Sukses

AirAsia Indonesia Tambah Pesawat Dukung Operasi Mudik 2019

AirAsia Indonesia berencana mendatangkan total lima pesawat hingga akhir tahun 2019 untuk mencapai target pertumbuhan penumpang 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia Indonesia mendatangkan satu unit pesawat Airbus A320-200 berkapasitas 180 orang untuk mendukung operasional penerbangan menghadapi puncak mudik Lebaran 2019.

Pesawat berkode registrasi PK-AZM ini dilengkapi dengan konektivitas WiFi dan menambah jumlah pesawat AirAsia Indonesia yang dilengkapi WiFi menjadi tiga unit.

AirAsia Indonesia berencana mendatangkan total lima pesawat hingga akhir tahun 2019 untuk mencapai target pertumbuhan penumpang 20 persen.

Saat ini, AirAsia Indonesia mengoperasikan 25 unit pesawat Airbus A320-200 termasuk yang baru resmi bergabung hari ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia atas izin penambahan pesawat ke-25 ini. Pesawat ini nantinya akan kami gunakan untuk mendukung konektivitas destinasi wisata ke Lombok. Namun, untuk sementara akan kami operasikan untuk mendukung angkutan mudik lebaran yang tingkat keterisiannya saat ini cukup menggembirakan," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan, Sabtu (1/6/2019).

AirAsia Indonesia merupakan maskapai berbiaya hemat pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip single-type operations khususnya untuk tipe pesawat Airbus A320-200, yang berarti perusahaan hanya mengoperasikan satu tipe pesawat saja.

Prinsip ini merupakan salah satu resep utama AirAsia tetap dapat menghadirkan harga terjangkau kepada masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerapan Single-Type Operations

 

Sebagaimana yang telah diketahui masyarakat, industri penerbangan sangat memprioritaskan keselamatan dan keamanan penumpang sehingga sarat dengan regulasi.

Setiap orang yang terlibat dalam operasional penerbangan, baik di udara maupun di darat, harus memiliki lisensi khusus dan menjalani pelatihan rutin sesuai dengan tipe pesawat yang dioperasikan.

Dengan menerapkan prinsip single-type operations, biaya yang terkait dengan lisensi dan pelatihan awak pesawat, awak kabin, staf darat, teknisi perawatan pesawat serta staf operasi juga dapat dikelola dengan lebih efisien dikarenakan hanya dibutuhkan type-rating (kategori lisensi) untuk satu tipe pesawat saja. 

Selain itu, hal tersebut juga membuat proses pergantian awak pesawat menjadi lebih mudah jika ada yang berhalangan kerja.

Pengelolaan suku cadang juga menjadi lebih efisien dikarenakan suku cadang yang sama dapat digunakan untuk semua armada yang berjenis sama jika terdapat kendala teknis.

"Kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang setia terbang bersama kami, terus menanyakan rute baru kami, terus menunggu promo-promo kami dan selalu membangun kami dengan kritik dan saran yang positif. Dukungan inilah yang membuat kami terus bergairah dan bertekad memberikan yang terbaik kepada masyarakat," tambah Dendy.

 

3 dari 3 halaman

AirAsia Buka Rute Baru Jakarta-Phuket

Sebelumnya, AirAsia terus memperluas jaringannya dari ibu kota Indonesia, Jakarta dengan penerbangan langsung terbaru dari Jakarta ke Phuket, provinsi bagian selatan Thailand.

Penerbangan ini dilakukan dengan frekuensi tiga kali seminggu mulai 2 Juli 2019. Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan, saat ini tren traveling semakin meningkat terutama di pangsa pasar anak muda, sehingga permintaan untuk membuka rute-rute unik semakin besar. 

"Kami terus berupaya untuk mengembangkan jaringan konektivitas kami baik untuk penerbangan domestik maupun internasional," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 16 Mei 2019.

Terbang ke salah satu pulau eksotis di Thailand dengan tarif promosi mulai dari Rp583.000 sekali jalan (untuk Anggota AirAsia BIG), dapat dipesan mulai hari ini hingga 26 Mei 2019 untuk periode perjalanan 2 Juli - 25 Oktober 2019.

Dendy menambahkan, AirAsia berkomitmen untuk terus menghadirkan peluang kepada masyarakat untuk mewujudkan mimpinya terbang ke destinasi impiannya seperti Phuket, Thailand dengan harga tiket penerbangan yang terjangkau.  

"Phuket adalah provinsi di Thailand dengan potensi wisata yang tinggi dan populer di kalangan wisatawan asing. Penambahan penerbangan langsung dari Jakarta ke Phuket akan menghadirkan cara lain bagi wisatawan untuk mencapai Thailand," tambah dia.

Phuket adalah salah satu pulau terbesar di bagian selatan Thailand dengan berbagai tujuan wisata keindahan alam yang ditawarkan, seperti Phi Phi Island, patung Big Buddha (Chalong), Phuket Old Town, pertunjukan kabaret dan keseruan lainnya.

AirAsia mengoperasikan lima penerbangan langsung ke Thailand dari Indonesia, yaitu Jakarta - Bangkok dan Medan - Bangkok (kode penerbangan QZ), Denpasar - Bangkok dan sekarang Jakarta - Phuket (kode penerbangan FD).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.