Sukses

Workaholic Bukan Berarti Pekerja Handal, Ini 5 Tandanya

Bukan berarti seorang workaholic juga merupakan seorang pekerja handal. Mengapa?

Liputan6.com, New York - Punya rekan kerja yang kerap datang ke kantor paling awal tapi selalu pulang yang paling terakhir pada malam hari? Ya, pekerja seperti itu acapkali disetarakan sebagai seorang pecandu kerja atau workaholic.

Namun begitu, bukan berarti seorang workaholic juga merupakan seorang pekerja handal. Mengapa?

Pertama, bekerja gila-gilaan dalam waktu yang panjang dan mengerahkan 110 persen usaha pastinya akan menyebabkan kelelahan.

Kedua, ada beberapa perbedaan besar antara pecandu kerja dan pekerja handal. Julien Gordon pada 2014 lalu sempat menuliskan di LinkedIn, workaholic memang punya kemiripan dengan pekerja handal, tapi secara hasil perbedaannya sangat mencolok.

Mengutip dari laman Business Insider, berikut lima perbedaan mendasar antara pecandu kerja dan pekerja handal:

1. Sulit untuk Memprioritaskan Waktu

Saat seorang workaholic punya kesulitan waktu untuk memisahkan mana pekerjaan yang harus diprioritaskan, pekerja handal mengerti kapan dan bagaimana harus mengerahkan energi dengan cara yang lebih berkelanjutan. 

"Pekerja handal bekerja keras dengan cara yang sehat dan merasa bahagia. Sementara workaholic bekerja keras dengan cara yang tidak berkelanjutan, serta merasa tak bahagia dan kehabisan tenaga," tulis Gordon.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sibuk Setiap Saat

2. Butuh Pengakuan

Ketika pecandu kerja tak henti berusaha untuk mendapatkan validasi atau pengakuan dari pihak atasan dan koleganya, pekerja handal tahu batasan untuk kemudian mengevaluasi diri secara berkala. 

3. Sibuk Setiap Saat

Pekerja handal berfokus pada hasil yang dapat diraih lewat upaya matang. Mereka akan disiplin dengan pekerjaan dan waktu, untuk kemudian memilah mana tugas yang paling penting.

Sementara workaholic bakal menyibukkan diri dengan pekerjaan lantaran tidak merasa nyaman bila tak melakukan apa-apa. Alhasil, mereka hanya memiliki sedikit waktu luang alih-alih menyelesaikan pekerjaan secara efisien.

3 dari 3 halaman

Tak Peduli pada Diri Sendiri

4. Apa Itu Kesuksesan?

Seorang pekerja handal punya arti kesuksesan yang jelas dan bekerja untuk meraihnya. Di sisi lain, pecandu kerja menilai kesuksesan sebagai hal yang tak bisa didefinisikan.

"Workaholic tak tahu apa itu cukup. Mereka selalu fokus berlebihan dan berusaha memaksimalkan segalanya karena mereka tidak benar-benar tahu apa itu kesuksesan," ungkap Gordon.

5. Tak Peduli pada Diri Sendiri

Gordon mengatakan, pekerja handal mengutamakan dirinya lantaran mengerti dengan melakukan itu mereka bisa melayani orang lain dengan lebih baik.

Sedangkan pecandu kerja acapkali terlihat selalu mengutamakan kebutuhan orang lain. "Meskipun punya niat baik, melayani orang lain dengan upaya berlebih tentunya akan sangat melelahkan. Dan pastinya, kelelahan tidak baik bagi siapapun," ujar Gordon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.