Usai Lebaran, Harga Daging Sapi dan Telur Kembali Normal

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 09 Jun 2019, 15:30 WIB
Diperbarui 09 Jun 2019, 15:30 WIB
Pedagang Daging Musiman Menjamur

Liputan6.com, Jakarta - Usai Lebaran, harga jual daging sapi di Pasar Kecapi, Bekasi terpantau sudah mulai turun dan cenderung stabil.

Salah satu penjual daging sapi di pasar tersebut, Salih (45) mengatakan bahwa harga daging sapi saat ini sudah berada di kisaran Rp 120 ribu per kilogram (kg).

"Sudah mulai normal sejak dua hari, sebelumnya Rp 130 ribu per kg," jelas Salih kepada Liputan6.com, Minggu (9/6/2019).

Meskipun sudah stabil, menurut Salih dan penjual lainnya mengatakan penjualan masih cenderung sepi karena masih banyak pembeli yang mudik.

Sementara itu, harga daging ayam saat ini terpantau masih terbilang mahal. Salah satu penjual daging ayam, Dodo (25) mengatakan, "Harganya masih mahal sejak lebaran sampai sekarang belum turun-turun".

Saat ini harga daging ayam berukuran besar mencapai Rp 45 hingga Rp 50 ribu per ekor, yang sebelumnya Rp 37 ribu hingga Rp 40 ribu per ekor.

Sedangkan, harga daging ayam berukuran sedang Rp 35 ribu yang sebelumnya Rp 30 ribu per ekor, dan untuk ukuran kecil berkisar Rp 30 ribu per ekor yang sebelumnya hanya Rp 27 ribu per ekor.

Selain daging sapi, harga telur ayam juga masih stabil di kisaran Rp 25 ribu per kg. Salah satu penjual telur, Sugeng (44) mengatakan tahun ini harga telur tidak mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan seperti harga daging ayam.

"Sekarang enggak kayak tahun lalu, harga daging ayam naik harga telur tetap stabil," tandas Sugeng.

 

2 dari 2 halaman

Jelang Idul Fitri, Harga Daging Sapi dan Ayam Melonjak

(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Pantauan pasar harga daging sapi di pasar tradisional (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

H-1 Lebaran, harga jual daging sapi di Pasar Baru Bekasi mengalami kenaikan. Dari pantauan merdeka.com, rata-rata pedagang menjual daging sapi di atas Rp 120 ribu per kilogram (kg).

Salah satu lenjual daging di Pasar Baru Bekasi, Raju, mengatakan bahwa harga daging sapi saat ini berada di kisaran Rp 140 ribu per kg. Adapun harga ini sudah berlaku sejak kemarin atau H-2 Lebaran.

"Meroket tinggi daging sekarang Rp 140 ribu per kg dari harga normal itu di Rp 120 ribu per kg. Kemarin Rp 120 ribu -130 ribu masih," katanya saat ditemui di lokasi, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/6/2019).

Raju pun mengaku salah satu penyebab kenaikan harga daging sapi pada saat ini, dikarenakan dari pemasok juga turut naik. Sehingga, mau tidak mau dirinya pun menyesuaikan dengan kondisi harga yang dia beli.

"Emang dari sananya naik. Kami bingung mau enggak mau harus mengikuti. Barang mah standar cukup. Stok cukup harga diroketin. Stok tidak kurang tapi lebih," katanya.

Kondisi yang sama juga di dirasakan oleh pedagang daging lainnya yakni Heru. Dia mengaku kenaikan ini pun biasanya dikarenakan bertepatan pada saat hari raya Idul Fitri, di mana permintaan sedang banyak-banyaknya dari masyarakat.

"Biasanya karena kepentingan Lebaran, perrmintaan sendiri banyak," ujarnya.

Adapun harga yang dipatok di tempatnya tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Untuk daging sapi segar sendiri dibandrol seharga Rp 130 ribu per kg, dari harga normal sebelumnya Rp 120 ribu per kg.

Lanjutkan Membaca ↓