Ani Yudhoyono di Mata Menhub: Pribadi yang Aktif dan Hangat

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 02 Jun 2019, 16:43 WIB
Diperbarui 02 Jun 2019, 17:16 WIB
[Fimela] Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tutup usia pada Sabtu, (1/6/2019).

Ani Yudhoyono telah berjuang melawan kanker darah kurang lebih empat bulan dan dirawat di National University Hospital, Singapura.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut mengenang sosok Ani Yudhoyono sebagai seorang pribadi yang aktif serta hangat. Dia pun turut berduka atas berpulangnya istri dari Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya mantan ibu negara, Ibu Ani Yudhoyono. Semoga khusnul khotimah," ujar dia saat dijumpai di Terminal Pulogebang, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

"Ibu Ani Yudhoyono kita kenal sebagai sosok yang sangat dinamis, aktif dan selalu memberikan dorongan ke banyak pihak untuk selalu ceria," dia menambahkan.

Dia pun mengaku, telah cukup lama mengenal Ani Yudhoyono sejak dirinya menduduki jabatan sebagai Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

"Saya berpengalaman mengenal bu Ani saat di Taman Wijaya Ancol. Beliau begitu perhatiannya terhadap masyarakat, baik dari segi edukasi maupun memberikan kesempatan mereka yang tidak punya untuk berekreasi," ucap dia.

"Beliau adalah suatu contoh baik bagi kita semua. Semoga apa yang dilakukan menjadi suatu hal yang bermakna bagi bangsa. Selamat jalan ibu Ani, semoga diterima di sisi Allah SWT," ungkapnya.

Adapun Menhub Budi pada Minggu siang ini memiliki agenda untuk meninjau kesiapan mudik di beberapa lokasi. Namun begitu, ia masih tetap menyempatkan diri untuk menghadiri pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata selepas berkunjung ke Terminal Pulogebang.

2 of 3

Sosok Ani Yudhoyono di Mata Sri Mulyani

7 Momen SBY Setia Dampingi Ani Yudhoyono di Rumah Sakit, Bikin Haru
SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

Sosok Ani Yudhoyono pun meninggalkan kesan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri Mulyani pernah menjadi menteri di kabinet era SBY. Sri Mulyani pun menyampaikan rasa duka cita sangat mendalam atas kepergian Ani Yudhoyono.

Sri Mulyani menuturkan, Ani Yudhoyono merupakan sosok yang sangat setia dan berdedikasi dalam menjalankan tugas sebagai Ibu Negara.

"Beliau sosok yang sangat tegar dan memiliki peran sangat penting di dalam 10 tahun Presiden SBY menjadi pimpinan di Republik Indonesia. Beliau tokoh begitu yang sangat setia dan dedikatif di dalam menjalankan tugas sebagai ibu negara," ujar Sri seperti dikutip dari Kompas TV, Sabtu pekan ini.

Sri Mulyani melihat, ketika melakukan kunjungan kerja, Ani Yudhoyono rajin mencatat aspirasi dari masyarakat. Kemungkinan hal itu untuk kembali disampaikan kepada SBY.

"Saya melihat kedekatan beliau (Ani Yudhoyono-red) dengan Presiden SBY. Mungkin kita melihat sisi itu, angle sebagai seorang istri yang selalu dampingi, rajin mencatat suatu kunjungan pada setiap dengar pertanyaan,aspirasi dari masyarakat. Mungkin untuk membantu mengingatkan apa yang perlu direspons dan dijawab bapak presiden," ujar dia.

Selain itu, Sri Mulyani melihat sosok Ani Yudhoyono sebagai sosok yang energik dan rapi dalam setiap acara.

"Beliau selalu tampil rapi, sangat rapi dalam setiap kesempatan. Seorang ibu yang memberikan ketegaran bagi keluarganya tentu saja karena dalam berbagai situtasi hadapi tidak mudah. Itu berikan ketegaran kepada keluarga dalam jalani tugas negara," tutur dia.

Sri Mulyani menceritakan, Ani Yudhoyono sangat perhatian terhadap suami yang menjalankan tugas sebagai Presiden Indonesia. Salah satunya sangat memperhatikan makanan dan menjalankan tugas begitu energik.

Tak hanya itu, Ani Yudhoyono dan SBY juga dinilai pasangan yang harmonis dan luar biasa. Salah satu kenangan yang dingat Sri ketika SBY memainkan gitar dan bernyanyi bersama sang istri Ani Yudhoyono di Bali.

"Betul, pasangan yang luar biasa pada suatu saat kita di istana di Bali waktu itu pada suatu rapat, pak SBY di sela-sela rapat, beliau main gitar dan nyanyi buat bu Ani selalu dampingi, melihat pandangan penuh rasa sayang. Pasangan suami istri sangat dekat dan harmonis suatu image dalam keseharian yang bekerja dalam lingkungan kabinet, keluarga harmonis, keluarga kelihatan kasih sayang antara keluarganya saling mendukung," kata dia.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓