5 Trik Belanja Online Murah saat Lebaran

Oleh Fitriana Monica Sari pada 30 Mei 2019, 04:30 WIB
Orang belanja online

Liputan6.com, Jakarta - Udah dapat uang THR? Wah pastinya senang banget ya, karena kamu udah langsung bisa beli segala kebutuhan mengingat Lebaran udah tinggal menghitung hari nih.

Tapi, sebanyak apapun uang yang kamu miliki sekarang bisa lenyap tak berbekas kalau kalap belanja tanpa membedakan mana yang prioritas, dan mana yang sebenarnya gak perlu-perlu banget.

Momen Lebaran digunakan banyak orang untuk berbelanja, mulai dari makanan hingga baju baru.  

Kalau sudah sekali belanja biasanya susah banget buat berhenti. Apalagi, kalau belinya di online shop, hati kayak enggak ada puas-puasnya nambahin barang ke keranjang belanjaan. Tiba-tiba udah jutaan rupiah aja totalnya.

Emang sih, tak ada salahnya membeli keperluan pas momen Lebaran selama uangnya mencukupi. Tapi alangkah baiknya kalau ada dana tambahan yang bisa ditabung setelah Idul Fitri.

Kan lumayan uangnya bisa dipakai bayar cicilan supaya tanggungan per bulannya tak membengkak. Sering nih kita mendengar masalah klasik kayak gini. Jangan sampai kamu yang mengalaminya, ya!

Inilah lima tips belanja online murah ketika momen Lebaran dari MoneySmart, seperti dikutip dari Gula Lives:

2 of 6

1. Anggarkan dana yang dimiliki

Merencanakan Dana Pendidikan Anak Semudah Menggenggam Smartphone
Ilustrasi mengatur keuangan.

Hal paling dasar agar belanja online murah saat Lebaran enggak bikin kantong bolong adalah menganggarkan dana yang dimiliki. Dengan begitu, pengeluaran bisa dipantau serta gak melebihi bujet.

Sifat masyarakat kita yang konsumerisme membuat tips mendasar ini jarang banget dilakukan. Selain itu, mengatur bujet belanja juga akan menambah pekerjaan seseorang, sehingga sulit untuk memulainya.

Walau terdengar sepele, kegiatan seperti ini bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan bulananmu. Jadi, waktu yang dihabiskan tak percuma pas momen Lebaran saja, melainkan juga jangka panjang.

3 of 6

2. Prioritaskan barang apa yang mau dibeli

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-9, 25 Mei 2018
Ilustrasi belanja Lebaran di toko online. (iStockPhoto)

Masih punya benang merah dengan tips belanja online murah saat lebaran pertama, memprioritaskan barang apa yang mau dibeli bakal bermanfaat banget ketika total belanjaan kamu sudah mencapai limit yang dianggarkan.

Kalau sudah kejadian kamu tinggal melihat barang apa yang menjadi prioritas dan mana yang tidak, jadi tak perlu pusing-pusing lagi deh urutin barang mana yang harus dikorbankan.

4 of 6

3. Bandingkan harga dengan toko lain

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online (Foto: Pixabay.com)

Tips belanja online murah hemat ketiga adalah, membandingkan harga di tempat yang kamu pilih dengan toko lainnya. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan harga terbaik sekaligus yang termurah.

Di e-commerce seperti Tokopedia terdapat puluhan, bahkan ratusan toko menjual barang yang sama setiap harinya. Masing-masing toko memiliki banderol harga yang berbeda satu dengan yang lain dengan pertimbangan tertentu.

Untuk mempermudah tips ini, coba manfaatkan fitur sort by dan pilih opsi harga termurah.  Dengan begitu tampilan produk yang kamu cari akan ditampilkan berdasarkan harga termurah dari yang paling pertama dilihat.

5 of 6

4. Pilih lokasi toko terdekat

[Bintang] Perempuan
Ilustrasi belanja online (Sumber Foto: Pexels)

Pada urutan keempat tips belanja online murah saat momen Idul Fitri adalah memilih toko terdekat. Meski tak signifikan menghemat biaya, terkadang hal ini bisa bikin total pembayaran jadi bengkak.

Terutama, kalau berat belanjaan kamu sudah lebih dari 3 kilogram. Harganya mungkin akan terasa apabila toko yang dibeli ada di luar kota.

6 of 6

5. Cari promo diskon, cashback, atau gratis ongkir

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Tips belanja online murah yang terakhir menjelang Lebaran adalah, cari promo diskon, cashback, atau gratis ongkos kirim.

Menjelang Idul Fitri atau perayaan besar lainnya, para e-commerce rutin memberikan promo kepada pelanggannya yang pengin belanja. Tujuannya untuk meingkatkan nilai transaksi serta keuntungan di tempat mereka.

Bagi kita, ini merupakan keuntungan yang wajib dimanfaatkan. Bahkan, diskon dan cashback yang diberikan bisa sampai ratusan ribu rupiah jumlahnya. Khusus untuk cashback mungkin maanfaatnya tak langsung bisa kita rasakan tetapi akan terasa di transaksi selanjutnya.

Itulah lima tips belanja online murah menjelang Lebaran. Uang THR kamu udah cair belum? Kalau udah dan mau belanja keperluan Idul Fitri, sebaiknya gunakan tips di atas supaya dompet masih tebal setelah Hari Raya.

Lanjutkan Membaca ↓