Arus Balik, Pertamina Siagakan 1.200 Layanan BBM di Jalur Trans Jawa dan Sumatera

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 09 Jun 2019, 19:10 WIB
Diperbarui 09 Jun 2019, 20:17 WIB
Pertamina Beri Diskon Khusus Pemudik

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada hari ini, PT Pertamina (Persero) menyiagkan 1.200 lebih layanan BBM di sepanjang Jalur Trans Jawa dan Sumatera.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan ribuan jenis layanan BBM yang disiapkan Pertamina sebagai antisipasi puncak arus balik, agar pemudik merasa aman dan nyaman selama di perjalanan.

“Satgas RAFI Pertamina dalam kondisi siaga penuh menghadapi puncak arus balik Lebaran 2019, seiring dengan berakhirnya masa cuti bersama pada akhir pekan ini. Seluruh layanan ditujukan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pemudik yang akan kembali ke ibukota,” ujar Fajriyah.

Menurut Fajriyah, ribuan layanan BBM tersebut terbagi menjadi lima jenis layanan, yakni SPBU sebanyak 824 unit, Mobil Dispenser 26 unit, Kiosk Pertamax 71 unit, Motor Kemasan 200 unit, Kantong BBM 115 unit dan Pertamia Siaga 15 unit.

“Layanan terbesar adalah SPBU yang kita buka 24 jam untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik. Sebanyak 257 SPBU disiagakan di Jalur Pantura, 44 SPBU di Tol Jawa, 519 SPBU di Jalur Selatan Jawa dan 4 SPBU di Tol Sumatera,” imbuh Fajriyah.

Selain layanan SPBU yang buka 24 jam, Pertamina juga menyiagakan ratusan layanan khusus selama arus balik Idul Fitri 1440 H. Seluruh layanan khusus ini untuk membantu kelancaran perjalanan mudik ke kampung halaman hingga kembali ke ibukota. Layanan khusus juga disiagakan Pertamina pada momen nasional lainnya seperti Natal dan Tahun Baru.

Fajriyah berpesan agar sebelum melakukan perjalanan menuju ibukota, agar mengisi full tank terlebih dahulu di kota keberangkatan, agar bisa lebih leluasa mengatur lokasi pengisian BBM berikutnya di tengah perjalanan.

Untuk mengetahui lokasi layanan-layanan Pertamina serta berbagai promosi selama masa arus balik, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135  atau menggunakan aplikasi MyPertamina.

2 of 3

Konsumsi Avtur saat Arus Balik Lebaran Naik 11,9 Persen

(Foto: Dok Pertamina)
Pertamina prediksi kenaikan penyaluran avtur sekitar empat persen pada musim haji 2018 (Foto:Dok Pertamina)

Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus balik yang terjadi pada Sabtu, 8 Juni 2019. Puncak arus balik ini diperkirakan berlanjut pada hari ini, Minggu 9 Juni 2019.

Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan pada arus balik Lebaran, permintaan avtur naik 11,9 persen dari konsumsi normal. Kenaikan konsumsi  terutama terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. 

"Naiknya konsumsi avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik," ujar dia di Jakarta, Minggu (9/6/2019).

Dewi menjelaskan, pada puncak arus balik, di Bandara Soekarno-Hatta konsumsi avtur naik 12,6 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian pada kondisi normal. Hal sama juga terjadi di Bandara Halim Perdana Kusuma naik sekitar 11,8 persen. Sementara di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Pondok Cabe, Tangerang, dan Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka konsumsi cenderung turun.

"Kami tetap menyiagakan pasokan karena hari ini arus balik masih terjadi, mengingat besok pagi masyarakat sudah kembali beraktivitas setelah cuti bersama Idul Fitri," tandas dia.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓