Kumpulkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai apapun, terutama proses untuk bisa mendaftar di sana.

8. Persiapkan Tes

Jika Anda sudah memilih universitas dan sudah melengkapi semua persyaratannya, maka selanjutnya yang harus dipersiapkan diri untuk mengikuti tes.

Hal ini sudah harus Anda  persiapkan sejak awal. Karena akan sia-sia jika sudah menyiapkan segala hal, namun Anda belum siap untuk mengikuti tesnya.

Tidak perlu takut dan gugup ketika menghadapi wawancara. Sebab saat panik Anda bisa saja menjawab pertanyaan secara ngelantur yang akhirnya membuat Anda tidak lolos dalam tes tersebut.

Anda juga perlu melakukan beberapa latihan untuk mengerjakan beberapa soal pertanyaan untuk tes.

Niat yang Kuat dan Jangan Menyerah

Nah, jangan pernah menyerah untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri tidak ada yang tidak mungkin selama Anda mempunyai niat yang kuat dan pantang menyerah. Teruslah belajar yang giat untuk modal di masa depan nanti. Semangat terus ya!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.