Sukses

Wajib Tahu! 5 Tips Pemasaran untuk Pengusaha Baru

Berikut lima tips pemasaran untuk pengusaha yang baru merintis bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha adalah seseorang yang mengubah ide menjadi bisnis dan kemudian memasarkannya sesuai dengan persyaratan industri.

Setiap startup perlu memasarkan produk atau layanan mereka dengan cara yang sangat strategis. Itulah mengapa para wirausahawan perlu tahu bagaimana memasarkan produk, layanan, dan bahkan merek pribadi.

Jika Anda tidak tahu cara memasarkan barang Anda sendiri, maka siapa lagi yang akan tahu. Wirausahawan bertanggung jawab atas perusahaan, karyawan, dan klien. Pemasaran adalah satu-satunya cara efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan merek Anda di pasar saat ini.

Dikutip dari Laruno.id, berikut lima tips pemasaran untuk pengusaha tahap dini:

1. Merek Pribadi adalah wajah Anda

Ketika Anda mempromosikan bisnis, Anda mempromosikan ide untuk penjualan. Tetapi ketika Anda mempromosikan diri Anda sebagai merek, Anda mempromosikan ikatan antara Anda dan audiens yang Anda targetkan. Bukan berarti mempromosikan bisnis Anda tidak penting tetapi mempromosikan merek pribadi sama pentingnya.

2. Bercerita harus menjadi bagian dari Strategi Pemasaran Anda

Bercerita adalah cara tertua, namun efektif untuk menjangkau hati audiens Anda. Ketika Anda memberi tahu audiens bisnis atau pribadi Anda, mereka mulai menghubungkan diri dengan Anda.

Kisah-kisah yang Anda sampaikan harus nyata dan berdasarkan pengalaman Anda sendiri, karena semakin banyak orang berhubungan dengan Anda, semakin mereka memercayai Anda. Sebagian besar orang terhubung dengan Anda ketika Anda menceritakan kisah Anda sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memilih Platform Media Sosial yang Tepat

Media Sosial telah menjadi taktik pemasaran yang sering digunakan para pengusaha. Semua orang menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dengan cara langsung atau tidak langsung. Apa pun bisnis yang Anda miliki atau layanan apa pun yang Anda berikan, Anda harus memilih platform media sosial.

Seorang pengusaha harus tahu platform media sosial mana yang cocok untuk memasarkan startup produk atau layanan yang diberikan.

Media Sosial harus digunakan sebagai cara untuk menghubungkan ke orang yang berbeda, berbicara dengan audiens dan memasarkan layanan.

4. Memanfaatkan Pemasaran Konten

Selama bertahun-tahun, merek dan individu menggunakan Pemasaran Konten untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Bahkan setelah munculnya pemasaran video dalam beberapa tahun terakhir, pemasaran konten masih tidak menunjukkan tanda-tanda kemunduran, tetapi justru mempertahankan posisi dalam hal praktik pemasaran terbaik.

3 dari 3 halaman

5. Pikirkan sebelum Anda Menghabiskan

Anda harus tahu apa yang penting untuk startup Anda dan bagaimana cara melakukannya dengan benar. Entah itu tentang merekrut anggota tim atau melakukan pemasaran, seorang pengusaha harus tahu bagaimana cara menanganinya.

Jangan menghabiskan uang untuk pemasaran berbayar secara online atau berkonsultasi kepada pakar pemasaran digital. Yang terbaik adalah cari tahu sendiri dan mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan merek Anda.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.