Sukses

Pengunjung Ancol Naik 15 Persen Saat Libur Lebaran 2019

PT Taman Impian Jaya Ancol mencatat, ada sekitar 478 ribu pengunjung yang mendatangi kawasan wisata seperti pantai di Ancol selama libur Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PT Taman Impian Jaya Ancol mencatat, ada sekitar 478 ribu pengunjung yang mendatangi kawasan wisata seperti pantai di Ancol selama libur Lebaran pada 4-8 Juni 2019.

Jumlah pengunjung selama lima hari tersebut meningkat 15 persen dibandingkan libur Lebaran pada periode sama tahun lalu.

Departement Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari menyampaikan, peningkatan tersebut menandakan  banyak masyarakat masih menyukai destinasi wisata luar ruangan atau outdoor, khususnya pantai dalam menghabiskan waktu berliburnya.

"Tingginya jumlah pengunjung yang mendatangi kawasan wisata Ancol pada pekan libur Lebaran mengindikasikan bahwa tempat wisata luar ruang masih menjadi tujuan favorit liburan keluarga," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019).

Menurut Rika, rekreasi atau berwisata merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani setelah rutin melakukan aktivitas pekerjaan.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memilih berlibur di alam terbuka seperti pantai dibanding mendekam di dalam ruangan.

"Pantai merupakan salah satu tujuan favorit wisata bagi masyarakat karena pantai dipercaya memiliki efek menenangkan dan menyenangkan," ujar Rika.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Pengunjung Ancol

Sebelumnya, libur Lebaran tentunya tempat wisata menjadi tujuan favorit para pengunjung salah satunya kawasan pantai Ancol.

PT Taman Impian Jaya Ancol melaporkan selama libur lebaran mulari dari 4-8 Juni 2019, jumlah pengunjung mencapai 478.140 orang. Angka ini meningkat 15 persen dibandingkan saat musim Lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 415.937 orang.

Memasuki akhir pekan libur lebaran, animo masyarakat untuk berlibur di Pantai Ancol kian meningkat. Sejak H-1 hingga H+3 Lebaran kemarin, jumlah pengunjung semakin meningkat. Bahkan pada hari ini, jumlah pengunjung pada hari ini mencapai 94.574 orang.

Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan sebagian besar jumlah pengunjung memilih untuk mengunjungi kawasan pantai.

"70 persen dari jumlah pengunjung memilih kawasan pantai, setelah itu Dufan, Atlantis, Sea World," jelas Rika.

Rika juga menambahkan wisata pantai dipilih karena harga tiket masuknya yang terjangkau yaitu sebesar Rp 25 ribu per orang. Harga ini sama seperti hari-hari sebelum libur lebaran.

Selain itu, tingginya antusias pengunjung diperkirakan juga karena banyak wahana baru yang ada. Salah satunya seperti yang ada di kawasan Dufan.

Terdapat tujuh wahana baru yang terletak di kawasan Dunia Kartun juga dapat dinikmati dan jadi pelengkap rekreasi di unit rekreasi yang dikenal dengan wahana-wahana ekstrim yang memacu adrenalin.

Dengan hadirnya kawasan dan wahana baru tersebut, jumlah wisatawan yang memasuki kawasan Dunia Fantasi meningkat hingga 11 persen dibandingkan tahun lalu.

 

3 dari 3 halaman

Wahana Baru Lainnya

Selain Dufan, Atlantis juga memiliki wahana seluncur baru. Dalam kawasan dengan luas area 1.000 m2, terdapat delapan seluncur dan permainan air yang terintegrasi. Pihak Atlantis pun mengklaim, ini merupakan wahana permainan air terbesar dan terlengkap di Indonesia. Hadirnya wahana baru ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Atlantis hingga 22 persen dibandingkan libur lebaran tahun lalu.

Tidak hanya itu saja, kali ini Ancol dengan mengangkat tema "Pantai Ancol Orchestra, Lebaran For All" telah memberikan kesan meriah dan menghibur pengunjung.

Selama 3 hari berturut-turut selama pekan libur lebaran Pantai Ancol menjadi lebih meriah berkat sajian musik orkestra dan penampilan artis-artis ternama. Diantaranya seperti, Anji, Yovi dan Nuno serta Once. Terlebih sebelum penampilan musik orkestra dilakukan pertunjukan video mapping yang spektakuler dengan media panggung terapung (floating stage) di kawasan Pantai Lagoon.

Tidak ketinggalan ada juga internasional live show Robocar Poli yang selalu ditunggu penampilannya oleh anak-anak di Plaza Pantai Lagoon.

Penambahan jumlah pengunjung Ancol salah satunya juga disebabkan oleh adanya promo paket pembelian tiket bundling di kawasan wisata oseanarium Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol yang mampu mendongkrak 16 persen pengunjung yang liburan ke kawasan tersebut.

Selain adanya paket promo juga ada wahana baru dengan hadirnya biota Penguin dan cinema 5 dimensi (5D) serta tambahan wahana Karausel yang melengkapi destinasi wisata tersebut.

Atraksi unik seperti pemberian makan ikan piranha yang dihadirkan di Sea World Ancol juga mampu meningkatkan minat kunjungan sebesar 9 persen.

Ternyata sajian hiburan tidak berhenti setelah libur Lebaran saja, untuk mengisi liburan sekolah dan meriahkan HUT Jakarta yang jatuh di bulan Juni ini, setiap akhir pekan ada hiburan musik yang menampilkan artis seperti Via Vallen, Steven and Coconutreezz, Wali, Ungu.

Sedangkan pada puncaknya yaitu 22 Juni 2019, Ancol akan menampilkan musisi legendaris Iwan Fals. Acara-acara ini digelar di Pantai Lagoon dan Pantai Carnaval Ancol Taman Impian.

"Alhamdulillah sejumlah wahana dan acara-acara yang telah kami persiapkan menyambut libur lebaran tahun ini menarik minat pengunjung untuk berwisata di kawasan Ancol, dan kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat untuk menikmati libur lebaran di Ancol Taman Impian" tutur Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.