Sukses

Harapan Menteri Rini Usai Lebaran, BUMN Jauh dari Korupsi

Menteri Rini juga mengapresiasi pelayanan BUMN dalam arus mudik dan arus balik pada libur Lebaran 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengadakan Halal Bihalal dengan seluruh pegawai Kementerian BUMN dan para Direksi dan Komisaris BUMN pada Senin ini. Banyak harapan yang disampaikan Rini Soemarno usai melewati Lebaran kali ini. Salah satunya ia ingin BUMN bebas dari korupsi.

"Insya Allah, di tahun ini BUMN cukup baik dan kita bisa menjaga kita jauh dari korupsi dan dapat melakukan tugas kita dengan baik," kata Rini di kantornya, Senin (10/6/2019).

Tak lupa, Rini juga mengapresiasi pelayanan BUMN dalam arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2019. Tak hanya pelayanan jalur darat seperti jalan tol, sektor udara dan laut dinilai Rini pelayanan setiap tahun mengalami peningkatan.

Hal yang paling diapresiasi Rini adalah pelayanan angkutan laut, dalam hal ini ada PT Pelni dan ASDP Indonesia Ferry. Pada mudik tahun ini, jumlah pemudik menggunakan kapal laut meningkat signifikan.

"Pelayanan BUMN di Idul Fitri sangat baik, yang sangat melonjak adalah kapal laut. Pemakai kapal laut cukup banyak, dan kami juga senang di mana banyak masyarakat yang menggunakan ferry untuk ke Sumatera. Alhamdulillah cukup baik," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri Rini Optimistis Laba BUMN di 2019 Bisa Sentuh Rp 220 Triliun

Sebelumnya, Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengaku optimistis BUMN mampu mencatatkan laba bersih di atas Rp 220 triliun pada tahun ini. Angka tersebut dipatok lebih tinggi dari laba yag dicatatan BUMN pada 2018 yag tercatat Rp 200 triliun.

"Tahun lalu laba BUMN Rp 200 triliun. Tahun ini Insya Allah bisa di atas Rp 220 triliun," katanya saat ditemui di GBK, Jakarta, pada Kamis 30 Mei 2019. 

Rini mengatakan, tahun ini menjadi tahun yang cukup baik bagi BUMN karena tidak terlepas dari kerja keras para direksi pada tahun lalu. "Alhamdulillah semua keuntungannya sangat besar sehingga lebih semangat untuk memberi di tahun ini," katanya.

Dia menambahkan keberhasilan BUMNini pun tidak lepas dari dorongan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehingga BUMN bisa terus berbagi dengan masyarakat. "Ini tentunya tidak terlepas dari dorongan dan semangat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," pungkasnya.

Dikutip dari laporan kinerja BUMN sepanjang 2018, untuk aset, laba, ekuitas, belanja modal hingga kontribusi kepada APBN dalam bentuk pajak, PNBP, dan dividen naik signifikan.

Hingga 31 Desember 2018, total aset BUMN menembus angka Rp 8.092 triliun. Aset BUMN naik Rp 882 triliun dari capaian 2017 sebesar Rp 7.210 triliun. Total laba BUMN tumbuh menjadi Rp 188 triliun dari laba 2017 sebesar Rp 186 triliun.

Besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan infrastruktur pun terlihat dari belanja BUMN yang meningkat sepanjang 2018 mencapai Rp 487 triliun. Angka itu naik signifikan dibandingkan 2017 sebesar Rp 315 triliun. Belanja modal (capital expenditure/capex) 2018 itu didominasi oleh sektor infrastruktur.

Kontribusi BUMN terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melonjak menjadi Rp 422 triliun, naik Rp 68 triliun dari setoran 2017 sebesar Rp 354 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.