Sukses

Keliling dengan MRT Jakarta Jadi Hiburan Masyarakat Saat Libur Lebaran

Penumpang MRT Jakarta memang mencatatkan kenaikan pengunjung dari hari Lebaran hingga kemarin (H+2 Lebaran).

Liputan6.com, Jakarta Tak lengkap rasanya jika libur Lebaran 2019 tidak dioptimalkan untuk rehat sejenak berekreasi dengan keluarga atau bahkan jalan-jalan sendiri berkeliling di kota Jakarta.

Tak perlu pergi ke tempat mewah, faktanya jalan-jalan berkeliling dengan moda transportasi umum menjadi hal yang keren saat ini. Itu salah satunya seperti menaiki kereta cepat MRT Jakarta.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengatakan, penumpang MRT Jakarta memang mencatatkan kenaikan pengunjung dari hari Lebaran hingga kemarin (H+2 Lebaran).

"Hari H Lebaran yakni Rabu 5 Juni 2018 total penumpang 48 ribu orang. Tapi memang di pagi harinya penumpang masih jarang karena masih shalat Idul Fitri, baru ramai siang dan sore," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (8/6/2019).

Dia melanjutkan, H+1 Lebaran atau Kamis 6 Juni 2019, penumpang MRT mengalami kenaikan dari semula 48 ribu orang menjadi 83 ribu orang, hampir dua kali lipatnya.

"Kemarin bahkan naik lagi yakni pada Jumat 7 Juni 2019 penumpang MRT sebanyak 84 ribu orang," paparnya.

"Biasanya itu bulan lalu pada akhir pekan sekitar 50 ribu penumpang per hari. Sedangkan pada hari kerja sekitar 77 ribu penumpang per hari pada bulan lalu," tambah dia.

Berikut detail catatan penumpang MRT Jakarta pada periode Lebaran 2019 ini:

Senin 3 Juni 2019 - 62 ribu orangSelasa 4 Juni 2019 - 58 ribu orangRabu 5 Juni 2019 - 48 ribu orangKamis 6 Juni 2019 - 83 ribu orangJumat 7 Juni 2019 - 84 ribu orang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libur Lebaran, Masyarakat Jajal MRT Jakarta

PT MRT Jakarta mencatat jumlah penumpang kereta Moda Raya Terpadu (MRT) pada hari kedua Lebaran pada Kamis 6 Juni 2019 sebanyak 83 ribu penumpang.

"Info jumlah penumpang MRT kemarin mencapai 83 ribu dalam sehari," ujar Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta,Jumat (7/6/2019), seperti dikutip dari laman Antara.

Dia menuturkan, jumlah penumpang MRT pada hari pertama Lebaran yaitu 5 Juni 2019 tercatat sebanyak 48 ribu orang.

"Rabu pagi hari penumpang MRT masih jarang karena masih salat Idul Fitri, namun baru ramai pada siang dan sore harinya," tutur dia.

Sedangkan jumlah penumpang MRT menjelang Hari Lebaran tercatat sebanyak 62 ribu orang pada 3 Juni dan 58 ribu orang pada 4 Juni.

Lonjakan penumpang pada hari kedua Lebaran itu melampaui rata-rata jumlah penumpang di hari kerja dan libur pada bulan lalu.

"Rata-rata jumlah penumpang per hari pada akhir pekan bulan lalu sekitar 50 ribu orang per hari, sedangkan pada hari kerja sekitar 77 ribu penumpang per hari,” tutur dia.

Kereta MRT Jakarta tetap melayani masyarakat selama libur Lebaran, termasuk pada hari pertama dan kedua Lebaran.

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Maret 2019, kereta MRT Jakarta melayani masyarakat dengan rute Lebak Bulus-Bundaran HI.

Layanan MRT ini juga telah terintegrasi dengan layanan transportasi publik lainnya. Halte MRT Jakarta di Bundaran HI terintegrasi dengan halte bus Transjakarta di lokasi yang sama.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.