Berhenti Merokok demi Kesehatan dan Keuangan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 18 Jun 2019, 08:00 WIB
Berhenti Merokok

Liputan6.com, Jakarta - Rokok merupakan salah satu benda jahat yang banyak digemari masyarakat dan sangat berbahaya bagi kesehatan, tapi rokok dijual bebas dan bisa didapatkan dengan mudah di mana saja.

Selain itu, merokok juga telah terbukti menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, serta penyakit lainnya. Yakin masih mau merokok? Stop sekarang juga, ya!

Berhenti merokok memang tidak semudah yang dikatakan, ini tentu menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan.

Walaupun sudah banyak peringatan akan bahaya merokok, nyatanya masih banyak jumlah perokok di Indonesia dan terus mengalami peningkatan.

Bahkan, jumlah perokok usia muda pun semakin bertambah, hal ini dibuktikan dari data terakhir Riset Kesehatan Dasar 2013 yang dikutip dari hellosehat, perokok aktif mulai dari usia 10 tahun ke atas berjumlah 58.750.592 orang.

Karena sifatnya yang membuat candu, tak heran sangat sulit untuk berhenti merokok walaupun segala cara telah dilakukan.

Nah, untuk itu berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin berhenti merokok dengan mengkonsumsi 7 makanan berikut ini, seperti dikutip dari TunaiKita.

2 of 7

Hari Tanpa Rokok, Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Kurangi Kecanduan Rokok

[Fimela] Susu Oat
Ilustrasi Susu Oat | unsplash.com

Berhenti merokok memang tidak mudah, karena terdapat kandungan nikotin yang memberikan efek candu dan senyawa lainnya yang dapat membahayakan tubuh.

Nah, dengan mengkonsumsi 7 makanan berikut ini bisa mengurangi kecanduan Anda terhadap rokok, lo! Berikut ulasannya.

1. Oat

Oat ternyata menjadi salah satu makanan yang sukses bagi para perokok untuk berhenti merokok, lo! Tidak hanya untuk diet saja, namun menurut salah satu penelitian di Jepang membuktikan bahwa perokok akan mengurangi konsumsinya sebanyak 50 persen.

Nah, agar hasilnya lebih optimal, Anda bisa meracik oat yang dicampur dengan dua mangkuk air rebus dan diamkan selama semalam. Kemudian Anda bisa memakannya setelah beberapa jam setelah makan.

2. Permen Karet

Anda bisa membuat mulut tetap sibuk dengan mengkonsumsi permen karet. Nah, agar tetap sehat Anda bisa pilih permen karet yang bebas gula.

Akan lebih baik lagi jika Anda juga bisa mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan sebagainya. Karena banyak orang yang sangat gemar mengkonsumsi minuman tersebut bersamaan dengan rokok.

3. Air Mineral

Air mineral merupakan air yang paling sehat untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi air mineral bisa mengurangi rasa candu terhadap rokok. Selain itu, air mineral bisa menjadi salah satu minuman yang menenangkan, menyembuhkan, dan mendetoksifikasi.

Anda bisa mulai dengan membawa satu botol air mineral kemanapun Anda pergi, khususnya saat ke tempat-tempat bebas rokok.

3 of 7

4. Susu

Air Susu Putih
Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)

Yang dapat mengurangi kecanduan terhadap rokok yaitu susu. Studi yang dilakukan Dukes University, susu bisa membuat seseorang tidak bisa menikmati rokok dengan baik. Kebanyakan dari mereka mengeluh rasanya menjadi pahit. Hal ini juga berlaku pada produk sejenisnya seperti keju dan yogurt.

5. Jeruk 

Sama halnya dengan oat, Anda juga harus rutin mengkonsumsi jeruk untuk mendapatkan hasil optimal.

Salah satu penelitian di Inggris membuktikkan hal ini bisa cukup efektif. Nyatanya, setelah 21 hari sebanyak 79 persen dari mereka sukses mengurangi rokok dan sisanya benar-benar berhenti merokok.

Dikonsumsi dengan cara dijus atau langsung, jeruk dipercaya dapat mengalihkan keinginan untuk merokok.

4 of 7

6. Makanan yang Mengandung Alkaline

Brokoli
Ilustrasi Foto Brokoli (iStockphoto)

Contoh makanan yang tinggi alkaline antara lain seperti bayam, alpukat, mentimun, paprika, dan brokoli.

Menurut spesialis pulmonary, David Daughtan dari Universitas Nebraska Medical, makanan tersebut dapat menahan nikotin agar tetap berskiluasi dalam darah. Hal tersebut bisa membuat seseorang mempertahankan tingkat kecanduannya. Maka dari itu, Anda akan terhindar menjadi perokok aktif lagi.

7. Wortel

Mengkonsumsi wortel dalam bentuk jus akan memberikan efek samping seperti susu. Rokok akan terasa mengerikan dan tidak senikmat biasanya. Selain itu, banyak mengkonsumsi wortel juga bisa membuat jantung tetap sehat.

5 of 7

Tips lain untuk berhenti merokok

Berhenti Merokok
Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Selain mengkonsumsi beberapa makanan di atas, kami juga mempunyai beberapa tips untuk cara berhenti merokok secara bertahap. Penasaran? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Tentukan berapa lama Anda akan melakukan metode bertahap ini, dan berkomitmenlah dengan keputusan Anda.

Misalnya ingin secara bertahap berhenti dalam 3 minggu, maka tandai kalender dan jangan sampai di tanggal di mana Anda seharusnya telah berhenti, namun nyatanya masih menyentuh rokok.

2. Mulailah di hari yang tidak terlalu sibuk, tidak berpotensi stres, atau ketika libur. Jika Anda mulai secara bertahap untuk berhenti merokok di hari Senin yang penuh tumpukan deadline, Anda pasti akan tergoda lagi untuk merokok.

3. Tentukan secara spesifik berapa banyak rokok yang dikurangi. Penentuan ini cukup sederhana. Misalnya satu batang rokok dalam satu hari, atau satu batang dua hari.

Jumlah rokok tentu harus berkurang dari waktu ke waktu, di mana di akhir deadline berhenti merokok, Anda harus benar-benar berhenti. Contoh, minggu pertama 7 batang seminggu, minggu kedua 3 batang, minggu ketiga 1 batang, minggu berikutnya berhenti total.

6 of 7

Selanjutnya

Berhenti Merokok
Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

4. Kombinasikan cara berhenti merokok bertahap ini dengan konseling ke psikiater profesional, atau ke teman dekat yang kontra dengan kebiasaan Anda merokok. Hal ini akan memberi dorongan lebih pada Anda untuk makin semangat berhenti.

5. Tak bisa dipungkiri, untuk menempuh cara berhenti merokok yang alami dan juga cepat, hanya satu kuncinya, yakni motivasi.

Motivasi berhenti merokok harus ada jauh sebelum Anda benar-benar berhenti. Pasalnya alasan inilah yang nanti akan mencegah Anda untuk kembali mengkonsumsi rokok.

Tentu alasan untuk berhenti merokok sangatlah banyak, terutama soal kesehatan. Namun yang harus lebih dipikirkan adalah soal bagaimana kesehatan orang-orang disekeliling dan Anda cintai, yang tentunya terpapar efek buruk rokok secara pasif.

Tentunya Anda tidak ingin membahayakan mereka bukan? Untuk itu, yuk berhenti merokok dari sekarang!

Stop Merokok, Mulai Hidup Sehat

Motivasi diri Anda bahwa rokok adalah benda yang dapat merugikan kesehatan. Dengan tidak merokok, Anda sedang membuat tubuh menjadi lebih sehat, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko serangan jantung, stroke, kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Daripada membeli rokok, lebih baik gunakan dana tersebut dialihkan untuk hal yang lebih penting, misalnya membeli barang-barang yang dibutuhkan atau bahkan untuk investasi yang dapat menguntungkan dan berguna untuk hari tua.

 

7 of 7

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by