Mudik Lebaran, Kereta Mewah KAI Banjir Peminat

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 04 Jun 2019, 09:22 WIB
Diperbarui 06 Jun 2019, 09:13 WIB
Diproduksi Terbatas, Begini Fasilitas Mewah Kereta Sleeper

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) beberapa waktu lalu meluncurkan salah satu kereta mewah terbarunya, yaitu Luxury Generasi ke-2. Sebelumnya KAI juga telah mengoperasikan kereta Luxury Generasi Pertama yang lebih dikenal dengan sleeper.

Pada musim libur Lebaran tahun ini, kereta-kereta mewah ini nampaknya tetap menjadi buruan para pemudik meskipun harganya selisih tak begitu banyak dengan harga tiket pesawat terbang.

Ya, untuk kelas sleeper saja, tujuan Jakarta-Surabaya harga tiketnya dibandrol Rp 1,3 juta per orang. Sementara untuk Luxury Generasi ke-2, rute Jakarta-Yogyakarta, harga tiket promonya Rp 750 ribu per orang.

Dikutip Liputan6.com dari data penjualan tiket KAI, selama masa angkutan Lebaran yaitu periode 26 Mei - 16 Juni 2019, per tanggal 3 Juni 2019, tiket kereta mewah atau untuk kelas sleeper sudah terjual 96,4 persen.

Pada masa angkutan lebaran 2019, KAI menyediakan kapasitas sleeper ini sebanyak 1.584 kursi, dimana yang sudah terjual 1.527 kursi, dan yang belum terjual sebanyak 57 kursi.

Untuk kereta Luxury Generasi ke-2, total okupansi hingga 3 Juni 2019 adalah 66,78 persen. Dengan ketersediaan kapasitas 5.720 kursi, yang sudah terjual sebanyak 3.820 kursi dan yang belum terjual 1.900 kursi.

Meski demikian, KAI meyakini penjualan tiket kereta mewah ini masih terus bertambah mengingat masa angkutan lebaran masih cukup panjang.

"Berbagai peningkatan pelayanan di stasiun juga kami tingkatkan seperti perluasan ruang tunggu, ruang ibu menyusui, poski kesehatan dan lainnya," tutup VP Public Relation KAI Edy Kuswoyo kepada Liputan6.com, Rabu (4/6/2019).

2 of 3

Dibanderol Rp 750 Ribu, KAI Meluncurkan Kereta Sleeper Baru

Diproduksi Terbatas, Begini Fasilitas Mewah Kereta Sleeper
Pemudik bersiap menaiki kereta sleeper di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6). Fasilitas yang tersedia seperti kursi yang dapat direbahkan 170, sandaran kaki elektrik, private entertainment hingga foldable food tray. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta sleeper jenis baru bernama Luxury 2. Kereta kelas Luxury 2 ini dirangkaikan pada KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp), KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), dan KA Gajayana (Gambir-Malang pp).

Adapun peresmian pengoperasian Kereta Luxury 2 yang dirangkaikan pada KA Argo Lawu dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, pada Minggu 26 Mei 2019.

Selama masa promo, harga tiket untuk layanan ekslusif terbaru ini dibanderol mulai Rp 750.000, untuk keberangkatan 26 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019. Pemesanan dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Kereta Luxury 2 ini merupakan generasi terbaru kereta Luxury yang telah KAI rilis pada tahun 2018 lalu. Meski tidak terlalu banyak perbedaan, namun terdapat beberapa keunggulan Kereta Luxury 2 daripada pendahulunya, antara lain jumlah tempat duduk dan rute KA yang lebih banyak.

Dari segi fasilitas, Kereta Luxury 2 berkapasitas 26 seat, sedangkan kereta Luxury generasi pertama hanya 18 tempat duduk.

“Minat masyarakat untuk menggunakan kereta Luxury generasi pertama sangat positif. Rata-rata okupansi kereta Argo Bromo Anggrek Luxury (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp) mencapai 108%,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Dia menuturkan karena melihat okupansinya yang tinggi, KAI kembali mengadakan Kereta Luxury untuk melayani lebih banyak penumpang.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by