10 Pernikahan Termahal di Dunia, Habiskan Uang hingga Rp 784 Miliar!

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 15 Jun 2019, 07:00 WIB
Pernikahan Termahal di Dunia

Liputan6.com, New York - Pernikahan menjadi momen terpenting bagi semua orang. Hingga tidak heran, banyak orang yang berusaha dengan begitu keras untuk memiliki pernikahan yang mewah dan berkelas.

Tentunya ini akan mengeluarkan begitu banyak uang mulai dari ratusan juta bahkan hingga miliaran rupiah. Seperti yang dilakukan oleh aktor Tom Cruise. Saat menikahi Katie Holmes, Ia rela menghabiskan uang hingga USD 3 juta atau Rp 42,6 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.225).

Bukan hanya pernikahan Tom Cruise, masih banyak lagi pernikahan lainnya yang menelan biaya yang begitu fantastis.

Berikut merupakan daftar 10 pernikahan termahal di dunia seperti dilansir dari laman The Richest:

10. Tom Cruise & Katie Holmes - USD 3 juta atau Rp 42,6 miliar

Mengeluarkan uang hingga puluhan miliar tentunya tidak menjadi hal yang berarti bagi dua aktor kaya ini. Pernikahan dengan mengangkat tema kerajaan italia ini diselenggarakan pada 2006. Katie Holmes menggunakan gaun mewah yang dihiasi dengan Swarvoski.

 

2 of 6

9. Salma Hayek & Francois Henri Pinault - USD 3,5 juta atau Rp 49,7 miliar

Salma Hayek di Piala Oscar 2018
Salma Hayek dan suami, Francois-Henri Pinault menghadiri karpet merah Piala Oscar 2018 di Los Angeles, Minggu (4/3). Tambahan aksesori seperti clutch silver dan anting chandeliernya pun membuat tampilan Salma cukup stunning. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Menikah pada hari Valentine 2009, hubungan pasangan ini masih begitu harmonis meskipun sudah mengarungi rumah tangga selama 10 tahun. Mereka menikah di teater megah La Fenice di Vanesia. Salma pun mengenakan gaun Balenciaga yang begitu indah dengan diiringi putri kecilnya yang baru berusia 19 bulan.

8. George Clooney & Amal Alamudding - USD 4,6 juta atau Rp 65,4 miliar

Pernikahan ini diadakan di Italia pada 2014. Meskipun gaun yang dikenakan Amal yang dirancang oleh Oscar de la Renta tidak begitu mahal, namun yang membuat pernikahan ini mahal karena mereka menyediakan kamar bagi para tamunya.

Di antaranya seperti, John Krasinski, Matt Damon, dan Cindy Crawford. Kamar yang disediakannya pun berasal dari hotel bintang lima yang hanya bisa dijangkau dengan kapal. Tentunya hal ini lah yang membuat biaya pernikahan George dan Amal begitu fantastis.

 

3 of 6

7. Chelsea Clinton & Marc Mezvinsky - USD 5 juta atau Rp 71,1 miliar

[Bintang] Chelsea Clinton
Chelsea Clinton (Bintang/EPA)

Putri mantan Presiden AS Bill Clinton yang menikah dengan putra mantan Perwakilan AS ini menikah dengan konsep yang begitu khidmat, karena hanya dihadiri oleh kerabat dekat saja dan tidak mengundang selebritis ternama. Gaun pengantin yang dikenakan Chelsea merupakan rancangan Vera Wang begitu memukau. Sehingga membuat 400 tamu undangan yang hadir berdecak kagum.

6. Justin Timberlake & Jessica Biel - USD 6,5 juta atau Rp 92,4 miliar

Meskipun hanya dihadiri oleh 150 tamu undangan, namun pernikahan ini menelan biaya yang begitu fantastis. Mengapa? karena mereka menggunakan penjagaan yang begitu ketat, pertunjukkan kembang api yang menawan, hingga gaun bernuansa merah muda rancangan Giambattista Valli yang Jessica gunakan.

 

4 of 6

5. Wayne Rooney & Coleen McLoughlin - USD 8 juta atau Rp 113,8 miliar

20151110-Wayne Rooney Tampar Pegulat WWE Hingga KO di Manchester Arena
Penyerang Manchester United saat melakukan selebrasi tinju pada pertandinga Liga Inggris. Dikabarkan Aksi tampar Wayney Rooney kepada Briton Wade Barrett semata untuk menaikkan rating WWE sendiri. (Dailymail)

Meskipun digelar begitu tertutup dari hadapan media dan hanya dihadiri oleh 65 tamu termasuk keluarga dan kerabat dekat saja, namun Coleen pada saat itu menggunakan tiga gaun mewah rancangan Marchesa dalam satu hari. Tidak hanya itu saja, para tamu undangan juga diberikan souvenir yang begitu mewah maka tidak heran jika pernikahan ini begitu mahal.

4. Michael Jordan & Yvette Prieto - USD 10 juta atau Rp 142,5 miliar

Pernikahan yang dihadiri oleh para pemain NBA ini diselenggarakan di gereja terdekat rumah Jordan. Tidak hanya itu saja, pernikahan ini juga dihadiri oleh Robin Thicke dan Usher. Yvette menggunakan gaun straples rancangan J'Aton Couture dan dibaluti oleh berlian Swarovski.

 

5 of 6

3. Kim Kardashian & Kris Humphries - USD 10 juta atau Rp 142,5 miliar

Kim Kardashian
Kim Kardashian (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Pernikahan kedua Kim Kardashian yang menelan biaya hingga Rp 142,5 miliar ini menggunakan tema hitam-putih. Para tamu yang hadir pun orang-orang yang terkenal seperti Robin Thicke, Demi Lovato dan Ryan Seacrest. Namun sayangnya pernikahan mewah ini hanya bertahan 72 hari saja.

2. Pangeran William & Kate Middleton - USD 34 juta atau Rp 484,6 miliar

Pernikahan yang diselenggarakan di Westminster Abbey ini dihadiri hampir 2.000 tamu undangan diantaranya seperti Sir Elton John dan Guy Rotchie. Kate juga tampil dengan gaun rancangan Alexander McQueen senilai USD 434 ribu atau Rp 6,1 miliar dan bunga senilai USD 800 ribu atau Rp 11,4 miliar.

 

6 of 6

1. Pangeran Harry & Meghan Markle - USD 55 juta atau Rp 784 miliar

[Fimela] Pangeran Harry dan Meghan Markle
(FOTO: AFP)

Sedikit lebih mahal dari sang kakak, anggaran terbesar pernikahan pangeran Harry ini digunakan untuk menjaga keluarga kerajaan, tamu VIP, selebriti dan keamanan publik.

Gaun pengantin yang dipakai oleh Meghan Markle ternyata merupakan gaun rancangan Givenchy seharga Rp 6,1 miliar. Meskipun pernikahan Pangeran Harry dan Meghan mungkin terlalu mahal, tetapi pernikahan ini meningkatkan ekonomi Inggris sebesar USD 600 juta.

Lanjutkan Membaca ↓