Sukses

Harga Cabai Merah Keriting Turun, Tomat Naik Usai Lebaran

Sementara itu, harga bawang merah, dan bawang putih terpantau stabil.

Liputan6.com, Jakarta Sempat meroket, namun saat ini harga cabai merah keriting terpantau mulai turun di Pasar Pondok Gede, Bekasi.

Hal ini diungkapkan Ali (33), pedagang sayurdi pasar tersebut. “Kemarin pas Lebaran sampai Rp 120 ribu, hari ini baru turun lagi,” jelasnya kepada Liputan6.com, Senin (10/6/2019).

Saat ini harga cabai merah keriting di pasar Pondok Gede berkisar Rp 48 ribu per kilogram (kg) yang sebelumnya mencapai Rp 120 ribu per kg. Tingginya harga cabai ini karena kosongnya ketersediaan barang selama lebaran.

Namun hal ini berbeda dengan harga tomat. Menurut Johan (25), pedagang lain, harga tomat masih terbilang tinggi. Saat ini harga tomat terpantau berkisar Rp 17 ribu per kg. "Sudah dari menjelang Lebaran sampai sekarang belum turun, masih stabil disitu" ujar Johan. 

Sementara itu, harga bawang merah, dan bawang putih terpantau stabil. Saat ini harga bawang merah berkisar Rp 44 ribu per kg, sedangkan harga bawang putih Rp 48 ribu per kg.

Meskipun sempat naik saat H-1 Lebaran, namun harga sayuran lainnya terpantau sudah turun dan stabil semenjak H+1 Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Meroket, Harga Cabai Merah Keriting Mulai Turun

Sempat menginjak harga Rp 100 ribu per kilogram (kg), saat ini harga cabai merah keriting terpantau sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan di Pasar Kecapi, Bekasi.

Salah satu pedagang sayur Sugeng (45) mengatakan, saat ini harga cabai merah keriting yang dijualnya berkisar Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu per kg yang sebelumnya mencapai lebih dari Rp 100 ribu per kg.

"Kemarin pas lebaran sampai Rp 100 ribu lebih soalnya enggak ada barangnya," ujar Sugeng pada Liputan6.com, Minggu (9/6/2019).

Pedagang sayur lainnya, Alex (56) tahun mengaku menjual cabai keriting Rp 60 hingga Rp 65 ribu per kg dari harga normalnya Rp 35 ribu per kg.

Hal ini berbeda dengan bawang merah. Saat ini harga bawang merah dan tomat masih tinggi. Menurut pengakuan pedagang sayuran Alex, saat ini harga bawang merah berkisar Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per kg. Sementara, harga tomat Rp 20 hingga Rp 22 ribu per kg.

"Sudah semenjak lebaran, sebelumnya mah Rp 30 ribu samapai Rp 35 ribu per kg," jelas Alex.

Sementara itu harga bawang putih terpantau masih stabil Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini