3 Trik Mengevaluasi Anggaran yang Patut Anda Coba

Oleh Fitriana Monica Sari pada 14 Jun 2019, 09:00 WIB
Mungkin, Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Bisa Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta Kunci untuk membuat anggaran Anda adalah untuk mengevaluasinya dan menyesuaikan seperlunya. Mengevaluasi anggaran Anda adalah langkah kunci untuk memastikan anggaran memenuhi tujuan keuangan Anda saat ini.

Kebutuhan dan sasaran Anda akan berubah seiring waktu, dan karenanya Anda harus mengevaluasi anggaran Anda secara berkala.

Idealnya, Anda harus meninjau anggaran Anda setiap bulan dan menyesuaikan setiap kategori yang secara konsisten lebih rendah atau lebih tinggi dari yang Anda anggarkan, tetapi setidaknya setiap tahun Anda harus menilai total anggaran dan tujuan keuangan Anda.

Mengutip laman Laruno.id, berikut tiga cara mengevaluasi anggaran Anda:

1. Daftar Tujuan Keuangan Anda Saat Ini

Tanyakan pada diri Anda apa tujuan keuangan Anda saat ini, ini memang berubah seiring waktu. Misalnya, Anda mungkin berfokus untuk keluar dari utang, dan begitu Anda mencapai tujuan itu, Anda mungkin memiliki banyak uang untuk disimpan kembali.

Jika Anda menikah, gambaran keuangan Anda akan berubah secara drastis. Memiliki anak juga akan berubah secara dramatis. Pilih setidaknya tiga tujuan spesifik untuk diusahakan. Anda harus menabung sekitar lima belas persen dari penghasilan Anda untuk masa pensiun.

2 of 3

2. Pastikan Anggaran Membantu Anda Mencapai Tujuan

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Anda harus mengevaluasi anggaran Anda saat ini untuk melihat apakah itu membantu Anda mencapai tujuan keuangan tersebut.

Ini mungkin cukup mudah, jika sesuatu berubah, maka Anda perlu mengubah anggaran Anda juga. Penting untuk menjadikan menabung sebagai prioritas utama, meskipun pengeluaran Anda meningkat dalam berbagai kategori.

3 of 3

3. Periksa Anggaran Anda Setiap Bulan

20170624-Tips kelola pengeluaran saat lebaran
Banyaknya kebutuhan dan pengeluaran tak terduga seringkali membuat uang THR habis seketika tak bersisa. Padahal apabila dikelola dengan bijak ada banyak kebutuhan primer yang bisa dibereskan dengan uang THR. (Image: Getty Images)

Terakhir, nilai lagi anggaran baru Anda di akhir bulan. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa itu berfungsi dengan baik untuk Anda dan bahwa perubahannya benar-benar berfungsi.

Anda mungkin perlu mengubah beberapa kategori. Mengevaluasi anggaran Anda secara teratur adalah kunci keberhasilan dalam penganggaran.

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah situasi dan mengendalikan keuangan Anda, karena penghasilan dan pengeluaran Anda dapat berubah dari bulan ke bulan, Anda harus terus-menerus menyesuaikan dan membuat perubahan.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Lanjutkan Membaca ↓