Ingin Dapat Tiket Pesawat Murah, Coba Cara Ini

Oleh Arthur Gideon pada 30 Mei 2019, 19:45 WIB
Tarif Batas Atas Tiket Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pemudik yang menggunakan pesawat terbang mengaku memaksimalkan program promo dari berbagai situs travel, sebagai antisipasi terhadap kenaikan harga tiket pesawat menjelang Lebaran.

"Pada Januari ada promo, jadi bisa dapat potongan harga sampai Rp 500 ribu per orang," kata Soraya yang hendak mudik ke Padang, seperti dikutip dari Antara, Kamis (30/5/2019).

Ibu satu anak ini menyatakan bahwa seandainya harus membeli tiket pesawat hanya beberapa hari menjelang Lebaran seperti sekarang ini, ia lebih memilih tidak mudik.

Dengan memanfaatkan program promo, dirinya dapat membeli tiket Jakarta-Padang dengan harga Rp 1 juta per orang, sedangkan harga tiket untuk tujuan yang sama saat ini mencapai Rp 3 juta per orang.

Calon pemudik lain, Bayev, juga menggunakan upaya serupa demi mendapatkan tiket yang lebih murah. Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) ini memaparkan bahwa ia sengaja meluangkan waktu di sela-sela kepadatan aktivitasnya untuk berburu tiket pesawat ke Palembang.

Namun, tidak semua orang dapat memakai trik serupa untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Para pekerja yang baru mendapatkan jadwal libur pada hari-hari menjelang Lebaran, harus ikhlas membeli tiket yang lebih mahal demi bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

"Saya baru dapat kepastian jadwal libur kemarin. Jadi baru hari ini beli tiket pesawat sekalian terbang," tutur Prita, yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

2 of 3

Lonjakan Penumpang

Penumpang Pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma
Calon penumpang memasuki pintu keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/2). Jumlah penumpang di jalur penerbangan domestik Bandara Halim menurun sebesar 18,38 persen sejak kenaikan harga tiket pesawat. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, pengelola Bandara Halim Perdanakusuma mengatakan lonjakan jumlah penumpang sudah terjadi di bandara tersebut sejak Rabu (29/5) malam.

"Semalam jumlah penumpang mencapai 19.924 orang. Biasanya penumpang hanya berkisar antara 12.000-an orang," kata Executive General Manager Angkasa Pura II cabang Bandara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama Pip Darmanto di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis.

Menurut Darmanto, peningkatan ini terkait dengan cuti bersama Lebaran yang diberikan pemerintah yakni pada 3-7 Juni, sehingga sebagian pemudik memilih untuk berangkat terlebih dahulu.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓