Sukses

Sistem Satu Arah Kembali Berlaku di Tol Cikampek pada Hari Ini

Pemberlakuan one way di hari keempat ini juga maju lebih awal dari rencana sebelumnya pukul 09.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) pada Senin (3/6/2019) ini, sejak pukul 06.25 WIB.

Rekayasa berlaku dari Km 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Corporate Communications Department Head‎ Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan,‎ pemberlakuan one way di hari keempat ini juga maju lebih awal dari rencana sebelumnya pukul 09.00 WIB. 

"Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya yaitu arah Jakarta telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta," ujar dia di Jakarta, Senin (3/6/2019).

Jasa Marga mengimbau kendaraan bus dan non golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal.

"Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jasa Marga Kembali Majukan Waktu Penerapan One Way di GT Cikampek Utama

PT Jasa Marga (Persero) Tbk atas diskresi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali memajukan penerapan sistem satu arah atau one way sejak pukul 06.14 WIB, dari Km 69 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama hingga Km 414 GT Kalikangkung.

Pemberlakuan sistem one way pada hari keempat atau H-3 Lebaran ini maju lebih awal dari yang telah direncanakan sebelumnya, yakni pada pukul 09.00 WIB.

Hal tersebut diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya dari arah Jakarta telah steril, sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

Seperti diketahui, Jasa Marga pada arus mudik kali ini menerapkan dua skema lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek dan GT Cikampek Utama-Brebes Barat, yakni contra flow dan one way. Adapun penerapan keduanya dilakukan secara terbatas alias tidak sampai 24 jam.

Skema contra flow diimplementasikan di Km 28 sampai dengan Km 61 Tol Jakarta-Cikampek, sedangkan sistem satu arah di titik Km 70 Cikampek Utama hingga Km 263 Brebes Barat.

Pada Minggu ini, Jasa Marga atas diskresi kepolisian juga memberlakukan contra flow dua jalur di Tol Jakarta-Cikampek dari Km 61 sampai dengan Km 70 mulai pukul 06.49 WIB. 

3 dari 3 halaman

Sistem Satu Arah di Tol Siap Diperpanjang hingga Semarang

 PT Jasa Marga (Persero) Tbk atas diskresi Kepolisian kembali memberlakukan sistem one way atau satu arah dimulai dari Km 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 263 Brebes Barat sejak pukul 06.03 WIB.

Peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang menuju ke arah Timur sejak Sabtu dini hari, 1 Juni 2019, mengakibatkan beberapa titik kepadatan, terutama selepas GT Cikampek Utama.

"Sebelum one way dilaksanakan, terpantau antrean kendaraan dari ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tembus hingga GT Cikampek Utama yang mayoritas disebabkan oleh banyaknya pengguna jalan yang parkir di bahu jalan di Jalan Tol Cipali, yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya (LMS)," kata Corporate Communications Department Head Irra Susiyanti, Sabtu, 1 Juni 2019. 

Irra menambahkan, sejak dini hari tadi hingga saat ini, baik petugas Jasa Marga maupun PT LMS turut menyisir kendaraan yang berhenti di lajur untuk melanjutkan perjalanannya atau beristirahat di rest area.

Pemberlakuan one way atau sistem satu arah dimulai dengan terlebih dahulu dipastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

"Kepolisian berencana akan memperpanjang one way hingga GT Kali Kangkung yang terletak di Jalan Tol Batang-Semarang Km 414 jika diperlukan," tegas Irra.  

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.