Sukses

Kepadatan Pengunjung Ancol Mulai Berkurang pada H+3 Lebaran

ada H+1 Lebaran sendiri, total pengunjung yang datang ke Ancol tercatat meningkat sebesar 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Wahana rekreasi keluarga Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, masih menjadi primadona untuk mengisi waktu libur Lebaran 2019 bersama keluarga, Namun pada H+3 Lebaran ini, pengunjung yang mendatangi Ancol menunjukan tren penurunan dibandingkan pengunjung yang datang pada H+1 Lebaran.

Kendati demikian, Taman Impian Jaya Ancol diprediksi masih akan kembali ramai dikunjungi wisatawan hingga Minggu 9 Juni 2019 ini.

"Sampai pukul 10.50 WIB hari ini, pengunjung Ancol sentuh 55.626 orang dengan mobil yang masuk sebanyak 6.503 unit dan motor yang masuk sebanyak 4.774 unit," tutur Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (8/6/2019).

Dia menjelaskan, pada H+1 Lebaran sendiri, total pengunjung yang datang ke Ancol tercatat meningkat sebesar 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Itu dengan total jumlah pengunjung sebanyak 120.191 orang.

"Adapun jumlah mobil yang masuk H+2 Lebaran ada 13.191 unit serta motor yang masuk sebanyak 12.530 unit," paparnya.

Sedangkan pada Jumat (7/6) yakni H+2 Lebaran, kepadatan pengunjung Ancol sudah terlihat menurun dari 120.191 orang menjadi 96.489 orang.

"Itu dengan jumlah mobil yang masuk sebanyak 12.336 unit serta motor sebesar 8.198 unit," kata dia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meski Harga Tiket Naik Saat Libur Lebaran, TMII Masih Diserbu Warga

Harga tiket masuk perorangan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) naik dari hari biasanya. Kenaikan tersebut seiring dengan libur Idul Fitri 2019.

Namun harga tiket yang lebih mahal dari biasanya tak menyurutkan niat wisatawan berkunjung ke miniatur Indonesia itu. TMII tetap diserbu warga menghabiskan waktu libur Lebaran.

Salah satunya Bayhaki. Pengunjung asal Bekasi, Jawa Barat itu datang bersama keluarga kecilnya.

Mereka tampak menikmati waktu bersantai di bawah pohon rindang yang banyak terdapat di TMII. Bermodalkan tikar dan bekal makanan dari rumah, Bayhaki dan keluarga terlihat bahagia menikmati sisa libur panjang lebaran.

"Ya sederhana aja ini, Mas. Yang penting anak istri senang," ucapnya saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, Sabtu (8/6/2019).

Bayhaki menyatakan, lonjakan tarif TMII yang berbeda dari biasanya masih dapat dimaklumi. Tiket masuk perseorangan yang biasa dipatok Rp 20 ribu, kini naik menjadi Rp 25 ribu.

"Ya enggak apa-apa, naik lima ribu, karena ini kan mungkin pengelolanya ekstra kerjanya, hari libur Lebaran gini," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Kata Pengelola

Mengonfirmasi ke Tim Divisi Humas TMII Jakarta, Dwi Atmojo, kenaikan tarif memang disesuaikan sepanjang hari libur Lebaran. Demi memberi pelayanan maksimal, agaknya kenaikan tarif tersebut dirasa normal dan masih terjangkau oleh semua kalangan.

"Kita naikkan Rp 5 ribu jadi Rp 25 ribu, tapi kami kira ini masih bisa dijangkau masyarakat karena mereka bisa menyaksikan banyak wahana dengan luas 150 hektare ini itu yang kita harapkan masyarakat masih bisa menjangkau TMII," tutur Dwi.

Catatan TMII, lanjut Dwi, lonjakan tarif ternyata tak membuat volume wisatawan menurun. Sejak dari hari kedua Lebaran hingga hari ini, pengunjung TMII telah mencapai 140 ribu orang.

"Jadi ya Alahmdulillah, ramai," katanya bersyukur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.