Sukses

Harga Cabai Merah Keriting di Bekasi Tembus Rp 100 Ribu per Kg

Salah satu penyebab tingginya harga cabai keriting dikarenakan banyak permintaan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang hari raya Idul Fitri 2019, harga komoditas cabai merah keriting di Pasar Baru Bekasi mengalami kenaikan signifikan. Dari pantauan medeka.com, rata-rata pedagang mematok harga jual di atas Rp 70 ribu per kilogram (kg).

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Baru Bekasi, Nyonya Silaban, mengatakan bahwa ia menjual cabai merah keriting di angka Rp 100 ribu per kg. Untuk harga normal sendiri di kisaran Rp 40.000 per kg.

"Cabai merah keriting melambung Rp 100 ribu per kg. Kenaikan sejak H-2 lebaran sudah melambung," katanya saat ditemui di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/6/2019).

Salah satu penyebab tingginya harga cabai keriting ini dikarenakan banyak permintaan. Di sisi lain, momentum Lebaran ini, juga kerap dijadikan para bandar untuk pulang ke kampung halaman sehingga ketersediaan stok di pasar sedikit berkurang.

"Pengaruhnya karena ini sudah banyak bandar-bandar udah pulang kampung, bandar langka bisa juga dipermainkan induk barang sedikit harga dinaikin," katanya.

Tak berbeda jauh dengan Nyonya Silaban, pedagang sayuran lainnya juga mematok harga untuk cabai merah keriting seharga Rp 80 ribu per kg. Adapun kenaikan ini, dirasakan sejak H-2 Lebaran.

"H-2 lebaran sudah naik. Karena tidak ada pengiriman dari Jawa, jalur dipakai buat arus mudik," kata Denok.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cabai Jenis Lain

Sementara itu, untuk jenis cabai lainnya masih terpantau normal. Seperti misalnya cabai rawit merah para pedagang rata-rata mematok harga jual Rp 25.000-30.000 per Kg. Sementara untuk cabai rawit hijau sendiri dipatok Rp 25.000-40.000 per Kg.

Kemudian, untuk jenis komoditas lainnya seperti bawang merah dan bawang putih juga tidak menunjukan kenaikan yang signifikan. Kedua komoditas tersebut masih dibatas normal, untuk bawang putih Rp 48.000-50.000 per Kg, sementara bawamg merah Rp 40.000 per Kg.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.