Ingin Dapat Gaji yang Layak, Simak 4 Tips Jitu Berikut

Oleh Liputan6.com pada 20 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 20 Des 2019, 06:00 WIB
banner infografis gaji pns dki
Perbesar
Ilustrasi Gaji

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, membicarakan gaji merupakan hal yang tabu. Tak heran, ini kerap menyulitkan mereka untuk bisa mendapatkan perbaikan gaji.

Justru ternyata membicarakan gaji dengan orang yang dikenal dan mengenal baik Anda akan menjadi kunci sukses di pekerjaan. Andapun bisa mendapatkan gaji yang sesuai keinginan.

Biar tidak salah dan merasa canggung serta takut salah jika membicarakan gaji, berikut tips yang bisa Anda terapkan.

Dilansir dari laman CNBC, berikut empat tips jitunya:

1. Terbukalah dan Jadilah Pribadi yang Lebih Fleksibel

Dibanding harus bergosip dengan rekan kerja, lebih baik mulailah bicarakan hal-hal penting misal jujur akan hal yang Anda kuasai. Selain itu, sampaikanlah hal yang menjadi tantangan dan bagaimana Anda untuk melewati hal tersebut.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Bangun dan Kembangkan Jaringan Profesional

Ilustrasi kerjasama
Perbesar
Ilustrasi Kerjasama

Rekan semasa sekolah, kuliah ataupun organisasi yang Anda miliki bisa menjadi cikal bakal pekerjaan yang bagus nantinya.

Untuk itu, gunakanlah jaringan yang Anda miliki untuk mendapatkan kesempatan pekerjaan yang lebih baik. Tidak hanya itu saja, jaringan yang Anda miliki ini juga bisa menjadi sumber informasi akan acuan yang pasti untuk besaran pendapatan Anda nantinya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Pererat Hubungan dengan Atasan

Ilustrasi bekerja
Perbesar
Ilustrasi bekerja. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Jika Anda memiliki kesempatan lebih banyak bersama atasan maka gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin. Pelajarilah hal-hal apa yang sangat bos Anda inginkan dari pegawainya, dan berusahalah untuk menjadi seperti itu. Dengan begitu, Anda akan lebih dikenal oleh atasan lebih baik lagi.

Jika sudah begini, jangankan risaukan lagi perihal gaji yang akan didapatkan pasti sudah sangat pas dengan kinerja yang Anda miliki.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Bangun Jaringan Sejak Hari Pertama

Bekerja di Kantor
Perbesar
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Jika Anda baru dalam pekerjaan ini, dan masih menjadi anak bawang di perusahaan maka bangunlah hubungan yang baik dengan semua orang adalah hal yang terpenting. Pertahankan dan kembangkan jaringan profesional yang sudah Anda miliki sedari awal bekerja, karena ini nantinya akan sangat Anda butuhkan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya